SafelinkU | Shorten your link and earn money

Interaksi Biotik Dengan Abiotik ( Artikel Lengkap )

Kampungilmu.web.id - Ekosistem Tanah dan air terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Dalam ekosistem, interaksi terjadi antara komponen biotik dan abiotik dan komponen biotik antara satu dengan yang lain
Gambar interaksi antara komponen ekosistem
Dapatkah kamu menjelaskan gambar diatas?

Gambar interaksi antara komponen dalam ekosistem, matahari sebagai sumber energy dan menyerap unsure hara ditanah yang digunakan untuk tumbuhan (produsen) melakukan fotosintesis (interaksi abiotic-biotic). Produsen akan dimakan konsumen tingkat pertama sampai pada konsumen tingkat tiga (piramida makanan) membentuk rantai makanan dan  jaring-jaring makanan interaksi ini terjadi antara makluk hidup (interaksi biotic-biotic). Decomposer akan menguraikan material organic dari organism mati menjadi anorganik, sehingga dapat digunakan tanaman untuk fotosintesis.
Kita bisa melihat interaksi antara komponen biotik dan abiotik dan komponen biotik dalam ekosistem dalam siklus air berikut.
Semua organisme pada kebutuhan air bumi untuk kelangsungan hidup mereka. Air di bumi akan membentuk siklus air. Pada hari yang cerah, air laut menguap dan membentuk massa air di atmosfer.  air yang mengembun membentuk awan  yang juga mengembun dan mengakibatkan hujan, air hujan diserap oleh tanah. Kemudian, air terakumulasi ke dalam air mata air dan mengalir ke sungai dan berakhir di laut.
Gambar siklus air di bumi
Air diperlukan dalam berlangsungnya ekosistem baik ekosistem terrestrial dan akuatik , pada ekosistem terrestrial organism memerlukan air untuk minum, untuk ekskresi, dan mencerna makanan, baik pada produsen dan konsumen sedangkan pada ekosistem air, air merupakan habitat tempat tinggal organisme, baik pada air tawar dan air asin, dari penjelasan tersebut maka  air merupakan salah satu komponen abiotic dalam ekosistem yang mempengaruhi kelangsungan hidup organism.  Ini merupakan alas an mengapa kita sebagai manusia harus menjaga kebersihan air agar ekosistem tetap eksis/terjaga di bumi

Sumber dari buku:
Hewitt, paul at all. 2007. Conceptual Integrated science. United state Of America: Pearson Education, Inc

0 Response to "Interaksi Biotik Dengan Abiotik ( Artikel Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel