Belajar Bahsa Indonesia : Cara Melengkapi Cerita Rumpang

Melengkapi Cerita Rumpang. Cerita rumpang adalah cerita yang belum selesai atau cerita yang belum lengkap. Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) merupakan bagian menulis cerita (narasi). Narasi adalah cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa. cerita ini berusaha menyampaikan serangkaian kejadian menurut urutan terjadinya (kronologi), dengan maksud memberi arti kepada sebuah kejadian atau serentetan kejadian, dan agar pembaca dapat memetik hikmah dari cerita itu.

Sebuah cerita terdiri dari beberapa paragraf-paragraf yang saling terkait, jika dihilangkan beberapa kalimat dari paragraf itu maknanya tidak akan utuh. Dalam melengkapi cerita rumpang, harus disesuaikan dengan isi cerita atau kalimat sebelum atau sesudahnya agar cerita menjadi padu. Untuk melengkapi cerita rumpang, bisa ditambahkan tokok-tokoh cerita yang bisa kamu buat sendiri.


Perhatikan contoh cerita rumpang berikut ini :
Kegiatan Keluarga Angga
Angga adalah anak (1)_______ di kelasnya. Selain (2)____, ia juga patuh kepada orang tuanya. Ia disenangi teman-temannya karena (3)____dan (4)_____. (5)______ adalah ayah Angga. Ia seorang (6)_________. Angga mempunyai adik yang bernama (7)________. Pak Abas mempunyai pekerjaan sampingan, yaitu memelihara (8)____ di (9)_____. Setiap pagi Angga rajinmembantu ayahnya untuk (10)_____ dan (11) _____. Anggi membantu (12)_____ dan (13)______. Tepat pukul (14)_____ mereka sarapan bersama di (15)_____, kemudian Angga dan adiknya berangkat ke (16)______. Siang hari Angga dan Anggi pulang dari (17)______. Mereka segera(18)______ dan mencuci (19)______. Mereka menunggu (20)_____ pulang dari(21)______, lalu (22)______ siang bersama.

Untuk dapat melengkapi cerita rumpang di atas dapat ditambahkan kata-kata berikut :
(1) terpandai, (2) pandai, (3) rajin, (4) tidak sombong, (5)Pak Midun, (6) Guru, (7) Anggi, (8) ayam, (9) itik, (10) memberi makan, (11) mengumpulkan telur, (12) memberi makan, (13) mengumpulkan telur, (14) 06.30, (15) ruang makan, (16) sekolah (17) sekolah, (18)menyapu, (19) piring, (20) Ayah, (21) Sekolahan, (22) mereka.

Contoh 2
Menanam Padi
Menanam Padi
Sebelum mengolah lahan sawahnya, para petani membuat tempat persemaian. Tempat persemaian ini dibuat di atas sebagian petak sawah. Tujuannya agar setelah lahan siap, benih telah cukup umum untuk ditanam.

Selanjutnya, petani menyebar....(1). Setelah menyebar benih, petani mengolah tanah agar siap ditanami. ..............(2).

Selanjutnya, petani memindahkan bibit persemaian ke lahan sawah. .............(3)

(1) benih padi
(2) Tanah dibajak dengan traktor, dan diberi air secukupnya
(3) Penanaman bibit diatur dengan tali supaya lurus, sehingga padi tumbuh dengan baik. Tanaman harus diberi pupuk agar tumbuh dengan subur.

Contoh 3
Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf ini adalah…

........................................ Ia begitu terkejut ketika daun pintu terbuka, seorang lelaki berwajah buruk tiba-tiba berdiri di hadapannya. Tanpa berpikir panjang ia langsung mengayunkan tinjunya ke arah perut lelaki misterius itu. Ia semakin terkejut karena ternyata lelaki itu tak bergeming.

Dengan tanpa curiga Anto membuka pintu.


Penelusuran yang terkait dengan Cara Melengkapi Cerita Rumpang

  • contoh cerita rumpang
  • soal melengkapi cerita rumpang kelas 2 sd
  • melengkapi cerita rumpang kelas 3 sd
  • menelaah hasil melengkapi cerita fantasi
  • melengkapi cerita rumpang kelas 7
  • contoh soal melengkapi cerita kelas 2 sd
  • prinsip dan contoh cara melengkapi cerita fantasi
  • soal cerita rumpang kelas 4 sd

0 Response to "Belajar Bahsa Indonesia : Cara Melengkapi Cerita Rumpang "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel