Manfaat Energi Matahari bagi Hewan, Tumbuhan dan Manusia ( Materi Lengkap )

17 Manfaat Energi Matahari bagi Hewan
Energi matahari atau energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari. Energimatahari merupakan sumber energi yang paling besar dan paling banyak di dunia karena energi matahari tidak akan pernah habis. Oleh karena itu, energi matahari sangat bermanfaat bagi makhluk hidup, yaitu manusia, hewan dan tumbuhan. Selain cahaya matahari digunakan oleh manusia, cahaya matahari juga digunakan oleh makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Hewan menggunakan cahaya matahari untuk menghangatkan tubuhnya, sementara tumbuhan menggunakan cahaya matahri untuk membuat makanannya. Tumbuhan memang tidak bisa bergerak denga cara berpindah tempat untuk mencari makanan, sehingga tumbuhan dikaruniai kemampuan untuk menciptakan makanannya sendiri dengan batuan cahaya matahari.

Tanpa matahari kehidupun di bumi tidak akan ada. Nah bagi hewan energi matahari memiliki beragam manfaat. Apa saja manfaatnya? simak penjelasan di bawah ini!



Manfaat Sumber Energi Cahaya Matahari Bagi Kehidupan


Cahaya sendiri merupakan paket partikel dengan nama foton. Studi tentang cahaya ini diawali berdasarkan munculnya zaman optika klasik untuk mempelajari tentang besaran optik, misalnya seperti fase cahaya, polarisasi, panjang gelombang, frekuensi dan intensitas.
Matahari sebagai sumber energi cahaya terbesar, memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia, antara lain:

1. Membantu proses fotosintesis
Cahaya matahari merupakan sumber utama kehidupan makhluk hidup, salah satunya adalah kehidupan bagi tanaman atau tumbuhan untuk membantu proses fotosintesis. Tanpa adanya matahari sendiri, maka tanaman atau tumbuhan di bumi akan mati. Sebagai timbal baliknya, ketika tidak ada tumbuhan di bumi ini maka manusia akan musnah akibat tidak adanya suplai oksigen dari tumbuhan.
Bisa kita simpulkan, bahwa siklus kehidupan makhluk hidup termasuk manusia sendiri begitu tergantung pada sinar matahari. Proses fotosintesis pada tumbuhan sendiri akan menghasilkan oksigen, yang sangat penting bagi pernafasan manusia. Dengan begitu, kehidupan manusia pun tergantung dari asupan oksigen yang terhirup. Maka wajar, jika matahari ini memiliki peranan yang begitu penting sama halnya dengan peranan air untuk kehidupan manusia.

2. Membantu penerangan
Tanpa adanya cahaya matahari, dunia akan gelap gulita. Sehingga kita tak akan bisa melihat apapun yang ada di lingkungan sekitar kita. Dengan adanya energi cahaya matahari ini, maka kita bisa melihat lingkungan sekitar. Maka dari itu, cahaya sangat penting peranannya sebagai media penerangan. Selain cahaya matahari, cahaya dari lampu juga berfungsi sebagai penerangan saat malam hari. Cahaya dari lampu juga membantu Anda untuk dapat belajar di malam hari.

3. Menjemur pakaian
Dengan adanya cahaya matahari sendiri, maka pakaian yang dicuci bisa langsung kering tanpa mesin pengering. Cahaya matahari sebagai media untuk menjemur pakaian dengan mudah dan alami, dengan bantuannya inilah pakaian akan mudah kering saat dijemur di bawah terik sinar matahari. Memakai bantuan sinar matahari ini tentu tak perlu membayar mahal untuk membeli mesin cuci sekaligus pengering pakaiannya, karena matahari ini bisa kita dapatkan secara gratis.

4. Menghasilkan energi listrik
Sebagai sumber dari cahaya, matahari juga bisa menghasilkan energi listrik. Energi listrik inilah yang nantinya dipergunakan untuk cahaya di malam hari. Selain itu dengan energi listrik, kita bisa menggunakan elektronik dan alat-alat rumah tangga dengan nyaman. Energi listrik yang berasal dari bantuan matahari atau sel surya ini tentunya lebih ramah lingkungan. Tak hanya itu saja, matahari juga termasuk energi terbarukan yang ketersediaannya tidak terbatas.

5. Membantu proses pertumbuhan kecambah
Selain bermanfaat bagi kehidupan manusia, energi cahaya juga sangat bermanfaat untuk tumbuhan. Jika kecambah kekurangan cahaya, maka tanaman tersebut akan kering, kurus, daunnya berwarna kuning pucat dan juga tipis. Berbeda dengan kecambah yang cukup cahaya matahari, maka tanaman tersebut akan memiliki daun yang tebal, hijau dan tumbuh subur. Hal ini dikarenakan kecambah tersebut akan lebih maksimal dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan dan zat energi.

6. Sebagai sumber nutrisi terbaik
Manfaat energi cahaya berikutnya adalah sebagai sumber nutrisi terbaik. Pada sebuah percobaan, tumbuhan yang disimpan di dalam ruang tertutup dengan bantuan cahaya buatan, memiliki energi dan nutrisi yang buruk tidak sebaik nutrisi dan energi yang dihasilkan oleh cahaya matahari langsung.

7. Membantu pertumbuhan bunga dan daun
Selanjutnya adalah energi cahaya dapat membantu pertumbuhan bunga dan juga daun. Seperti yang Anda ketahui panjang gelombang energi matahari memiliki warnamerah. Warna merah yang ada di gelombang matahari tersebut akan diserap oleh tumbuhan yang pada akhirnya hal ini akan berdampak pada pertumbuhan bunga. Sehingga tanaman yang sering terpapar sinar matahari akan cepat berbunga dan tumbuh tinggi serta lebat.

8. Menjaga temperatur tumbuhan
Cahaya matahari juga dapat menjaga temperatur tumbuhan agar tetap seimbang dan stabil. Jika temperatur tumbuhan rendah maka proses penguapan akan menjadi lama, hal ini tentu saja dapat membuat tumbuhan mati lemas. Dan sebaliknya jika suhu terlalu tinggi maka proses penguapan akan dipercepat. Hal ini akan menyebabkan tumbuhan menjadi kering.

9. Mengeringkan tanah
Pada beberapa tumbuhan, cahaya matahari sangat bermanfaat dalam proses perkembangbiakan. Cahaya matahari diperlukan dalam proses pengeringan tanah. Sehingga biji bunga yang jatuh ke tanah yang kering akan tumbuh dengan subur. Contohnya yaitu biji bunga matahari. Meskipun begitu, tak berarti biji bunga matahari tidak bisa tumbuh di tanah yang lembab, tetapi ia akan cepat layu dan akhirnya akan mati.


Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan


Secara garis besar manfaat energi matahari bagi hewan adalah sebagai berikut.

  • a. Sebagai sumber kekuatan karena adanya energi matahari akan menambah kekuatan untuk makhluk hidup sehingga tidak mudah punah
  • b. Sebagai penghasil sumber makanan ,karena tumbuhan membutuhkan matahari untuk berfotosintesis oleh sebab itu hewan bisa mengkonsumsi tumbuhan tersebut
  • c. Untuk mempercepat proses pertumbuhan pada hewan
  • d. Untuk mempermudahmencari makanan karena adanya sumber cahaya dan panas.
  • e. Saat terkena matahari ginjal
dan hati akan bekerja untuk melindungi dari ultraviolet dengan membuat vitamin D

Secara spesifik manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai sumber penerangan
2. Sumber vitamin d bagi hewan 
3. Untuk mencari makan disiang hari
4. Menghangatkan tubuh hewan 
5. Melangsungkan fotosintesis bagi hewan 
6. Menjaga Temperatur Suhu Hewan
7. Sebagai Nutrisi Untuk Tulang Hewan (Matahari Pagi)
8. Sebagai Pencahayaan Bagi Hewan Ketika Melakukan Aktivitas
9. Sebagai Sumber makanan (Tumbuhan membutuhkan matahari untuk menghasilkan makanan yang dimakan oleh hewan (Logika))
10. Sebagai Energi tersendiri untuk hewan (penambah Semangat)
11. Mempercepat Proses Petumbuhan Hewan
12. Sumber Vitamin D Yang Baik Untuk HewaN



Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

Energi Matahari Sebagai Pembangkit Tenaga Listri
Pada Kesempatan sebelumnya saya sudah membahas tentang manfaat air untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Nah pada kesempatan ini tahu kah anda bahwa matahari yang setiap hari kita rasakan keberadaannya ini bisa dijadikan sebagai Pembangkit tenaga listrik? Mungkin sudah ada yang tahu dan ada juga yang belum tahu.
Di era modern seperti saat ini, berbagai penemuan demi penemuan telah banyak di kembangkan tertuma dalam bidang teknologi. Diantara penemuan yang sudah di kembangkan ialah proses perubahan energi matahari menjadi energi listrik yang sangat membantu manusia untuk menutupi kebutuhan sekunder seperti: menerangi rumah dengan cahaya lampu, menonton televisi dan berbagai hal yang menggunakan listrik.

Energi Matahari Untuk Kesehatan Tulang
Buat anda yang memiliki anak bayi dan yang baru selesai menjalani oprasi, berjemur di bawah sinar matahari pada jam 07.00 sampai jam 08.30 pagi dapat menyehatkan tubuh anda terutama di bagian tulang karena energi matahari di jam tersebut dapat menghasilkan Vitamin D dengan cara merubah pro vitamin D dalam tubuh. Jadi tidak heran jika banyak orang tua yang mengajak anak bayinya untuk berjemur di pagi hari karena hal tersebut sangat membantu sang bayi dalam proses pertumbuhan tulangnya.

Sebagai Energi Tanpa Batas
Sumber energi yang bersumber dari Fosil baik itu fosil hewan ataupun fosil tumbuhan, suatu saat akan mengalami kehabisan jika di pakai terus menerus. Namun berbeda halnya dengan sumber energi matahari yang tidak akan pernah habis walaupun di pakai terus menerus oleh seluruh mahluk hidup yang ada di bumi.

Energi Matahari Untuk Proses Pengeringan
Bisa kita bayangkan jika tidak ada matahari, apa jadinya dengan pakaian kotor yang baru anda cuci. satu hari saja langit mendung, tidak sedikit ibu-ibu yang mengeluh karena pakaian basahnya tidak kunjung kering sehingga menghasilkan bau tidak sedap.

Energi Matahari Sebagai Penghilang Rasa Sakit Pasca Oprasi
Sebuah Universitas ternama pernah mengadakan penelitian tentang energi matahari untuk membantu proses pemulihan orang pasca oprasi dan hasilnya sangat mengejutkan. Rasa sakit pasca oprasi bisa berangsur-angsur hilang ketika pasien rutin berjemur di bawah sinar matahari berbedang dengan pasien yang setiap harinya hanya diam di kamar.


Manfaat Energi Matahari Bagi Tumbuhan

Energi Matahari Untuk Fotosintesis
Ketika dalam proses fotosintesis, Sinar matahari di serap melalui klorofil untuk menghasilkan karbohidrat yang merupakan makanan bagi tumbuhan berdaun hijau seperti bayam dan kangkung. Secara bahasa, fotosintesis merupakan sebuah proses biokimia untuk menghasilkan zat makanan bagi tumbuhan yang berupa karbohidrat.
Andai tidak ada sinar matahari tentunya tumbuhan berdaun hijau akan punah karena dapat di pastikan mereka tidak akan mendapatkan asupan makanan yang cukup untuk tumbuh berkembang.

Energi Matahari Untuk Mengeringkan Tanah
Tidak semua tumbuhan bisa hidup di tanah yang lembab dan berair, karena ada beberapa tumbuhan yang memanfaat tanah kering untuk berkembang biak contohnya saja bunga matahari yang memanfaatkan tanah kering untuk menyebar benih-benih bunga matahari, supaya bibit biji bunga matahari bisa tumbuh dengan subur.

Energi Matahari Untuk Pertumbuhan Kecambah
Ciri-ciri kecambah yang bagus adalah kecambah yang memiliki daun hijau tebal, tubuh pendek dan gemuk. Semua itu dapat di peroleh jika kecambah sering terkena sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Sedangkan ciri-ciri kecambah yang kurang baik adalah kecambah yang memiliki daun tipis kekuning-kuningan, tubuh tinggi dan langsing. Hal tersebut di sebabkan karena kecambah kurang atau tidak terkena sinar matahari.


Penelusuran yang terkait dengan Manfaat Energi Matahari bagi Hewan, Tumbuhan dan Manusia

  • 10 manfaat energi matahari bagi alam
  • manfaat energi matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran
  • manfaat hujan bagi manusia hewan dan tumbuhan
  • sebutkan 5 manfaat energi matahari bagi hewan
  • manfaat energi matahari bagi tumbuhan
  • 5 manfaat energi matahari bagi tumbuhan
  • manfaat matahari bagi keluarga
  • gambar manfaat matahari

0 Response to "Manfaat Energi Matahari bagi Hewan, Tumbuhan dan Manusia ( Materi Lengkap )"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel