SafelinkU | Shorten your link and earn money

Macam Macam Habitat Jamur ( Artikel Lengkap )

Kampungilmu.web.id - Jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium. Reproduksi jamur, ada yang dengan cara vegetatif ada juga dengan cara generatif. Jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya untuk memperoleh makanannya. Setelah itu, menyimpannya dalam bentuk glikogen. Jamur merupakan konsumen, maka dari itu jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit.

Habiat jamur 

Jamur dapat hidup di berbagai habitat yang diklasifikasikan seperti perairan atau daratan, di tanah, air, dan pada tanaman atau hewan. 
Cara hidup jamur lainnya adalah melakukan simbiosis mutualisme. Jamur yang hidup bersimbiosis, selain menyerap makanan dari organisme lain juga menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat bagi simbionnya. Simbiosis mutualisme jamur dengan tanaman dapat dilihat pada mikoriza, yaitu jamur yang hidup di akar tanaman kacang-kacangan atau pada liken.  Jamur berhabitat pada bermacam-macam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air.Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes. Jamur dibedakan menjadi 4 divisio, yaitu Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota.

Fungsi jamur adalah sebagai zat pengurai, menyerap zat terkandung dalam tanaman bahkan menghasilkan racun. Ketika jamur mengambil nutrisi dari organisme yang masih hidup, jamur biasanya akan dianggap sebagai parasit. Jamur itu sangat mudah beradaptasi, mereka bisa berkembang dalam lingkungan yang  berbeda-beda  di seluruh dunia.
Jamur paling banyak ditemukan di tempat yang memiliki kelembapan tinggi. Tapi banyak jamur lain yang hidup di tempat tertentu.

Beberapa jamur hidup di gurun, Jamur lain hidup di ventilasi hidrotermal di bawah permukaan laut. jamur mikoriza hidupr dalam tanah dan keuntungan nutrisi dari akar tanaman atau sisa-sisa tanaman yang membusuk. jamur lain yang ditemukan di dalam tanah (dikenal sebagai ruderals) mengumpulkan nutrisi dari air hujan. Beberapa jamur, seperti jamur cetakan, berkembang dengan baik dalam tempat yang  gelap.
Baca Juga:  

Kesimpulan


Jamur bisa hidup dimana-mana karena mereka bisa beradaptasi terhadap lingkungan dengan sangat baik ini juga tergantung jenis jamurnya. Ada yang hidup di gurun, di bawah air, di atas tana, di bawah tanah,  di tempat gelap minim cahaya, di hutan, di bagian tubuh hewan atau tumbuhan lain dan tempat lainnya

0 Response to "Macam Macam Habitat Jamur ( Artikel Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel