SafelinkU | Shorten your link and earn money

Pengertian Vitamin, Jenis, Contoh Serta Fungsinya ( Materi Lengkap )

Pengertian Vitamin, Jenis, Contoh Serta Fungsinya
Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita. 

Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat). Walau memiliki peranan yang sangat penting, tubuh hanya dapat memproduksi vitamin D dan vitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Sumber berbagai vitamin ini dapat berasal dari makanan, seperti buah-buahan, sayuran, dan suplemen makanan.


Vitamin dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit.Walaupun dibutuhkan dalam jumlah sedikit,
namun harus tetap ada, karena diperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah beberapa penyakit.


Vitamin dikelompokkan menjadi dua yaitu:


a. Vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C)


b. Vitamin yang larut dalam lemak ( vitamin A, D,E dan K ). Khusus vitamin D dapat terbentuk ketika kulit terkena sinar matahari, karena di dalam tubuh ada pro vitamin D.



Contoh vitamin sumber vitamin serta manfaatnya.

Vitamin A

Vitamin A, yang juga dikenal dengan nama retinol, merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukkan indra penglihatan yang baik, terutama di malam hari, dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh.Vitamin ini bersifat mudah rusak oleh paparan panas, cahaya matahari, dan udara. Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin A banyak terdapat pada minyak ikan, hati sapi (bukan hatimu), susu, kuning telur, berbagai macam buah-buahan dan yang paling terkenal sebagai sumber vitamin A adalah wortel, dan buktinya wortel mengandung banyak vitamin A dan berguna untuk kesehatan mata adalah sampai sekarang tidak ada kelinci yang berkacamata.

Vitamin B

Secara umum, golongan vitamin B berperan penting dalam metabolisme di dalam tubuh, terutama dalam hal pelepasan energi saat beraktivitas. Vitamin B adalah vitamin yang terlarut dalam air. Vitamin B banyak terdapat pada bahan makanan seperti bekatul, beras merah, kacang hijau, kacang kedelai, daging dan roti. Vitamin B memiliki Banyak manfaat antara lain mencegah penyakit beri-beri(bukan strowberry), menjaga kesehatan rambut, mencegah kulit kusam, mencegah kuku mudah patah dan manfaat lainnya.

Kekurangan Vitamin B dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, sakit kepala di bagian sebelah atau migrain serta gangguan pada jantung.

Vitamin C
Vitamin C (asam askorbat) banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Di dalam tubuh, vitamin C juga berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya. Vitamin C merupakan senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dari polusi di sekitar lingkungan kita.Vitamin C adalah vitamin yang dapat larut dalam air seperti vitamin B. Vitamin C banyak terdapat didalam buah seperti Jeruk, jambu biji, jambu air, semangka, nanas dan buah lainnya serta terdapatjuga dalam sayur-sayuran hijau dan cabai. Fungsi atau manfaat Vitamin C adalah Mencegah sariawan. menjaga kesehatan kulit, menambah kekebalan tubuh serta mencegah infeksi.

Vitamin D
Vitamin D juga merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani, antara lain ikan, telur, susu, serta produk olahannya, seperti keju. Bagian tubuh yang paling banyak dipengaruhi oleh vitamin ini adalah tulang. Vitamin D ini dapat membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet). Bila kadar vitamin D rendah maka tubuh akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X. Vitamin D adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D banyak terdapat pada minyak ikan, ikan, susu, mentega, kuning telur dan sinar matahari. Vitamin D berfungsi untuk memperkuat tulang, membantu pembentukan tulang dan menjaga tulang dari penyakit tulang.

Vitamin E
Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati. Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi paru-paru manusia dari polusi udara. Nilai kesehatan ini terkait dengan kerja vitamin E di dalam tubuh sebagai senyawa antioksidan alami.Vitamin E adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E banyak terdapat pada bahan makanan contohnya taoge, gandum, minyak, kacang-kacangan, kuning telur, hati dan susu. Vitamin E juga dapat pencegah kemandulan.

Vitamin K
Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K banyak terdapat pada makanan seperti kuning telur, kacang kedelai, sayuran segar dan susu. Vitamin K banyak berperan dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan penutupan luka. Defisiensi vitamin ini akan berakibat pada pendarahan di dalam tubuh dan kesulitan pembekuan darah saat terjadi luka atau pendarahan.

Manfaat masing-masing vitamin beserta fungsinya

Mengetahui manfaat dan efek kesehatan dari masing-masing vitamin adalah hal yang penting. Hal ini bisa membantu Anda menyeimbangkan pola makan dan mengetahui gejala-gejala defisiensi atau kekurangan vitamin tertentu.

1. Vitamin yang larut dalam lemak

  • Vitamin A : Untuk memelihara kesehatan mata dan fungsi imun, menjadi salah satu faktor utama yang membantu pertumbuhan sel, serta berperan dalam proses pembentukan gen dan protein.
  • Vitamin K : Berfungsi membantu proses pembekuan darah.
  • Vitamin D : Berfungsi membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang penting bagi kesehatan tulang serta memelihara sistem saraf.
  • Vitamin E : Berfungsi melindungi membran sel, dapat mencegah pembekuan darah yang berlebihan, serta memasok oksigen ke dalam darah.

2. Vitamin yang larut dalam air

  • Vitamin B : Menyediakan cadangan energi (vitamin B6) dan melepaskan energi (vitamin B12) serta memelihara sistem saraf dan visual.
  • Vitamin C : Berfungsi untuk membantu pembentukan kolagen dan melawan radikal bebas yang dapat merusak DNA.
Demikianlah ulasan kami mengenai vitamin-vitamin, Semoga bermanfaat…

  • Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Vitamin
  • pengertian vitamin b
  • pengertian vitamin dalam ilmu gizi
  • pengertian vitamin menurut para ahli
  • penggolongan vitamin
  • sumber vitamin
  • jenis vitamin
  • pengertian vitamin pdf
  • pengertian vitamin secara umum

1 Response to "Pengertian Vitamin, Jenis, Contoh Serta Fungsinya ( Materi Lengkap )"

  1. As of now just creature, in vitro and epidemiological investigations propose a connection between diabetes/various sclerosis and vitamin D. Before a firm end can be reached, randomized controlled trails need to happen.https://www.reverbnation.com/fortismedicalbilling2

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel