Sunday, 7 October 2018

Planet Terbesar dan terkecil Di Dalam Tata Surya

Kampungilmu.web.id - Planet terbesar di dalam tata surya - Planet berasal dari bahasa yunani kuno aster planetes yang artinya adalah bintang pengelanan atau benda astronomi yang dapat mengorbitkan sebuah sebuah bintang ataupun sisa bintang yang ukurannya cukup besar untuk mendapatkan gaya gravitasi sendiri, namun hal ini tidak begitu besar guna menciptakan suatu fusi termonuklir dan juga telah membersihkan beberapa daerah yang ada di sekitar orbitnya yang telah dipenuhi oleh planetesimal.
Istilah planet pada dasarnya sudah sangat lama ada dan juga memiliki hubungan secara khusus dengan sains, agama, mitologi, dan juga sejarah. Dalam suatu peradaban kuno, planet telah dipandang sebagai suatu benda yang cukup abadi atau disebut juga sebagai perwakilan dari dewa. Namun seiring dengan adanya kemajuan dari ilmu pengetahuan, dan juga pandangan manusia pada planet telah berubah. Menurut pendapat persatuan astronomi internasional telah di sahkan suatu resolusi yang resmi dan telah mendefinisikan adanya planet di tata surya. Planet yang termasuk dalam anggota tata surya itu ada delapan buah. Dan diantara planet planet tersebut ada salah satu dari planet planet itu yang merupakan planet yang terbesar di dalam tata surya. Lalu apa nama planet terbesar di dalam tata surya tersebut? Jika anda penasaran dan ingin tahu planet terbesar di tata surya tersebut, baca lah penjelasan berikut ini.

Planet terbesar di tata surya

Sebelum di jelaskan lebih jauh tentang planet terbesar di tata surya, saya akan mengklarifikasi dulu tentang pengertian planet. Apa yang dimaksud dengan planet? Planet adalah suatu benda langit yang masuk dalam anggota tata surya. Tahukah anda jika planet planet yang ada pada tata surya itu dapat diklasifikasikan berdasarkan kriterianya masing masing. Dan tahukah anda jika planet planet tersebut tidak memiliki ukuran yang sama. jika planet planet dalam tata surya tidak memiliki ukuran yang sama, maka dapat dikatakan bahwa pada tata surya ada planet yang memiliki ukuran paling besar. Lalu apakah planet terbesar di dalam tata surya? Jika anda ingin tahu jawabanya bacalah uraian berikut.

Planet terbesar dalam tata surya

Pada uraian ini saya akan menjawab pertanyaan yang ada di atas. Jawaban dari pertanyaan yang ada di atas adalah planet jupiter. Planet jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Planet Jupiter memiliki ukuran yang sangat besar bahkan jika dibandingkan dengan gabungan dari planet planet lain yang ada pada tata surya, planet Jupiter juga masih lebih besar dibandingkan dengan gabungan planet planet tersebut. Maka dari itu sudah sangat jelas jika Jupiter merupakan planet yang terbesar di dalam tata surya. 

Baca Juga:

Alam Semesta dan TataSurya Meliputi Teori Pembentukannya

 

Urutan Planet Tata Surya Berdasarkan Ukurannya Dari Terkecil Sampai Terbesar

 Berikut ini urutan planet-planet dalam tata surya berdasarkan ukuran diameternya dari terkecil sampai terbesar.

Planet Ceres (diameter ± 950 km) 

Planet Ceres merupakan asteroida paling besar dan planet katai/kerdil dalam tata surya. Planet yang berdiameter sekitar 950 km ini ditemukan dan digolongkan menjadi suatu planet pada tahun 1801 namun pada tahun 1850 digolongkan kembali menjadi asteroida dan digolongkan menjadi planet kerdil pada tahun 2006.


Planet Haumea (diameter ± 1.436 km)

Planet Haumea dinamakan sebagai planet kerdil pada tahun 2008. Planet ini berada di sabuk Kuiper atau suatu cincin raksasa yang mirip dengan sabuk asteroida.

Planet Makemake (diameter ± 1.600 km)

Planet Makemake berada di sabuk Kuiper dan merupakan planet yang paling terang dalam sabuk Kuiper setelah Planet Pluto. Planet Makemake dinamakan sebagai planet kerdil pada tahun 2008.

Planet Pluto (diameter ± 2.300 km)

Planet Pluto merupakan planet kerdil dan memiliki bulan yang paling besar yaitu Charon. Planet ini berada di sabuk Kuiper dan ditemukan pada tahun 1930 dan digolongkan menjadi planet urutan yang ke sembilan.

Planet Eris (diameter ± 2.600 km)

Planet Eris diperdebatkan karena memiliki diameter berukuran cukup besar dibandingkan dengan planet Pluto. Planet Eris merupakan benda piringan tersebar yang paling besar dan diketahui memiliki satu bulan yaitu Dysnomia. Planet ini pun digolongkan menjadi planet kerdil.

Planet Merkurius (diameter ± 4.879 km)

Planet Merkurius adalah planet yang terdekat dengan matahari dan planet yang paling kecil dalam tata surya, ukuran massanya satu per sepuluh dari massa planet bumi.

Planet Mars (diameter ± 6.779 km)

Planet Mars berukuran lebih kecil dibandingkan dengan planet Venus dan Bumi. Planet Mars dikenal memiliki dua buah satelit yakni Deimos dan Phobos.

Planet Venus (diameter ± 12.104 km)

Planet Venus hampir mendekati ukuran planet bumi dan merupakan planet yang terpanas dengan suhu permukaan lebih dari 400°C.

Planet Bumi (diameter ± 12.742 km)

Planet bumi atau dunia atau planet biru diketahui sebagai satu-satunya planet yang terdapat peradaban kehidupan. Planet bumi memiliki hanya satu satelit yakni bulan.

Planet Neptunus (diameter ± 49.244 km)

Planet Neptunus yang massanya 17 kali massa bumi ini memiliki satelit yang paling besar yakni Triton dan 13 satelit lainnya dan berukuran lebih kecil dibandingkan dengan planet Uranus.

Planet Uranus (diameter ± 50.724 km)

Planet Uranus memiliki ukuran lebih besar daripada planet Neptunus namun massanya 14 kali massa bumi dan merupakan planet yang memiliki massa paling ringan diantara planet Neptunus, Saturnus dan Yupiter. Satelit yang mengitari Uranus terdiri dari 27 satelit.

Planet Saturnus (diameter ± 116.464 km)

Planet Saturnus memiliki massa 95 kali massa bumi dan memiliki 62 macam satelit diantara ribuan cincin yang mengelilingi planet tersebut. Salah satu satelitnya yang paling besar yakni Titan berukuran lebih besar dari planet Merkurius dan satu-satunya satelit dalam tata surya yang memiliki atmosfer.

Planet Yupiter (diameter ± 139.822 km)

Planet Yupiter adalah planet yang paling besar dalam tata surya dengan massanya 318 kali massa bumi dan memiliki 67 macam satelit, salah satunya Ganymede yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan planet Merkurius.

Related Posts

Planet Terbesar dan terkecil Di Dalam Tata Surya
4/ 5
Oleh