SafelinkU | Shorten your link and earn money

Fungsi Sosiologi Dalam Penelitian atau Bidang Riset

kampungilmu.web.id - Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan berlandaskan pada analisis serta konstruksi yang dilaksanakan secara sistematis, metodologis dan konsisten. Dan tujuan dari adanya penelitian adalah untuk mengungkapkan kebenaran yang bisa digunakan sebagai sebuah manifestasi hasrat manusia untuk bisa mengetahui apapun yang akan dihadapi di dalam kehidupan. Penelitian adalah suatu sarana bagi ilmu pengetahuan tertentu untuk kemudian dikembangkan dengan ilmu pengetahuan lainnya.  Selain itu, penelitian juga merupakan sebuah sarana bagi masyarakat untuk bisa memecahkan persoalan atau masalah yang tengah terjadi. Penelitian dibedakan atas beberapa jenis, antara lain sebagai berikut ini 

  1. Penelitian murni, penelitian ini memiliki tujuan untuk lebih mengembangkan lagi ilmu pengetahuan secara teoritis
  2. Penelitian yang terpusat ke masalah, penelitian ini bertujuan untuk bisa memecahkan masalah yang sedang terjadi atau timbul dalam perkembangan sebuah teori.
  3. Penelitian terapan, Penelitian ini bertujuan untuk bisa memecahkan masalah yang sedang timbul, atau tengah dihadapi oleh masyarakat maupun pemerintah

Sosiolog Sebagai Ahli Riset

Sebagai orang yang ahli di bidang sosiologi, para sosiolog menaruh perhatian pada fenomena-fenomea sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. Dan untuk mengkaji fenomena-fenomena tersebut, para sosiolog perlu melakukan riset untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.
 
Setelah data terkumpul, para sosiolog akan mengolah data dan menyajikannya dalam bentuk karya ilmiah sehingga dapat ditarik beberapa kesimpulan yang relevan terhadap fenomena-fenomena yang sedang terjadi.
Riset yang dilakukan tentu saja bukan demi kesenangan sosiolog semata. Dalam aplikasinya, kesimpulan-kesimpulan ataupun hipotesa baru yang muncul setelah riset akan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dalam pengambilan keputusan.

Melalui riset yang mereka lakukan, para sosiolog dapat menekan anggapan-anggapan keliru yang beredar di masyarakat tentang suatu fenomena sosial yang sedang terjadi. Dengan demikian dampak-dampak negatif yang mungkin akan timbul dapat dihindari atau diminimalisir.

Baca Juga:

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Hakikat Sosiologi Maupun Menurut Para Ahli



Fungsi Sosiologi Dalam Penelitian adalah sebuah proses untuk mengungkapkan kebenaran yang berdasarkan pada penggunaan konsep dasar yang kita kenal di dalam sosiologi sebagai sebuah ilmu, yaitu seperti kelompok sosial, interaksi sosial, lembaga sosial, kebudayaan, kekuasaan dan wewenang, masalah sosial dan stratifikasi sosial. Konsep dasar dari sosiologi sebagai ilmu tersebut kemudian digunakan untuk mengungkap kebenaran yang ada di dalam masyarakat. Adapun hasil penelitian sosiologi bisa digunakan kembali oleh ilmu sosial lainnya. Hal ini dikarenakan sosiologi pusat perhatiannya ada pada masyarakat yang merupakan sebuah wadah kehidupan bersama. Contohnya, hasil penelitian sosiologi bisa digunakan untuk memberi masukan pada ilmu hukum, terutama tentang proses hukum dan penegakan keadilan yang melibatkan banyak faktor kemasyarakatan.
Tetapi penelitian sosiologi bagi pembangunan manfaatnya dibatasi pada kaitan-kaitannya dengan tahap pembangunan. Disebabkan oleh hal itu maka di tahap perencanaan pembangunan maka diperlukan data yang relatif lengkap mengenai masyarakat yang akan dibangun. Adapun data-data tersebut adalah sebagai berikut ini :

  1. Kelompok sosial yang ada dan menjadi bagian di dalam masyarakat
  2. Pola-pola interaksi sosial yang sangatlah penting untuk bisa menciptakan sebuah suasana yang mendukung proses pembangunan
  3. Kebudayaan yang berpusat pada nilai-nilai
  4. Stratifikasi sosial yang ialah perbedaan penduduk di dalam kelas sosial secara vertikal
  5. Lembaga sosial yang adalah sebuah kesatuan kaidah-kaidah yang berpusat pada kebutuhan dasar kelompok sosial dan manusia
Dan ditahap pelaksanaan,sangat perlu diadakan sebuah identifikasi terhadap kekuatan sosial yang ada di dalam masyarakat. Untuk melakukan identifikasi ini bisa dengan cara melakukan penelitian terhadap pola kekuasaan dan wewenang yang ada dan hidup di dalam masyarakat, baik itu resmi maupun tidak resmi. Setelah tahap perencanaan dan pelaksanaan maka hasilnya bisa digunakan pada tahap evaluasi, ditahap evaluasi ini kita bisa melakukan penelitian dengan menggunakan ilmu pengetahuan lainnya. 

Baca Juga:

Fungsi Sosiologi dan Peran Sosiolog di Tengah Masyarakat Lengkap


Demikianlah fungsi sosiologi dalam penelitian.


0 Response to "Fungsi Sosiologi Dalam Penelitian atau Bidang Riset"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel