Pengertian Sekolah Meliputi Fungsi, Unsur - Unsurnya dan Jenjang Pendidikan di Sekolah

Pengertian Sekolah

Pengertian sekolah sendiri adalah suatu lembaga yang memang dirancang khusus untuk pengajaran para murid (siswa) di bawah pengawasan para guru. Kebanyakan dalam sebuah negara mempunyai model sistem pendidikan formal yang mana hal ini sifatnya wajib. Selain itu sistem ini jugalah yang membuat para siswa bisa mengalami kemajuan dengan melalui serangkaian sekolah tersebut.


Adapun nama dari masing-masing sekolah juga bervariasi berdasarkan negara itu sendiri, namun kebanyakan sekolah dasar untuk anak-anak muda sementara sekolah menengah untuk para remaja yang sudah menyelesaikan pendidikan dasar mereka. Sekolah yang pada dasarnya sebagai sarana untuk melaksanakan pendidikan memang diharapkan bisa menjadikan masyarakat yang lebih maju, oleh sebab itu sekolah sebagai pusat dari pendidikan harus bisa melaksanakan fungsinya dengan optimal dan perannya bisa menyiapkan para generasi muda sebelum mereka terjun di dalam proses pembangunan masyarakat.


Dengan melalui sumber daya sekolah, seluruh lapisan masyarakat bisa melatih dirinya untuk menjadi warga masyarakat sekaligus warga sosial yang terus meningkatkan sikap baru, ilmu pengetahuan dan keterampilannya dalam mencapai taraf hidup yang jauh lebih baik lagi. Di sana pulalah nilai kehidupan masyarakat dan pribadi, peluang pengembangan diri serta peningkatan produktivitas bisa di gali dan kemudian dikembangkan. Di samping itu keberadaan suatu sekolah setidaknya bisa diartikan sebagai center of excellence terbentuknya karakter masyarakat yang lebih kritis dan juga mempunyai keterampilan untuk jauh lebih berkembang. Konteks ini maksudnya sekolah bisa memberikan nilai lebih untuk semua pihak, mulai dari wali murid dan juga masyarakat yang ada di sekitar sekolah tersebut. Mengingat fakta mengenai peranan sekolah, maka kita juga perlu revitalisasi akan makna strategis sekolah. Selain itu pengertian sekolah juga harus dimaknai secara luas sehingga kesan yang diberikan mempunyai misi untuk mendidik para siswanya menjadi insan yang kamil.


Adapun jenis dan ukuran sekolah juga bervariasi tergantung dari tujuan penyelenggara pendidikan dan sumber dayanya. Mungkin sebuah sekolah bisa sangat sederhana ataupun sekolah dengan kompleks bangunan yang sangat besar serta sarana dan prasarana yang lengkap, hal ini tentu bisa mempengaruhi mutu dan juga kualitas dalam kegiatan belajar mengajar. Itulah pengertian sekolah yang perlu untuk anda pahami. 


Unsur-Unsur Sekolah

Mengacu pada pengertian sekolah di atas, lembaga pendidikan ini terdiri dari beberapa unsur penting di dalamnya. Adapun unsur-unsur sekolah adalah sebagai berikut:

1. Bangunan Sekolah

Sebagian besar kegiatan belajar dan mengajar dilakukan di dalam bangunan sekolah. Adapun beberapa bagian dari sekolah tersebut terdiri dari;
  • Kelas
  • Perpustakaan sekolah
  • Ruang laboratorium sekolah
  • Kantor guru
  • Toilet siswa dan guru
  • Kantin sekolah
  • Dan lain-lain

2. Murid/ Siswa

Murid atau siswa merupakan unsur sekolah yang paling utama. Murid adalah peserta didik yang akan mendapatkan pengajaran dari para tenaga pendidik.

3. Guru/ Pengajar

Guru atau tenaga pengajar adalah unsur sekolah yang sangat penting karena tanpa adanya guru maka proses belajar-mengjar tidak akan terjadi. Tenaga pengajar tersebut harus memenuhi kualifikasi tertentu agar dapat memberikan pengajaran kepada para peserta didik.

4. Peraturan Sekolah

Peraturan sekolah adalah semua aturan yang ditetapkan oleh sekolah tertentu dimana tujuannya untuk memberikan batasan aturan kepada para peserta didik, tenaga pengajar, dan unsur sekolah lainnya.


Fungsi Sekolah

  1. Mempersiapkan Peserta Didik Suatu Pekerjaan
Bagi para peserta didik yang telah lulus untuk menempuh pendidikannya, maka diharapkan sanggup untuk mendapatkan bahkan  membuka lapangan pekerjaan tertentu. Jika memang belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda, maka setidaknya anda memiliki kemampuan dasar dalam menjamin keberlangsungan hidupnya. Semakin tinggi tingkat pendidikannya, maka seseorang tersebut diharapkan mampu memiliki pekerjaan yang lebih baik pekerjaan yang diperolehnya.
  1. Memberikan Keterampilan Dasar
Sekolah mampu memberikan keterampilan dasar bagi para pendidik berupa membaca, menulis dan juga berhitung. Untuk itu sangat dibutuhkan tiga hal tersebut dalam kehidupan manusia. Sebab manusia tidak akan terlepas dari hal tersebut, apalagi bagi mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan yang baik.
  1. Memberikan Pengetahuan Umum
Ketika kita menempuh pendidikan, maka tentunya kita akan diberikan ilmu yang mungkin selama ini kita tidak pernah tahu sebelumnya, maka dari itu dengan kita mengecap pendidikan maka ilmu yang kita dapat pun akan bertambah. Maka dari itu jangan lelah untuk terus bersekolah, karena dari situ kehidupan anda akan menjadi lebih baik.


Jenjang Pendidikan di Sekolah

Tahapan pendidikan di sekolah ialah jenjang atau juga urutan pendidikan yang didapatkan oleh peserta didik dengan berdasarkan tingkat perkembangan, tujuan yang akan dicapai, serta juga kemampuan yang dikembangkan.
Sesuai dengan pengertian sekolah di atas. Dibawah ini merupakan beberapa tahapan pendidikan di sekolah diantaranya sebagai berikut :

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

PAUD merupakan pendidikan serta pembinaan yang diberikan kepada anak sejak lahir hingga berusian enam tahun. Pendidikan tersebut diberikan kepada anak usia dini guna membantu tumbuh kembang jasmani serta juga rohani anak menuju jenjang pendidikan berikutnya.

2. Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar merupakan tahapan pendidikan awal selama sembilan tahun, yakni Sekolah Dasar (SD) selama enam (6) tahun serta juga Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 3 tahun.
Pendidikan dasar sembilan tahun itu ialah bentuk Program Wajib Belajar yang dirancangkan oleh pemerintah Indonesia.

3. Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah merupakan tahapan pendidikan berikutnya setelah pendidikan dasar sembilan tahun. Pendidikan menengah ini umumnya disebut dengan sebutan Sekolah Menengah Atas (SMA). Waktu belajarnya ialah selama tiga (3) tahun.

4. Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi ini merupakan tahapan pendidikan tingkat lanjutan setelah selesai pendidikan menengah serta diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Dibawah ini merupakan beberapa program pendidikan yang termasuk dalam pendidikan tinggi diantaranya ;
  1. Diploma
  2. Sarjana
  3. Magister
  4. Doktor
Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Sekolah, Fungsi, Unsur, Beserta Jenjangnya, semoga apa yang dipaparkan mengenai Pengertian Sekolah dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Sekolah
  • pengertian sekolah pdf
  • pengertian sekolah menurut para ahli
  • pengertian sekolah menurut kemendikbud
  • pengertian sekolah menurut kbbi
  • makalah pengertian sekolah
  • pengertian sekolah menurut undang-undang
  • pengertian sekolah kerja
  • fungsi sekolah

0 Response to "Pengertian Sekolah Meliputi Fungsi, Unsur - Unsurnya dan Jenjang Pendidikan di Sekolah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel