SafelinkU | Shorten your link and earn money

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia ( Artikel Lengkap )


Pengertian Keberagaman

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentuk dari keberagaman dalam semua aspek kehidupan, baik kewilayahan, suku bangsa, agama, ras, golongan, dan jenis kelamin. Keberagaman yang menjadi realita kehidupan di Indonesia menjadi modal terbentuknya persatuan dan kesatuan bangsa. Apa yang kamu tahu tentang keberagaman? Perhatikanlah penjelasan berikut!
Pengertian Keberagaman
Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, agama, ras, keyakinan, sosial budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

Faktor yang menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia cukup beragam. Amatilah sekeliling tempat tinggal dan lingkungan sekolahm kalian adakah terdapat keberagaman orang yang menghuninya? Misalnya dilihat dari suku, agama, ras, budaya, dan gender. Kemudian kemukakan hasil pengamatan kalian melalui pertanyaan mengenai keberagaman itu. Masyarakat yang tinggal di daerah kalian adalah bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar. Indonesia terdiri atas 34 provinsi dengan ribuan pulau yang ada di dalamnya. Luas dan besarnya wilayah Indonesia berpengaruh pada banyaknya keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. Keberagaman merupakan suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan itu terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa.


Orang mengatakan, bahwa keberagaman itu indah. Contoh indahnya keberagaman dapat kita lihat dari gambar kebun bunga di atas. Pemandangan kebun bunga menampilkan berbagai jenis, corak dan warna bunga. Perbedaan itu menampilkan pemandangan yang sangat indah. Kalian juga akan merasa lebih senang menonton televisi berwarna jika dibandingkan dengan televisi hitam putih. Pemandangan bawah laut menggambarkan bahwa bangsa Indonesia yang bermacam-macam akan lebih indah daripada yang seragam. Pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia sebaiknya mendorong keragaman itu menjadi sebuah kekuatan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional.

Keberagaman dalam masyarakat dapat menjadi tantangan sebab orang yang berbeda pendapat yang lepas kendali. Tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan dapat berlebihan dan diiringi tindakan yang merusak persatuan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu, upaya meningkatkan kerukunan antarsuku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya perlu dilaksanakan. Upaya mewujudkan kerukunan dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.

Keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor alam, diri sendiri, dan masyarakat. Secara umum keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh:

1. Letak strategis wilayah Indonesia
Coba kalian cermati letak geogarfi Indonesia dalam peta dunia. Letak Indonsia yang stategis yaitu di antara dua Samudera Pasific dan Samudera Indonesia, serta dua benua Asia dan Australia mengakibatkan wilayah kita menjadi jalur perdagangan internasional. Lalu lintas perdangangan tidak hanya membawa komoditas dagang, namun juga pengaruh kebudayaan mereka pada budaya Indonesia. Kedatangan bangsa asing yang berbeda ras, lalu menetap di Indonesia mengakibatkan perbedaan ras. Juga agama dan kepercayaan mereka.

2. Kondisi negara kepulauan
Negara Indonesia terdiri beribu-ribu pulau yang secara fisik terpisah-pisah. Keadaan ini menghambat hubungan antarmasyarakat dari pulau yang berbeda-beda. Setiap masyarakat di kepulauan mengembangkan budaya mereka masing-masing, sesuai dengan tingkat kemajuan dan lingkungan masing-masing. Hal ini mengakibatkan perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, peran pria dan wanita, dan kepercayaan atau agama.

3. Perbedaan kondisi alam
Kondisi alam yang berbeda seperti daerah pantai, pegunungan, daerah subur, padang rumput, pegunungan, dataran rendah, rawa, laut mengakibatkan perbedaan masyarakat. Juga kondisi kekayaan alam, tanaman yang dapat tumbuh, satwa yang hidup di sekitarnya. Masyarakat di daerah pantai berbeda dengan masyarakat pegunungan, seperti perbedaan bentuk rumah, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, bahkan kepercayaan.

4. Keadaan transportasi dan komunikasi
Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Kemudahan sarana ini membawa masyarakat mudah berhubungan dengan masyarakat lain, walaupun jarak dan kondisi alam yang sulit. Sebaliknya sarana yang terbatas juga memjadi penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

5. Penerimaan masyarakat pada perubahan
Sikap masyarakat pada sesuatu yang baru baik yang datang dari dalam atau luar masyarakat membawa pengaruh pada perbedaan masyarakat Indonesia. Ada masyarakat yang mudah menerima orang asing atau budaya lain, seperti masyarakat perkotaan. Namun ada juga sebagian masyarakat yang tetap bertahan pada budaya sendiri, tidak mau menerima budaya luar.

6.Faktor Sejarah
Sejarah setiap daerah mempengaruhi keberagaman bangsa Indonesia. Daerah yang sejarahnya banyak dipengaruhi oleh persebaran agama Islam, maka daerah tersebut mempunyai budaya sesuai nilai-nilai Islam. Hal itu tentu berbeda dengan daerah yang sejarahnya banyak dipengaruhi agama lain.
Jadi dapat disimpulkan ternyata kehidupan masyarakat Indonesia yang sangat beragam disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain: lingkungan fisik daerah, keyakinan/agama, kehidupan sosial budaya, dan sejarah yang melatar belakanginya.
Sebagai pelajar dan warga negara Indonesia, selayaknya keberagaman ini merupakan ciri khas dan kebanggaan bangsa Indonesia harus tetap dijaga demi persatuan dan kesatuan bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai Negaranya sendiri.


Setelah kalian mempelajari faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia, cobalah kalian cermati keberagaman masyarakat sekitar kalian. Jelaskan hubungan faktor penyebab keberagaman yang dipelajari dengan keberagaman masyarakat sekitar kalian. Apa yang menyebabkan keberagaman masyarakat itu?

Penelusuran yang terkait dengan Keberagaman Masyarakat Indonesia

  • faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia
  • pengaruh keberagaman masyarakat indonesia
  • jelaskan akibat keberagaman masyarakat indonesia
  • bagaimana bentuk keberagaman masyarakat indonesia
  • apa pengaruh keberagaman masyarakat indonesia terhadap pola perilaku bangsa indonesia
  • macam macam keberagaman di indonesia beserta contohnya
  • dinamika keanekaragaman masyarakat indonesia
  • bagaimana kehidupan masyarakat indonesia walaupun memiliki keragaman

0 Response to "Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia ( Artikel Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel