Pentingnya Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme ( Artikel Lengkap )

Selama 350 tahun bangsa Indonesia hidup di bawah penindasan kaum penjajah. Para penjajah berlaku tidak adil dan sewenang-wenang terhadap bangsa kita. Bangsa kita menjadi miskin dan menderita. Saat itu muncul para pejuang yang rela mengorbankan tenaga, harta, bahkan jiwa raga untuk menuntut keadilan dan kemerdekaan. Sikap kepahlawanan para pejuang memicu munculnya sikap patriotisme bagi rakyat Indonesia.


Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, tugas selanjutnya adalah berjuang mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Sikap kepahlawanan diwujudkan dengan sikap jujur, tanggung jawab, rela berkorban, berjuang dengan ikhlas, berani membela keadilan, dan kebenaran, serta tidak mudah putus asa. Setiap orang dapat menjadi pahlawan bagi dirinya, orang tuanya, temannya, serta bagi bangsa dan negaranya. Menjadi pahlawan bagi dirinya berarti melakukan hal-hal yang terbaik bagi diri sendiri, seperti rajin belajar, taat beribadah, giat bekerja, dan suka membantu. Menjadi pahlawan bagi orang tua berarti berbuat yang terbaik kepada orang tua, seperti menghormatinya, membantu meringankan pekerjaannya, dan menaati perintahnya.

Menjadi pahlawan bagi teman termasuk orang lain, yaitu bersikap jujur, berlaku adil dan benar serta memberi bantuan dengan ikhlas. Menjadi pahlawan bagi bangsa dan negara dapat ditempuh dengan berprestasi di bidangnya masingmasing. Misalnya siswa dan guru berprestasi di bidang pendidikan dan pengajaran, atlet berprestasi di bidang olahraga, dokter berprestasi di bidang kesehatan, polisi berprestasi di bidang ketertiban dan keamanan masyarakat, tentara berprestasi di bidang keamanan dan keutuhan wilayah negara, dan sebagainya. Sikap kepahlawanan harus terus dikobarkan. Menghindari sikap-sikap yang melemahkan seperti pemalu, malas, dengki, iri dan acuh tak acuh. 

Sikap Kepahlawanan Dalam Kehidupan Sehari-hari

 
Via: pantun-puisi.web.id


Kita semua tau, pahlawan pendahulu kita berjuang sangat keras untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia.Lalu untuk kita generasi sekarang, bagaimana cara kita memiliki sifat atau sikap kepahlawanan seperti pendahulu kita?Nah, kamu bisa simak nih, beberapa sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kamu teladani.

1. Orang tua mencari nafkah untuk keluarga

Orang tua mempunyai kewajiban untuk memenuhi kebutuhan keluarga baik kebutuhan fisiko maupun psikis. Sudah menjadi kewajibab dan tindakan yang mulia bagi orang tua yang harus memberikan nafkah kepada anaknya.Orang tua akan merasa bahagia jika dapat memenuhi kebutuhan anak, termasuk kebutuhan pokok hingga pendidikan yang layak.Perjuangan orang tua dalam mencari nafkah tersebut termasuk perjuangan hidup untuk keluarga.

2. Belajar dengan tekun dan rajin untuk meraih cita-cita

Seorang siswa atau pelajar merupakan generasi muda atau tunas bangsa. Kemajuan bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh perjuangan para pelajar untuk belajar dengan sungguh-sungguh demi mewujudkan cita-cita kita dan cita-cita bangsa Indonesia.

3. Guru memberikan ilmu dan pendidikan kepada siswa

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Tugas seorang guru adalah mendidik. Dalam mendidik para siswa, membutuhkan perjuangan yang cukup besar karena setiap anak mempunyai karakter yang bebeda-beda.Sehingga membutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk mengajarkan ilmu kepada mereka. Guru tidak pernah mengeluh dan bosan mendidik anak-anaknya hingga menjadi orang yang sukses.Sebagai generasi muda, sudah sepantaskan kita menghormati dan menghargai perjuangan seorang guru. Kesuksesan anak didiknya merupakan kebahagiaan yang tidak ternilai bagi seorang guru.Karena keringat dan perjuangan selama mendidik tidak sia-sia. Sehingga kita harus belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan.
 

4. Partisipasi dalam kegiatan Palang Merah

Salah satu kegiatan Palang Merah adalah donor darah. Kegiatan ini termasuk kegiatan kemanusiaan dengan menyelamatkan kehidupan orang-orang yang membutuhkan.Untuk mendapatkan donor darah bukan hal yang mudah, sehingga jika kamu rela mendonorkan darah dengan ikhlas dan suka rela, hal tersebut dapat menunjukan sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.
 

5. Membantu korban bencana alam

Sikap kemanusiaan lainya adalah dengan membantu saat terjadi bencana alam. Sikap ini dapat menumbuhkan rasa empati dan simpati karena tidak semua orang bisa tergerakan hatinya untuk menolong para korban bencana alam.Karena hal tersebut membutuhkan perjuangan yang sikap berani yang tinggi. Membantu korban bencana alam ini dapat dilakukan dengan berbagai cara.Kamu bisa menggalang dana atau memberikan bantuan untuk diberikan kepada para korban bencana alam melalui Badan Penyalur Bantuan.
Kamu juga bisa datang langsung menjadi relawan bencana alam untuk membantu di lokasi bencana.

6. Menjaga lingkungan sekitar

Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut.Namun, tidak banyak orang yang peduli dengan kebersihan dan tidak bertanggung jawab dengan tindakan yang dapat merusak lingkungan seperti membuang sampah sembarangan dan sebagainya.Menerapkan sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari dapat dicontohkan dengan menjaga dan membersihkan lingkungan sekitar.
Dengan menjaga lingkunga, kamu sudah memberikan partisipasi yang besar untuk melindungi lingkungan dan warga dari bahaya penyakit dan bencana alam yang mungkin terjadi.

7. Bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai seorang pejabat

Menjadi seorang pejabat bukan hal yang biasa. Karena dibutuhkan tanggung jawab yang besar. Masalah yang hingga saat ini belum teratasi adalah korupsi.Korupsi merupakan tindakan yang sangat tidak mencerminkan sikap kepahlawanan. Korupsi dapat memberikan kerugian yang besar bagi orng lain termasuk negara.Pejabat yang melakukan korupsi telah melakukan penyimpangan tugas pokok dan fungsi pejabat.
Sebagai pejabat, seharusnya bisa memberikan contoh dan teladan yang baik bagi masyarakatnya dengan bersikap jujur, bertanggung jawab, serta menahan godaan untuk melakukan korupsi.Karena pejabat harus meletakan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi atau kelompok.
 

8. Saling tolong-menolong dalam kebaikan

Sebagai seorang manusia, tentu saja kita tidak bisa hidup sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang lain.
Ada kalanya juga kita harus menolong orang lain tanpa pamrih atau tanpa mengharapkan imbalan karena hal tersebut termasuk sikap yang terpuji.Saling membantu dan menolong sesama dapat menumbuhkan rasa empati dan simpati yang tinggi. Dan dapat membuat kita lebih memahami satu sama lain.Sikap ini memang sulit jika tidak biasa dilakukan, sehingga kita harus menanamkan sikap saling menolong sejak dini agar mampu memberikan rasa peka yang tinggi seiring bertambahkan usia kita.
 

9. Menanamkan kejujuran dan sportifitas yang tinggi dalam kompetisi

Dalam sebuah kompetisi pasti akan ada yang menang dan kalah. Jika kamu mengikuti sebuah kompetisi, selalu bersikap jujur dan sportif akan mendapatkan hasil yang maksimal dan terbaik.Sikap jujur dalam kompetisi ini memang sangat sulit. Sehingga membutuhkan perjuangan untuk menumbuhkanya.Jika dalam kompetisi diraih dengan cara yang tidak jujur, maka hasil yang diperoleh tidak akan membuat kamu puas.
Oleh karena itu, kamu harus menanamkan sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari dengan bersikap jujur dan apa adanya serta berjuang sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

10. Aktif dalam kegiatan kemasyarakatan

Sosialisasi dengan masyarakat harus ditanamkan sejak dini. Karena kita hidup di dalam masyarakat dan lingkungan. Sehingga kamu harus belajar untuk ikut berpartisipasi di setiap kegiatan kemasyarakat.
Organisasi kemasyarakat pasti bermanfaat bagi banyak orang dan untuk kepentingan bersama.Dalam organisasi masyarakat, kita dapat mengembangkan sikap peduli terhadap sesama, bertanggung jawab, rela berkorban, serta sikap saling gotong royong yang tinggi.

Patriotisme

Patriotisme artinya cinta tanah air. Sikap cinta tanah air membawa seseorang rela berkorban dan pantang menyerah dalam membela negara. Sikap patriotisme harus kita miliki dengan cara menjaga persatuan dan kesatuan, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dannegara, mencintai produksi bangsa sendiri serta bangga sebagai bangsa Indonesia. Sikap patriotisme dapat dikembangkan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat serta bangsa dan negara, misalnya sebagai berikut:

1. Siswa hidup rukun dengan anggota keluarga, teman, tetangga, dan anggota masyarakat lainnya.
2. Siswa gemar membantu korban bencana alam dengan ikhlas.
3. Dengan bangga siswa mengatakan “Aku Anak Indonesia”.
4. Siswa bangga menggunakan barang-barang buatan dalam negeri, seperti pakaian, alat-alat sekolah, perkakas rumah tangga, dan sebagainya.
5. Ikut menjaga kebersihan fasilitas umum, seperti poskamling, tempat ibadah, pasar, dan sebagainya.
6. Selalu aktif mengikuti upacara sekolah.


Penelusuran yang terkait dengan Pentingnya Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme

0 Response to "Pentingnya Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme ( Artikel Lengkap )"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel