SafelinkU | Shorten your link and earn money

Belajar Matematika : Perkalian dan Pembagian Pecahan

kampungilmu.web.id - Selain penjumlahan dan pengurangan pada operasi hitung bilangan pecahan juga ada perkalian dan pembagian. Apabila bilangan pecahan berbeda bentuk untuk memudahkan perkalian atau pembagian pada bilangan pecahan sebaiknya ubah dahulu pecahan tersebut ke bentuk pecahan yang sama. Misalnya pecahan kita ubah ke bentuk pecahan biasa atau pecahan desimal. Hasil perkalian atau pembagian sebaiknya langsung disederhanakan. Berikut ini adalah cara melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan.

Perkalian Pecahan
Cara mengalikan dua atau lebih pecahan biasa adalah dengan mengalikan penyebut dengan penyebut dan mengalikan pembilang dengan pembilang. Pecahan dikalikan pecahan hasilnya adalah pembilang dikalikan pembilang dan penyebut dikalikan penyebut atau dalam bentuk umum :
a
xc =a + c
bdb x d

Contoh:
2
x
3=2 x 3
= 6
5
75 x 7
35

Pembagian Pecahan
Membagi pecahan biasa adalah dengan membalikkan pecahan yang jadi pembagi, yaitu pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang kemudian dikalikan . Apabila bilangan asli dibagi dengan pecahan biasa maka pembagian berubah menjadi perkalian tetapi pecahanya dibalik (penyebut menjadi pembilang dan pembilang menjadi penyebut) atau dalam bentuk umum :


a : 
b = a x  c

cb
Contoh :

4

:
2 =  4 x  3
=  12
 =  6
5
35 x 2
105

Perkalian dan Pembagian Pecahan Berbeda Bentuk
Apabila bilangan pecahan yang akan kita kalikan/dibagi  berbeda bentuk, sebaiknya ubah dahulu pecahan tersebut ke bentuk yang sama. Pecahan bisa kita ubah ke bentuk pecahan biasa.

Contoh 1(perkalian) :

3
x  50 % =
3x 50
=150 : 50
=  3
44100
400 : 508

Contoh 2(pembagian) :
2
: 0,7  =
2 x 10
20 : 5
4
5
57
35 : 57

0 Response to "Belajar Matematika : Perkalian dan Pembagian Pecahan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel