SafelinkU | Shorten your link and earn money

Cara Menemukan Informasi dalam Kamus Lengkap

Menemukan Informasi dalam Kamus. Membaca memindai adalah cara membaca untuk mencari langsung hal yang ingin diketahui. Biasanya cara membaca memindai digunakan untuk mencari nomor telepon dalam Buku Petunjuk Telepon. Selain itu, juga digunakan untuk membaca daftar menu makanan, daftar acara televisi, jadwal perjalanan kereta atau pesawat, mencari kata dalam kamus atau ensiklopedi, dan sebagainya. Apabila da kata yang belum anda ketahui carilah kata-kata tersebut dalam kamus atau ensiklopedi.

Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata. Kamus/Ensiklopedi  berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Selain menerangkan maksud kata, kamus juga mungkin mempunyai pedoman sebutan, asal-usul sesuatu perkataan dan juga contoh penggunaan bagi sesuatu perkataan.

Ensiklopedi merupakan sejumlah tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.Langkah-langkah untuk menemukan makna kata dalam kamus ataupun ensiklopedi adalah sebagai berikut:
  • Perhatikanlah huruf awal dari kata yang hendak kamu ketahui maknanya kemudian carilah di kamus pada urutan huruf tersebut. Misal kita mau mencari makna "candi" maka carilah urutan kata-kata yang berawalan huruf "c"
  • Perhatikan suku kata pertama kata tersebut. Suku kata pertama pada kata "candi" adalah "ca", maka temukan urutan kata dengan suku kata pertama "ca". Demikian seterusnya. Jikakamu berhasil menemukan kata yang kamu cari maka kamu akan mengetahui maknanya.




Perhatikan Gambar hasil pencarian untuk kata "candi" berikut ini
Anda juga bisa mencari arti kata yang lain dalam kamus. Misalnya kata 'pakar' :


Penelusuran yang terkait dengan Cara Menemukan Informasi dalam Kamus

  • menentukan informasi yang diperlukan dan cara mencari informasi halaman 160
  • cara menemukan informasi penting dari suatu teks
  • bagaimana cara menemukan informasi dalam bacaan
  • cara menemukan informasi secara cepat dan implementasinya
  • jelaskan cara menemukan informasi penting dalam sebuah bacaan
  • jelaskan cara menemukan informasi dalam sebuah bacaan
  • langkah-langkah menemukan informasi penting dalam teks cerita sejarah
  • menemukan informasi dari buku telepon

0 Response to "Cara Menemukan Informasi dalam Kamus Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel