SafelinkU | Shorten your link and earn money

Pengertian Gelombang Bunyi Ultrasonik dan Pembahasannya

Pengertian Gelombang bunyi Ultrasonik

Ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bisa didengar oleh telinga manusia, yaitu kira-kira di atas 20 kiloHertz. Hanya beberapa hewan, seperti lumba-lumba menggunakannya untuk komunikasi, sedangkan kelelawar menggunakan gelombang ultrasonik untuk navigasi. Dalam hal ini, gelombang ultrasonik merupakan gelombang ultra (di atas) frekuensi gelombang suara (sonik).

Gelombang ultrasonik dapat merambat pada medium padat, cair dan gas. Reflektivitas dari gelombang ultrasonik ini di permukaan cairan hampir sama dengan permukaan padat, tetapi pada tekstil dan busa, maka jenis gelombang ini akan diserap.

Frekuensi yang diasosiasikan dengan gelombang ultrasonik pada aplikasi elektronik dihasilkan oleh getaran elastis dari sebuah kristal kuarsa yang diinduksikan oleh resonans dengan suatu medan listrik bolak-balik yang dipakaikan (efek piezoelektrik). Kadang gelombang ultrasonik menjadi tidak periodik yang disebut derau (noise), di mana dapat dinyatakan sebagai superposisi gelombang-gelombang periodik, tetapi banyaknya komponen adalah sangat besar. Kelebihan gelombang ultrasonik yang tidak dapat didengar, bersifat langsung dan mudah difokuskan. Jarak suatu benda yang memanfaatkan delay gelombang pantul dan gelombang datang seperti pada sistem radar dan deteksi gerakan oleh sensor pada robot atau hewan. Contoh hewan yang dapat mendengar gelombang ultrasonik yaitu lumba-lumba, kelelawar, paus dll.

Manfaat gelombang bunyi ultrasonik pada hewan
Lumba-lumba memanfaatkan gelombang bunyi ultrasonik untuk berkomunikasi. Kelelawar mampu menghasilkan gelombang bnyi ultrasonik dengan frekuensi 100.000 Hz. Gelombang bunyi ultrasonik pada kelelawar dimanfaatkan sebagai alat unuk mengetahui posisi makanan dan benda-benda pada saat terbang. Sehingga kelelawar dapat terbang tanpa menabrak dan dengan mudah menenmukan makanan.

Aplikasi gelombang bunyi ultasonik pada alat elektronik

Beberapa peralatan elektronik memanfaatkan gelombang bunyi ultrasonik. Gelombang bunyi ultrasonik pada elektronik dihasilkan oleh getaran-getran elastis sebuah kristal kuasa yang diinduksikan dengan medan listrik bolak balik yang menggunakan efek piezoelektrik.

Kelemahan dan kelebihan gelombang bunyi ultrasonik

Kelemahan gelombang bunyi ultrasonik ialah frekuensi terlalu tinggi sehingga tidak dapat di dengar oleh manusia, sedangkan kelebihan gelombang bunyi ultrasonik adalah mudah di fokuskan. Pemantulan gelombang ultrasonik banyak dimanfaatkan untuk navigasi radar dan mendeteksi sensor pada robot maupun hewan. 

Manfaat Gelombang Bunyi Ultrasonik
Gelombang Bunyi Ultrasonik banyak dimanfaatkan oleh bidang kesehatan, pertahanan maupun bidang industri.
1. Dalam bidang kesehatan
Gelombang bunyi ultrasonik mampu melihat organ-organ dalam tubuh manusia. Gelombang bunyi ultrasonik dimanfaatkan untuk mendeteksi tumor, hati, liver, menyelidiki otak dan menghancurkan betu ginjal. Gelombang ultrasonik juga dimanfaatkan untuk USG (ultrasonografi). 

2. Dalam bidang industri
Pada bidang industri gelombang bunyi ultrasonik dimanfaatkan untuk mendeteksi keretakan pada logam, meratakan campuran susu agar homogen, meratakan campuran besi dan timah, mensterilisasi makanan yang diawetkan dalam kaleng, membersihkan benda benda yang sangat halus. Gelombang ultrasonik juga dimanfaatkan untuk mendeteksi keberadaan mineral maupun minyak bumi yang tersimpan di dalam bumi.

3. Dalam bidang pertahanan
Dalam bidang pertahanan gelombang ultrasonik dimanfaatkan sebagai radar atau navigasi. Gelombang ultrasonik juga digunakan untuk detektor di dalam air. Gelombang ultrasonik dipasang pada kapal pemburu untuk mengetahui keberadaan kapal selam. Gelombang ultrasonik juga dipasang pada kapal selam untuk mengetahui keberadaan kapal yang berada di atas permukaan air. Gelombang ultrasonik jga dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman palung laut, mendeteksi ranjau, an menentukan puosisi sekelompok ikan.

Demikianlah sekilas tentang gelombang bunyi ultrasonik semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Gelombang Bunyi Ultrasonik dan Pembahasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel