Pengertian Kompensasi Meliputi Jenis dan Tujuan Kompensasi dalam Perusahaan

Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli

  1. Anwar Prabu Mangkunegara (2001: 83)

    Pengertian kompensasi menurut Anwar Prabu Mangkunegara adalah sesuatu yang dipertimbangkan sebagai suatu yang sebanding. Dalam kepegawaian, hadiah yang bersifat uant merupakan kompensasi yang diberikan kepada pegawai sebagai penghargaan dari pelayanan mereka.
  2. Agus Sunyoto (2008: 69)

    Pengertian kompensasi menurut Agus Sunyoto adalah konsep yang lebih luas, kompensasi adalah semua bentuk kembalian atau imbalan (return) finansial, jasa-jasa berwujud dan tujuan-tujuan yang diperoleh sebagai dari sebuah hubungan kepegawaian.
  3. Hasibuan (2003: 117)

    Pengertian kompensasi menurut Hasibuan adalah pengeluaran dan biaya bagi perusahaan.
  4. Mutiara S. Panggabean (2004: 75)

    Pengertian kompensasi menurut Mutiara S. Panggabean adalah setiap bentuk penghargaan yang diberikan karyawan sebagai balas jasa atas kontribusi yang mereka berikan kepada organisasi.
  5. Wibowo (2007: 461)

    Pengertian kompensasi menurut Wibowo adalah kontrak prestasi terhadap penggunaan tenaga atau jasa yang telah diberikan oleh tenaga kerja.
  6. Gary Dessler (1997: 85)

    Pengertian kompensasi menurut Gary Dessler adalah setiap bentuk pembayaran atau imbalan yang diberikan kepada karyawan dan timbul dari diperkerjakannya karyawan itu.
  7. Husein Umar (2007: 16)

    Pengertian kompensasi menurut Husein Umar adalah segala sesuatau yang diterima oleh pegawai berupa gaji, upah, insentif, bonus, premi, pengobatan, asuransi dan lain-lain yang sejenis yang dibayar langsung perusahaan
  8. Sedarmayanti (2011: 239)

    Pengertian kompensasi menurut Sedarmayanti adalah segala sesuatu yang diterima oleh karyawan sebagai balas jasa kerja mereka
  9. Veithzal Rivai (2008: 357)

    Pengertian kompensasi menurut Veithzal Rivai adalah sesuatu yang diterima karyawan sebagai pengganti kontribusi jasa mereka pada perusahaan.
  10. Malayu S.P. Hasibuan (2002: 54)

    Pengertian kompensasi menurut Malayu S.P Hasibuan adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan.
  11. Andrew Dikutip oleh A.A Anwar Prabu Mangkunegara (2009: 83)

    Pengertian kompensasi menurut Andrew adalah sesuatu yang dipertimbangkan sebagai suatu yang sebanding.
  12. Ardana (2012: 153)

    Pengertian kompensasi menurut Ardana adalah segala sesuatu yang diterima oleh karyawan sebagai balas jasa atas kontribusinya kepada perusahaan atau organisasi
  13. Sastrohadiwiryo Dalam Buku Yuniarsih (2011: 125)

    Pengertian kompensasi menurut Sastrohadiwiryo adalah imbalan saja atau balas jasa yang diberikan perusahaan kepada para tenaga kerja, karena para tenaga kerja tersebut telah memberikan sumbangan tenaga dan pikiran meraka demi kemajuan perusahaan guna mencapai tujuan yang ditetapkan.
  14. Wikipedia

    Pengertian kompensasi menurut Wikipedia adalah segala sesuatau yang diterima dapat berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan kepada seseorang yang umumnya merupakan objek yang dikecualikan dari pendapatan.
  15. Cardoso

    Pengertian kompensasi menurut Cardoso adalah segala sesuatu yang diterima oleh pekerja sebagai balas jasa atas kerja keras mereka.
  16. Marihot

    Pengertian kompensasi menurut Marihot adalah keseluruhan balas jasa yang diterima oleh karyawan sebagai akibat dari pelaksanaan pekerjaan dalam organisasi dalam bentuk uang atau lainnya yang dapat berupa gaji, bonus, upah, insentif, dan tunjangan lainnya seperti tunjangan hari raya, kesehatan, uang makan, uang cuti, dan sebagainya.
  17. S. Mangkuprawira

    Pengertian kompensasi menurut S. Mangkuprawira adalah sesuatu yang diterima karyawan sebagai imbalan dari kontribusi jasa mereka pada organisasi atau perusahaan.
  18. Handoko Dalam Septawan (2014: 5)

    Pengertian kompensasi menurut Handoko adalah segala sesuatu yang diterima oleh pekerja sebagai balas jasa atas kerja mereka
  19. Daft (2000:536)

    Pengertian kompensasi menurut Daft kompensasi mengacu kepada semua bentuk balas jasa uang dan semua barang atau komoditas yang digunakan sebagai balas jasa uang kepada karyawan.
  20. William B. Wearther dan Keith Davis Dalam Hasibuan (2003:119)

    Pengertian kompensasi menurut William B. Wearther dan Keith Davis compensation is what employee receive in exchange of their work. Whether hourly wages or periodic salaries, the personnel department usually designs and administers employee compensation
  21. Yani (2012:139)

    Pengertian kompensasi menurut Yani adalah bentuk pembayaran dama bentuk menfaaat dan insentif untuk memotivasi karyawan agar produktivitas kerja semakin meningkat.


 

Terminologi Kompensasi 

Beberapa terminologi dalam kompensasi :
  1. Upah/gaji. Upah (wages) biasanya berhubungan dengan tarif gaji perjam (semakin lama kerjanya, semakin besar bayarannya). Upah merupakan basis bayaran yang kerap digunakan bagi pekerja-pekerja produksi dan pemeliharaan. Sedangkan gaji (salary) umumnya berlaku untuk tarif mingguan, bulanan atau tahunan.
  2. Insentif, (incentive) merupakan tambahan-tambahan gaji diatas atau diluar gaji atau upah yang diberikan oleh organisasi. Program-program insentif disesuaikan dengan memberikan bayaran tambahan berdasarkan produktivitas, penjualan, keuntungan-keuntungan atau upaya-upaya pemangkasan biaya.
  3. Tunjangan (Benefit). Contoh-contoh tunjangan seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, liburan-liburan yang ditanggung perusahaan, program pensiun dan tunjangan-tunjangan lainnya yang berhubungan dengan kepegawaian.
  4. Fasilitas (Facility) adalah kenikmatan/fasilitas seperti mobil perusahaan, keanggotaan klub, tempat parkir khusus.



Dampak Positif

Adanya kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan tentu menimbulkan dampak positif yang mampu memberikan keuntungan, baik untuk perusahaan maupun karyawan. Nah, berikut ini dampak positif yang bisa perusahaan atau organisasi dapatkan:
  1. Membuat karyawan terpacu untuk selalu berprestasi dan bekerja dengan giat. 
  2. Dapat menjadi daya tarik juga bagi para pencari kerja yang berkualitas. 
  3. Citra perusahaan tampak lebih baik dibanding kompetitor. 
  4. Perusahaan bisa mendapatkan pekerja berkualitas. 
  5. Memudahkan proses administrasi dan aspek hukum yang ada.



Tujuan Kompensasi dari Perusahaan untuk Karyawan

Selain dampak-dampak positif yang bisa perusahaan dapatkan, tentu perusahaan juga memiliki tujuan dalam memberikan kompensasi kepada karyawannya. Apa saja tujuannya? Simak ulasannya di bawah ini: 

1. Mempertahankan Karyawan Berprestasi yang Sudah Ada

Tujuan pertama adalah mempertahankan karyawan yang dianggap potensial dan berkualitas untuk bisa tetap bekerja. Hal tersebut juga berguna untuk mencegah tingkat perputaran kerja karyawan yang tinggi. 

2. Mendapatkan Karyawan yang Berkualitas

Salah satu cara agar sebuah perusahaan atau organisasi mendapatkan karyawan atau calon pelamar yang berkualitas adalah dengan memberikan tingkat kompensasi yang cukup kompetitif dibandingkan dengan perusahaan/organisasi lain.

3. Menjamin Adanya Keadilan dalam Perusahaan

Tujuan lainnya adalah menjamin terpenuhinya keadilan dalam hubungan antara manajemen dan karyawan. Ini juga bertujuan sebagai balas jasa organisasi atas apa saja yang sudah dilakukan atau diabdikan seorang karyawan kepada perusahaan. Jadi, keadilan dalam pemberian upah, bonus, insentif, dll dalam perusahaan mutlak dipertimbangkan oleh perusahaan.

4. Mengefisiensi Biaya

Tujuan yang satu ini dimaksudkan, jika sebuah perusahaan merencanakan atau mengadakan program kompensasi yang rasional, maka akan membantu perusahaan atau organisasi tersebut mendapatkan dan mempertahankan sumber daya manusia pada tingkat biaya yang layak. Dengan upah, insentif, bonus, dll yang kompetitif, perusahaan akan memperoleh keseimbangan dari etos kerja karyawan yang meningkat. 

5. Memenuhi Administrasi Legalitas

Dalam administrasi kompensasi yang seharusnya ada di setiap perusahaan juga terdapat batasan legalitas yang diatur oleh pemerintah dalam sebuah undang-undang. Jadi, pengadaan administrasi ini dalam sebuah perusahaan juga bertujuan untuk memenuhi administrasi legalitas.

6. Memicu Adanya Perubahan Perilaku dan Sikap yang Semakin Baik

Tujuan yang diharapkan perusahaan dari adanya kompensasi yang layak dan adil kepada karyawan adalah karyawan dapat memiliki sikap dan perilaku yang baik dan dapat menguntungkan serta mempengaruhi produktivitas kerja. Kerja yang baik, kesetiaan, pengalaman, tanggung jawab dan perilaku-perilaku lainnya yang dapat meningkat berkat dihargai melalui fasilitas yang efektif dari perusahaan/organisasi. 



Jenis-Jenis Kompensasi

Selanjutnya, kompensasi berdasarkan jenisnya dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
  1. Kompensasi finansial langsung, yaitu gaji atau upah yang dibayarkan karena kewajiban atau pokok, misalnya bayaran pokok, bayaran intensif berupa bonus dan komisi.
  2. Kompensasi finansial tak langsung, yaitu kompensasi dalam bentuk bayaran diluar kewajiban. Perusahaan berhak memberikan atau tidak memberikan kompensasi tambahan ini bagi karyawannya kecuali jika memang dibutuhkan seperti cuti kehamilan.
  3. Kompensasi non financial, yaitu kompensasi yang diberikan hanya jika anggota mampu menyelesaikan pekerjaan tantangan dan bisa mencapai target perusahaan dengan cara inovatif.


Melalui kompensasi, bagaimana suatu bisnis atau perusahaan dapat dikatakan mampu mencapai keberhasilan suatu sistem yang sudah dibuat? Apa kriterianya? Suatu perusahaan bisa dikatakan berhasil dalam mencapai sistem hanya jika mencapai berikut ini:
  • Perusahaan mampu mempertahankan individu-individu yang berkompeten dan berkualitas
  • Perusahaan mampu mencapai target dan tujuan lebih cepat dari yang direncanakan
  • Memberikan spektrum yang lebih luas terhadap perilaku dari seluruh anggota perusahaan
  • Tercapainya keadilan atau persamaan bagi seluruh karyawan tanpa adanya ketimpangan
  • Sesuai dengan ketentuan peraturan dalam suatu wilayah (misalnya UMR).


 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Kompensasi
  • bentuk kompensasi
  • makalah kompensasi
  • manfaat kompensasi
  • kompensasi finansial
  • tujuan manajemen kompensasi
  • pengertian kompensasi dan ruang lingkup kompensasi
  • pengertian kompensasi dan tunjangan
  • pertanyaan tentang kompensasi

0 Response to "Pengertian Kompensasi Meliputi Jenis dan Tujuan Kompensasi dalam Perusahaan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel