Norma - Norma yang Berlaku di Masyarakat Indonesia

Norma-Norma yang Berlaku di Masyarakat Indonesia - norma memiliki peran yang penting dalam kehidupan masyarakat. Tanpa norma, masyarakat akan hidup tanpa aturan seperti tarzan di hutan belantara. Norma dapat membantu manusia untuk memperjuangkan haknya serta memberikan informasi tentang kewajibannya, dan tidak merugikan dan mengganggu kepentingan orang lain.
Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk itu, ia akan melakukan segala macam cara agar kebutuhannya terpenuhi. Namun, karena dorongan yang begitu besar untuk memenuhi kebutuhannya seringkali berbenturan dengan orang lain. Benturan atau konflik yang terjadi dapat mengakibatkan kehidupan masyarakat menjadi tidak tertib. Agar kehidupan masyarakat menjadi tertib maka diperlukan seperangkat norma dan peraturan yang mengikat setiap anggota masyarakat. Untuk mengetahui berbagai norma yang ada dalam masyarakat, kita simak dahulu pengertian norma berikut ini.

Pengertian Norma Menurut Para Ahli
Istilah norma berasal dari kata Latin norma yang berarti sebuah aturan, standar, atau pola tindakan. Pada dasarnya, norma merupakan rujukan perilaku yang berlaku dalam kelompok masyarakat tertentu. Dalam perspektif sosiologi, norma merujuk pada norma sosial yang merupakan seperangkat aturan yang dibuat oleh suatu kelompok orang yang secara khusus mengatur apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari dalam berbagai situasi. Misalnya, sebagai seorang anak harus meminta izin kepada orang tua ketika akan pergi ke sekolah.

Bagaimana para ahli mendefinisikan norma sosial? Berikut adalah beberapa pengertian norma atau norma sosial menurut para ahli:
  1. Business Dictionary, mendefinisikan norma sosial sebagai pola perilaku dalam suatu kelompok, komunitas, atau budaya yang diterima sebagai kewajaran dan diterima oleh seorang individu untuk menyesuaikan.
  2. Routledge Encyclopedia of Philosophy, mendefinisikan norma sosial sebagai aturan-aturan
  3. Stanford Encyclopedia of Philosophy mendefinisikan norma sosial sebagai berbagai regulasi yang dikenal sebagai norma-norma secara umum
  4. Margareth Gilbert, mendefinisikan norma sosial sebagai aturan dari sebuah kelompok dimana setiap anggotanya menerima aturan-aturan tersebut dengan menyatakan persetujuannya untuk menyesuaikan dengan aturan-aturan tersebut, dan menyatakan persetujuan bersama menerima aturan-aturan tersebut sebagai sebuah tubuh.
  5. Sherif mendefinisikan norma dalam hal ini norma kelompok yaitu berupa pengertian-pengertian yang seragam mengenai cara-cara tingkah laku yang patut dilakukan oleh anggota kelompok apabila terjadi sesuatu yang bersangkut paut dengan kehidupan kelompok itu.
  6. Robin M. Williams, Jr mendefinisikan norma sosial sebagai aturan atau referensi standar perilaku yang dinilai dan diterima atau ditolak.
Pengertian norma sosial meliputi beragam hasil interaksi kelompok, baik masa lalu maupun yang tengah berlangsung termasuk nilai sosial, adat-istiadat, tradisi, kebiasaan, konvensi, dan lain-lain. Setiap kelompok masyarakat memiliki norma masing-masing yang apabila tidak diikuti oleh anggota kelompok masyarakat dapat menyebabkan terjadinya perubahan struktur dalam kelompok masyarakat bahkan menyebabkan disintegrasi masyarakat.


Macam-Macam Norma Dalam Kehidupan Masyarakat
Dalam setiap kelompok masyarakat terdapat macam-macam norma sebagai suatu pedoman bagi anggota masyarakat untuk bertingkah laku agar sesuai dengan norma-norma yang berlaku dan apabila melanggar norma-norma tersebut maka akan dikenakan sanksi. Terdapat beberapa norma yang berlaku dalam masyarakat, yaitu norma agama, norma kebiasaan, norma kesusilaan, norma hokum, dan norma kesopanan.
  • Norma agama, merupakan norma yang berdasarkan ajaran agama dan berasal dari Tuhan Yang Maha Esa, misalnya adalah sholat. Orang yang melakukan pelanggaran terhadap norma agama akan mendapat dosa.
  • Norma kebiasaan, merupakan norma yang merujuk pada perbuatan yang dilakukan secara berulang, misalnya adalah membeli oleh-oleh bagi keluarga. Pelanggaran terhadap norma kebiasaan akan mendapatkan sanksi berupa celaan dan lain sebagainya.
  • Norma kesusilaan, merupakan norma yang berasal dari hati agar dapat membedakan perbuatan baik dan buruk, misalnya adalah hormat kepada orang tua. Sanksi bagi pelanggar norma kesusilaan adalah pengucilan secara lahir batin.
  • Norma hukum, merupakan norma yang merujuk pada seperangkat aturan berupa perintah dan larangan yang dibuat oleh lembaga formal, misalnya adalah melakukan korupsi. Sanksi bagi pelanggar norma hukum adalah denda, penjara, atau hukuman mati.
  • Norma kesopanan, merupakan norma yang merujuk pada tingkah laku yang dianggap wajar dalam masyarakat, misalnya adalah mengetuk pintu sambil mengucapkan salam ketika bertandang ke rumah orang lain. Pelanggaran terhadap norma kesopanan akan mendapatkan sanksi berupa kritik dan lain-lain.



Berikut beberapa norma-norma yang berlaku di masyarakat Indonesia

1. Norma agama

Norma agama adalah salah satu norma yang dapat dijadikan petunjuk hidup. Norma agama memuat peraturan yang berupa perintah atau larangan yang langsung diperintahkan oleh Allah yang dituang di dalam kitab suci masing-masing agama.

Norma agama memiliki tujuan yang baik bagi dirinya sendiri maupun bagi sekitarnya. Norma agama mewajibkan umatnya untuk menjunjung tinggi ajaran agama yang ada di dalam kitab yang diajarkannya. Karen adalam kitab tersebut sudah ada pedoman lengkap yang harus diikuti oleh umatnya dalam menjalankan hidup. Mentaati perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Sehingga dia mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Baca: Macam - Macam Norma Sosial dan Pengertiannya

Didalam norma agama terdapat sanksi namun tidak dapat dirasakan langsung. Sanksi didalam norma agama akan didapatkan saat orang tersebut meninggal nanti. Berupa siksa yang langsung dieksekusi oleh Tuhan. Sebenarnya sanksi di dalam norma agama juga dapat dirasakan langsung namun hal tersebut tergantung orang itu sendiri. Sanksi yang dapat dirasakan langsung dapat berupa rasa bersalah, depresi ataupun goncangan jiwa.

Norma agama sangat bermacam-macam contohnya, misalnya: tidak membunuh orang lain, larangan berjina, larangna mabuk, larangan menghardik, larangan meninggalkan solat, larangan durhaka kepada orang tua.

2. Norma Kesusilaan
Norma kesusilaan merupakan salah satu norma yang sumbernya berdasar hiti yang paling dasar, yang biasanya disebut dengan hati nurani. Norma keasusilaan mengatur perbuatan mana yang pantas diperbuat dan mana yang seharusnya tidak diperbuat. Norma kesusilaan memberi gambaran tentang cara berperilaku, dan apa yang seharusnya dihindari.

Norma kesusilaan memiliki sifat yang universal karena berasal dari hati yang semua orang memilikinya. Jadi semua orang yang memiliki hati dapat merasakan norma kesusilaan. Sedangkan tujuannya adalah agar setiap orang mengerti tentang perbuatan yang termasuk dalam susila dan perbuatn yang termasuk perbuatan asusila. Bagi yang melanggrnya akan diberikan sanksi berupa pengucilan, peringatan, teguran atau dikeluarka dari kelompok tersebut.

Contoh norma kesusilaan yang ada di masyarakat indonesia misalnya: berkata jujur, saling menolong, saling membantu. Sedangkan Contoh pelanggaran norma kesusilaan di masyarakat indnesia misalnya: memfitnah orang, melakukan hubungan dengan orang yang bukan istrinya, memperkosa.

3. Norma Kesopanan
Norma kesopanan yang ada di tengah masyarakat indonesia merupakan norma yang dibuat oleh masyarakat itu sendiri. Norma kesopanan adalah norma yang dibuat berdasarkan apa yang menjadi harapan atau penilaian masyarakat tentang perilaku ideal yang tidak menyakiti orang lain.

kelompok masyarakat di suatu daerah dapat membuat dan menetapkan peraturan dengan kesepakatan bersama, perturan yang berisi hal yang dianggap sesuai, sopan dan boleh dilakukan serta hal yang dianggap tidak sesuai, tidak sopan dan seharusnya dihindari. Ukuran di dalam norma kesopanan adalah kepantasan, keselarasan, kebiasaan, atau kepatutan yang seharusnya ada didalam sebuah masyarakat sosial. Sehingga setiap masyarakat di suatu daerah memiliki ukuran atau batasan sendiri-sendiri mengenai hal apa saja yang dianggap patut dan pantas dilakukan.

Contoh norma kesopanan yang ada di indonesia antara lain: tidak menyela orang saat bicara, saat makan tidak berbicara, jangan meludah, menghormati tetua atau orang yang dianggap lebih tua, menghargai orang lain.

4. Norma Hukum
Norma hukum merupakan norma atau peraturan yang dibuat oleh negara. Sifatnya memaksa dan wajib dilakukan. Norma hukum dibuat untuk memperkuat keberadaan norma-norma sebelumnya.sanksi norma hukum berupa hukuman penjara. Contoh norma hukum yang ada di masyarakat antara lain; dilarang membunuh sesuai dengna KUHP 338. Larangan mencuri sesuai dengan pasal 362.

Itulah penjelasan mengenai norma-norma yang berlaku di masyarakat Indonesia. Baca:Pelanggaran Norma Agama Beserta Contohnya


Penelusuran yang terkait dengan Norma - Norma yang Berlaku di Masyarakat Indonesia

  • 4 norma yang berlaku di masyarakat beserta sanksinya
  • norma-norma dalam masyarakat brainly
  • 5 macam norma
  • macam macam norma sosial
  • norma kesusilaan
  • tujuan norma
  • norma agama
  • berikan masing-masing 3 contoh norma agama dan norma hukum

0 Response to "Norma - Norma yang Berlaku di Masyarakat Indonesia"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel