Pengertian Promosi Menurut Para Ahli, Tujuan, Jenis, dan Contohnya
Wednesday, 8 January 2020
Add Comment
Promosi adalah aktivitas komunikasi yang
di lakukan oleh pemilik produk atau jasa yang di berikan kepada
masyarakat yang memiliki tujuan untuk produk atau jasa, nama perusahaan,
dan merek dapat di kenal dengan masyarakat sekaligus dapat mempengaruhi
agar masyarakat tersebut menggunakan jasa atau produk tersebut.
Promosi
berupa kegiatan dari pemasaran atau penjualan yang dalam rangka untuk
dapat mengeinformasikan dan dapat mendorong permintaan konsumen terhadap
barang atau jasa dari suatu perusahaan dengan memberikan pengeruh
kepada konsumen agar membeli produk atau jasa yang di jual oleh
perusahaan tersebut.
Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
-
Rambat Lupiyoadi (2006: 120)
Pengertian promosi menurut Rambat Lupiyoadi adalah salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk kita. -
Kotler (2000: 119)
Pengertian promosi menurut Kotler adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix” -
Gitosudarmo (2000: 237)
Pengertian promosi menurut Gitosudarmo adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudia mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. -
Sistaningrum (2002: 98)
Pengertian promosi menurut Sistaningrum adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang. -
Swastha dan Irawan (2005: 349)
Pengertian promosi menurut Swastha dan Irawan adalah arus informasi atau persuasi satu arah untuk mengarahkan seorang atau organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. -
Tjiptono (2002: 219)
Pengertian promosi menurut Tjiptono adalah bentuk komunikasi pemasaran artinya aktivitas pemasaran yang berusahan menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. -
Madura (2001: 157)
Pengertian promosi menurut Madura adalah tindakan menginformasikan atau mengingatkan tentang spesifikasi produk atau merek -
Kusmono (2001: 374)
Pengertian promosi menurut Kusmono adalah usaha yang dilakukan pasar untuk mempengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran. -
Suryana (2001: 112)
Pengertian promosi menurut Suryana adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli -
Boone dan Kurtz (2002: 129)
Pengertian promosi menurut Boone dan Kurtz adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian. -
Boyd (2000: 65)
Pengertian promosi menurut Boyd adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan -
Swastha (2000: 22)
Pengertian promosi menurut Swastha adalah promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mempengaruhi seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. -
KBBI (Kamus Besar bahasa Indonesia)
Pengertian promosi menurut KBBI adalah kegiatan komunikasi untuk meningkatkan penjualan dengan pameran, periklanan, demontrasi, dan usaha lain yang bersift persuasif. -
Stanton (1993)
Pengertian promosi menurut Stanton adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai -
Saladin (2003)
Pengertian promosi menurut Saladin adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didaya gunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan. -
Zimmerer (2002)
Pengertian promosi menurut Zimmerer adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publistas, penjualan perorangan dan periklanan. -
Marwan Asri (1991)
Pengertian promosi menurut Marwan Asri adalah salah satu bagian dari marketing mix yang besar peranannnya. Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan -
Ratih Hurriyati
Pengertian promosi menurut Ratih Hurriyati adalah salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mengenal ataupun mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. -
American Marketing Association (AMA)
Pengertian promosi menurut AMA yang dikutip dari bukunya Sustina (2003) adalah Sales promotion is media and non media marketing pressure applied for a predetermined, limited period of time in order to stimulate trial, increase consumer demand, or improve product quality. Promosi adalah upaya pemasaran yang bersifat media dan non media untuk merangsang coba-coba dari konsumen, meningkatkan permintaan dari konsumen atau untuk memperbaiki kualitas produk.
Tujuan Promosi
Tujuan
dari promosi sangatlah mengeuntungkan bagi perusahaan tersebut. Untuk
dapat mengerti tentang tujuan promosi akan di jelaskan sebagai berikut:
1. Menyebarkan informasi tentang produk atau jasa kepada pasar.
2. Memperoleh konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama.
3. Meningkatkan penjualan.
4. Memberikan perbedaan terhadap barang atau jasa yang menjadi saingannya.
5. Memberikan citra yang baik kepada para konsumen tentang perusahaan tersebut.
Strategi Promosi
Strategi promosi ditentukan oleh rencana dan taktik
yang akan diterapkan dalam rencana pemasaran, dengan strategi promosi
diharapkan bisa meningkatkan permintaan akan produk atau layanan yang
dimiliki. Strategi promosi
memainkan peran penting dalam teknik pemasaran (produk, harga,
penempatan & promosi). Dalam strategi promosi terdapat 3 hal utama
yang berperan dalam kesuksesan suatu promosi :
- Target Pemasaran – untuk siapa produk dijual dan apa minat konsumen.
- Anggaran – berapa banyak yang ingin diinvestasikan.
- Rencana – metode apa yang akan diterapkan dan bagai mana langkah langkahnya untuk bisa mencapai tujuan dan menghasilkan keuntungan.
Macam Jenis Bentuk Promosi
1, Personal Selling
Menurut Philip Kotler yang merupakan seorang penulis,
konsultan, dan profesor pemasaran Amerika, personal selling merupakan
bentuk penjualan (penawaran) yang dilakukan seseorang kepada satu atau
lebih calon pelanggan, dengan metode atau tehnik percakapan atau
pembicaraan.
Dari definisi diatas, secara garis besar dapat kita simpulkan bahwa bentuk promosi personal selling adalah jenis promosi
yang diaplikasikan dengan cara melakukan dialog atau percakapan dengan
calon pembeli. Dengan tujuan akhir, barang atau produk yang ditawarkan
dapat laku terjual. Jenis promosi ini bisa dibilang adalah metode
pemasaran yang sangat cepat mendapatkan respon. Karena apabila dialog
dapat dilakukan dengan baik, maka calon pembeli dapat langsung mengambil
keputusan untuk membeli apa yang kita tawarkan ataupun tidak.
2. Sales Promosi
Sales Promosi atau Promosi
penjualan adalah salah satu bentuk promosi atau pemasaran yang
dilakukan dengan tujuan memberi stimulan kepada calon pembeli untuk mau
membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. Pengaplikasian metode
promosi ini biasanya menggunakan beberapa alat dan komponen pendukung,
seperti: Produk sampel, Voucher, Undian, Penawaran CashBack, Premi,
discount, dan lain lain.
3. Publicity
Publicity adalah bentuk pemasaran yang dilakukan dengan
metode publikasi produk atau jasa atau apapun melalui media media
publik seperti: Televisi, ataupun radio (tanpa sponsor). Dalam beberapa
kondisi, jenis promosi ini juga biasa dilakukan melalui dialog terbuka, seperti : jumpa pers atau pemberian penyuluhan.
Mengadakan
promosi di perusahaan memang sangat penting karena mempengaruhi dari
hisal penjualan suatu produk atau barang dan tentunya itu sangat
berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan maka
dari itu biaya promosi sangat mahal dan memang mempunyai pengaruh sangat
besar bagi penjualan. Strategi promosi perusahaan sering digunakan
sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan
barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang
diperoleh. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam
merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan
promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon
konsumen.
Promosi adalah
sebuah usaha untuk menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen
agar nantinya tertarik untuk melakukan pembelian, berikut ini beberapa
manfaat promosi yang perlu Anda ketahui:
-
Customer Loyalty; Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak beralih ke produk kompetitor.
-
Media Komunikasi; Promosi akan dapat membantu sebuah perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi yang ingin disampaikan kepada para konsumen dan calon konsumennya.
-
Pertahanan; Promosi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan citra dari serangan-serangan agresif para kompetitor sebuah perusahaan.
-
Trial and Repeat Buying; Dengan melakukan promosi, akan meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan untuk terus mendapatkan pembeli baru dan juga pembeli berulang.
-
Mengadakan promosi di perusahaan memang sangat penting karena mempengaruhi dari hisal penjualan suatu produk atau barang dan tentunya itu sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan maka dari itu biaya promosi sangat mahal dan memang mempunyai pengaruh sangat besar bagi penjualan. Strategi promosi perusahaan sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen.Promosi adalah sebuah usaha untuk menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen agar nantinya tertarik untuk melakukan pembelian, berikut ini beberapa manfaat promosi yang perlu Anda ketahui:
-
Customer Loyalty; Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak beralih ke produk kompetitor.
-
Media Komunikasi; Promosi akan dapat membantu sebuah perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi yang ingin disampaikan kepada para konsumen dan calon konsumennya.
-
Pertahanan; Promosi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan citra dari serangan-serangan agresif para kompetitor sebuah perusahaan.
-
Trial and Repeat Buying; Dengan melakukan promosi, akan meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan untuk terus mendapatkan pembeli baru dan juga pembeli berulang.
-
Membangun Merek; Seperti yang sudah disebut diawal artikel, promosi berfungsi untuk meningkatkan Brand Awareness, dan juga dengan semakin tingginya tingkat Brand Airing, akan membuat sebuah produk dapat menjadi Top of Mind di masyarakat.
-
Contoh Promosi
Bila kita amati dengan seksama, ada banyak sekali bentuk atau aktivitas promosi yang bisa kita temui sehari hari. Aktivitas promosi
saat ini bisa kita temui hampir disetiap tempat, mulai dari dunia
nyata, hingga dunia maya. Berikut dibawah ini beberapa contoh dari
kegiatan promosi.
1. Promosi yang Dilakukan Pihak Provider Seluler
Isi pulsa berapa pun hari ini, Anda akan mendapat bonus nelpon ke semua operator dan kuota 100GB selama satu minggu (7×24 jam).
2. Promosi yang Dilakukan Pihak Toko Sport
Beli dua kaos Adidas, gratis 1 botol minuman untuk olahraga.
3. Promosi yang dilakukan Pihak Restoran atau Rumah Makan
Khusus Hari Ini!! Diskon 50% untuk semua menu, bagi anda yang sudah mengikuti upacara 17 Agustus.
Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Promosi
- pengertian promosi online
- manfaat promosi
- tujuan promosi penjualan
- fungsi promosi
- sasaran promosi
- jenis jenis promosi
- pengertian promosi online menurut para ahli
- media promosi
0 Response to "Pengertian Promosi Menurut Para Ahli, Tujuan, Jenis, dan Contohnya"
Post a Comment