SafelinkU | Shorten your link and earn money

Pengertian Biotik Komponen Beserta Penjelasannya

Kampungilmu.web.id - Komponen biotik adalah bagian dari ekosistem. Mereka terdiri dari semua organisme seperti tanaman, hewan dan berbagai mikroorganisme. Berdasarkan fungsinya dalam ekosistem, komponen biotik dikelompokkan menjadi produsen, konsumen dan dekomposer

Produsen
Produsen adalah organisme yang menghasilkan makanan bagi diri mereka sendiri dan organisme lain. Semua tumbuhan dan organisme fotosintesis disebut produsen karena mereka dapat berfotosintesis. Selama fotosintesis , airdan CO2 diubah menjadi karbohidrat dan O2. Karena kemampuan mereka untuk memproduksi makanan mereka sendiri, tanaman disebut organisme autotroph.

Konsumen

Konsumen adalah organisme yang memakan organisme lain karena mereka tidak dapat memproduksi makanan sendiri. Konsumen dikategorikan ke dalam konsumen primer, konsumen sekunder dan konsumen tersier. Konsumen utama, langsung memakan produsen, contohnya kambing, zooplankton dan kelinci. Organisme yang secara tidak langsung bergantung pada produsen disebut konsumen kedua (sekunder)dan tersier.
Contoh konsumen sekunder katak, ikan kecil, burung makan cacing, kucing, sedangkan ular, elang, hiu dan harimau merupakan contoh dari konsumen tersier.


Baca Juga:

Perubahan –Perubahan Primer dan Sekunder Pada Masa Pubertas



Dekomposer
Dekomposer adalah organisme yang menguraikan bahan organik dari organisme yang mati menjadi anorganik. Bahan-bahan anorganik yang dihasilkan dari proses ini (fertilizer) menyuburkan tanah karena mereka kaya nutrisi yang dibutuhkan untuk tanah. dekomposer termasuk bakteri dan jamur. Dapatkah Anda bayangkan bagaimana bumi ini jika tanpa dekomposer ? Jika tidak ada dekomposer, bumi akan penuh tumpukan sampah dan sisa-sisa organisme.

Sumber buku:
Hewitt, paul at all. 2007. Conceptual Integrated science. United state Of America: Pearson Education, Inc

0 Response to "Pengertian Biotik Komponen Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel