SafelinkU | Shorten your link and earn money

Pengertian Tata Surya Dan Anggota-Anggota Tata Surya Secara Lengkap

Kampungilmu.web.id - Anggota anggota tata surya – Bicara mengenai tata surya, sama hal nya dengan bicara tentang benda langit. Tata surya adalah kumpulan dari benda benda langit dengan matahari sebagai pusat dari tata surya itu sendiri. Selain matahari, benda benda yang lainnya yang ada di langit dan mengikuti gaya gravitasi itu juga merupakan anggota tata surya. Saya akan mengulas lebih dalam tentang anggota tata surya. Jika anda belum tahu tentang anggota anggota tata surya maka bacalah artikel yang satu ini.

Angota tata surya

Pada sedikit penjelasan yang ada di atas telah di jelaskan tentang pengertian tata surya, maka dari itu disini saya tidak akan membahas lebih lanjut lagi tentang pengertian tata surya, sebab saya yakin dari sedikit penjelasan yang ada di atas sudah bisa membuat anda mengerti tentang pengertian atau apa yang di maksud dengan tata surya. Maka dari itu, saya hanya mengkhususkan untuk membahas tentang angota tata surya. Apa saja yang termasuk anggota tata surya? Semua akan di jelaskan pada penjelasan yang ada di bawah.
Anggota anggota tata surya
  • Anggota anggota tata surya itu meliputi matahari, bintang, planet dan juga disertai dengan satelit alaminya seperti, komet, asteroid, meteor dan juga meteorid. Bintang adalah salah satu bagian dari anggota tatasurya yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Cahaya yang dipancarkan oleh bintang asalnya adalah dari suatu reaksi nuklir. Masing masing bintang yang ada pada tata surya dapat menghasilkan bermacam macam warna yang berbeda, ada warna kuning, merah, biru, orange, dan putih, hal itu dipengaruhi oleh adanya suhu yang terdapat pada permukaan bintang.
  • Matahari adalah bagian dari anggota tatasurya dan juga sekaligus sebagai satu pusat tatasurya. Matahari adalah sebuah bintang yang letaknya paling dekat dengan bumi. Matahari dibentuk dari suatu gas hidrogen dan juga gas helium. Selain matahari planet juga merupakan anggota tata surya, namun planet tidak dapat memancarkan cahaya sendiri tidak sama seperti bintang. Jumlah planet yang termasuk anggota tata surya itu sendiri berjumlah delapan buah. Selain planet benda langit lainnya yang termasuk anggota tata surya adalah komet, meteor, dan juga asteroid.
  • Komet adalah bagian dari anggota tata surya, komet terdiri atas kepala dan juga ekor. Komet itu sendiri tercipta dari es, gas dan juga debu. Meteor juga merupakan bagian dari anggota tata surya yang tercipta dari senyawa logam dan juga bebatuan. Anggota planet yang satunya lagi adalah asteroid. Asteroid itu sendiri bentuknya menyerupai planet namun lebih kecil maka dari itu asteroid sering disebut dengan planet kecil. Asteroid ini bentuknya menyerupai sebuah batu dan memiliki jumlah yang sangat banyak. Asteroid ini berotasi dan juga ikut serta berevolusi dalam mengelilingi matahari. 
Adapun anggota tata surya adalah sebagai berikut:
1. Matahari
Matahari merupakan bintang yang paling besar. Bintang adalah benda langit yang mampu memancarkan cahaya. Kemampuan ini menjadikan matahari sebagai sumber cahaya yang juga energi utama dalam sistem tata surya. Matahari merupakan pusat dalam sistem tata surya. Matahari memiliki ukuran yang sangat besar. Diameter matahari ialah 1.391.980 km, suhu permukaannya mencapai 5.500 derajat celcius.

Baca Juga:

Artikel Jagat raya dan Tata surya Lengkap

 

2. Planet – planet
Planet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan orbit tertentu dan memiliki diameter lebih dari 4000km. Macam planet:

  1. Merkurius merupakan planet yang terletak paling dekat dengan matahari, pusat tatasurya. Diameter planet ini ialah 4862km. jarak merkurius ke matahari adalah 58 juta km. merkurius memerlukn waktu selama 88 hari untuk satu kali melakukan revolusi terhadap matahari. Sementara rotasinya sangat lambat yaitu 59 hari. Suhu permukaan merkurius mencapai 430 derajat celsius pada siang hari, dan mencapai -170 derajat celcius pada malam hari. Permukaan merkurius terdapat banyak kawah akibat benturan dengan meteor.
  2.  Venus Disebut juga bintang timur atau bintang kejora. Hal ini karena planet ini berwarna putih dan menyerap cahaya dari matahari sehingga tampak dari bumi sebagai bintang. Venus merupakan planet kedua terekat dari matahari dan merupakan planet terdekat bumi. Venus memiliki diameter yaitu 12.100km dan jaraknya 108 juta km dari matahari. Venus memerlukan waktu untuk mengelilingi matahari ialah 225 hari. Suhu permuakaannya mencapai 480 derajat celcius sehingga sangat kering.
  3. Bumi adalah satu – satunya planet yang memiliki kehidupan (so, alien is nothing). Jarak bumi ke matahari ialah 150juta km, dan diameternya mencapai 12.750km. dua per tiga permukaan bumi adalah lautan sementara sisanya adalah daratan. Bumi dilindungi oleh atmosfer yang mampu mengurangi paparan sinar matahari yang dapat merusk kehidupan. Dengan keistimewaan inilah bumi menjadi satu – satunya planet yang mendukung adanya suatu kehidupan. Bumi memerlukan waktu selama 365 hari untuk melalukan satu kali revolusi (1 tahun), sementara waktu rotasi bumi ialah 24 jam (1 hari). Bumi memiliki satu satelit yaitu bulan.
  4. Mars Baru – baru ini ilmuwan luar angkasa menemukan adanya air di planet mars. Penemuan ini pun terus di dalami oleh para ilmuwan, apakah mars dapat dihuni selayaknya bumi untuk mendukung kehidupan? Well, pertanyaanya tersebut sepertinya belum dapat dijawab. Mars merupakan planet yang terletak setelah bumi memiliki jarak sekitar 228 juta km dari matahari sehingga mars memerlukan waktu sebanyak 687 hari untuk mengelilingi matahari. Jaraknya yang cukup jauh membuat suhu yang dimiliki mars cukup dingin. Suhu pada siang hari -13 derajat celcius dan menjadi -80 derajat celcius saat malam hari. Suhu yang demikian, sepertinya belum dapat mendukug suatu kehidupan. Mars memiliki dua satelit bernama Demos dan Fabos.
  5. Jupiter merupakan planet terbesar dalam sistem tata surya. Diameternya mencapai 11 kali diameter bumi yaitu mencapai 143.000km. Jaraknya dari mataharai ialah sekitar 778juta km, orbit jupiter mencapai 12 tahun untuk sekali mengelilingi bumi. Jupiter memiliki 16 satelit dan yang paling besar adalah Ganymeda.
  6.  Saturnus Planet saturnus memiliki ukuran yang cukup besar, planet ini adalah planet terbesar kedua setelah jupiter. Diameternya mencapai 120.000km dan jaraknya dari matahari ialah 1.428 juta km. Ciri khas yang dimiliki oleh saturnus adalah cincin besar yang mengelilinginya. Saturnus memerlukan waktu selama 30 tahun untuk mengelilingi matahari sementara rotasinya sangat cepat yaitu 10 jam. Saturnus memiliki 21 satelit yang paling besar bernama Titan.
  7. Uranus memiliki diameter yang cukup besar yaitu 49.700km, jaraknya dari matahari yaitu 2.869 juta km, uranus memerlukan waktu mencapai 84 tahun untuk mengelilingi matahari dan waktu rotasinya ialah 10 jam. Hal yang menarik dari uranus ialah arah orbitnya berlawanan dengan planet lainnya. Uranus memiliki 15 satelit salah satunya ialah Ariel yang merupakan satelit terbesar pada uranus. Suhu permukaan uranus mencapai -180 derajat celcius. 
  8.  Neptunus merupakan planet yang paling jauh dari pusat tata surya. Sebelumnya ialah pluto. Namun pluto sekarang bukanlah bagian dari sistem tata surya. Jarak neptunus ke matahari ialah 4.495 juta km sementara diameter neptunus mencapai 48.600 km. Suhu permukaan neptunus lebih dinin dari pada uranus yakni mencapai -190 derajat celcius. Neptunus memiliki dua satelit yakni Triton dan Nereid.

3. Asteroid
Merupakan benda langit yang berukuran kecil yang juga mengelilingi matahari. Diduga bahwa asteroid terbentuk dari pecahan pembentukan planet. Jumlah asteroid sangat banyak. Antara asteroid satu dengan yang lainnya berjarak beribu – ribu meter. Tabrakan antara kedua asteroid akan membentuk meteroid.

4. Meteroid
Merupakan benda langit yang berukuran kecil yang tidak memiliki orbit dan bertebaran di luar angkasa. Tak jarang, terjadi gesekan antara meteorid dengan planet – planet dalam sistem tata surya termasuk bumi. Meteor adalah meteorid yang bergesekan dengan atmosfir bumi. Gesekan ini membuat meteor berpijar (membara). Sementara meteor yang tersisa dan sampai ke bumi disebut meteorit.

5. Komet
Komet merupakan benda langit yang terdiri atas bongkahan batu, debu, serta es. Komet disebut juga bintang berpijar atau bintag berekor, karena pergerakan komet menghasilkan cahaya. Komet memiliki orbit berbentuk elips. Dalam peredaran komet, ekornya akan semakin pang jika mendekati matahari. Komet memiliki orbit yang jauh dari matahari. Sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melakukan satu revolusi.

0 Response to "Pengertian Tata Surya Dan Anggota-Anggota Tata Surya Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel