SafelinkU | Shorten your link and earn money

Belajar Matematika : Perbandingan Senilai dan Contoh Soalnya

kampungilmu.web.id - Banyak kegiatan yang kita lakukan berhubungan dengan perbandingan, biasanya perbandingan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misal kita membandingkan banyak teman laki-laki dengan teman perempuan. Pada dasarnya perbandingan merupakan penyederhanaan pecahan. Ciri dari perbandingan senilai adalah jika banyak nilai pada suatu kelompok akan berakibat nilai atau obyek yang bersesuaian juga bertambah. Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan perbandingan, coba perhatikan contoh di bawah ini.

Secara umum perbandingan senilai ditulis sebagai berikut:




4 = 28

5a


 a   = 



5 x 28  


4
   a = 35



Contoh soal  :
5 liter bensin dapat menempuh jarak sejauh 30 km. Berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 7 liter ?
Pembahasan : 

5


=
30 , a =   30 x 7
 =  210
= 42 km
7
 a5
5
Ternyata bahwa semakin jauh jarak yang ditempuh, berakibat semakin banyak bensin yang digunakan. 
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyelesaikan perbandingan senilai, antara lain sebagai berikut :
  • Apabila dalam suatu perbandingan sudah dapat diketahui jumlahanya, maka untuk menyelesaikan soal perbandingan tersebut dapat kita lakukan dengan cara menjumlahkan perbandingan kemudian jumlah perbandingan kita jadikan penyebut untuk menentukan jumlah masing-masing.
Contoh soal :
Perbandingan banyak siswa laki-laki dan perempuan siswa kelas VI adalah 5 : 3. Jumlah seluruh siswa  40. Tentukan banyak siswa laki-laki dan perempuan !


Penyelesaian : Perbandingan siswa laki-laki dan perempuan  5 : 3 = 5+3 = 8 (8 kita jadikan penyebut untuk mencari jumlah masing-masing siswa.
Siswa laki-laki :

5


x 40  =
200 = 25, siswa perempuan   3
x 40 =  120
=  15
8
   88
8
  • Apabila dalam suatu perbandingan sudah dapat diketahui selisihnya, maka untuk menyelesaikan soal perbandingan tersebut dapat kita lakukan dengan cara mengurangkan perbandingan kemudian selisih perbandingan kita jadikan penyebut untuk menentukan jumlah masing-masing. 
Contoh soal :
Perbandingan banyak uang Agus dan uang Wawan 7 : 3. Jika diketahui selisih uang Agus dan Wawan adalah Rp. 12.000. Tentukan banyak uang masing-masing !


Penyelesaian : Perbandingan uang Agus dan Wawan 7 : 3 = 7-3 = 4 (4 dijadikan penyebut untuk mencari banyak uang masing-masing.
Uang Agus :

7


x 12.000  =
84.000 = 21.ooo, uang Wawan   3
x 12.000 =  36.000
= 9.000
4
     44
4

0 Response to "Belajar Matematika : Perbandingan Senilai dan Contoh Soalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel