Pengertian Sublimasi, Tujuan Beserta Contohnya ( Materi Lengkap )

Pengertian Sublimasi

Sublimasi adalah perubahan wujud dari padat ke gas tanpa mencair terlebih dahulu. Misalkan es yang langsung menguap tanpa mencair terlebih dahulu. Pada tekanan normal, kebanyakan benda dan zat memiliki tiga bentuk yang berbeda pada suhu yang berbeda-beda. Pada kasus ini transisi dari wujud padat ke gas membutuhkan wujud antara. Namun untuk beberapa antara, wujudnya bisa langsung berubah ke gas tanpa harus mencair. Ini bisa terjadi apabila tekanan udara pada zat tersebut terlalu rendah untuk mencegah molekul-molekul ini melepaskan diri dari wujud padat.Sublimasi juga dapat diartikan sebagai metode pemisahan campuran yang didasarkan pada campuran zat yang memiliki satu zat yang dapat menyublim(perubahan wujud padat ke gas), sedangkan zat lainnya tidak dapat menyublim. Contohnya, campuran iodin dan garam dapat dipisahkan dengan cara sublimasi.
Dari Ke

Padat Cair Gas Plasma
Padat N/A Mencair Menyublim -
Cair Membeku N/A Menguap -
Gas Mengkristal Mengembun N/A Ionisasi
Plasma - - Rekombinasi/Deionisasi N/A


Proses dalam pemisahan campuran dengan sublimasi adalah dengan cara memanaskan zat padat tersebut yang telah terlarut di dalamnya sehingga zat padat itu menjadi gas. Gas yang telah di hasilkan kemudian di tampung lalu di dinginkan kembali. Untuk dapat memisahkan campuran dengan cara sublimasi di perlukan syarat ketika partikel yang bercampur di haruskan memiliki suatu titik perbedaan didih yang besar sehingga akan menghasilkan uap dengan tingkat kemurnian yang di miliki tinggi.


Proses Sublimasi

1. Buatan

Jika proses sublimasi disengaja atau secara paksa, sebuah proses tersebut dapat dilakukan dengan skala laboratorium dan skala industri.

2. Alami

Sebuah proses sublimasi yang dapat terjadi secara alami atau alami akibat proses alami. Contohnya secara sublimasi belerang yang terjadi di kawah pada gunung berapi.
Misalnya, di kawah Gunung Ijen (ketinggian 2.386 m), kabupaten Licin, Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, Sempol, Jawa Timur. Pada kawah tersebut selalu melepaskan sebuah gas sejenis vulkanik dengan konsentrasi sulfur tinggi dan terkadang bau gas yang menyengat.
Pada belerang dapat disebabkan oleh sublimasi gas belerang dalam asap Solfatara dari kawah pada 200 ° C. Ketika asap memasuki atmosfer, udara dingin di pegunungan secara alami mengembunkan gas yang mengandung belerang.
Selain itu, sulfur padat terakumulasi di tanah dan kemudian secara alami mengubur untuk membentuk endapan yang mungkin dalam bentuk batuan padat. Karena erosi (misalnya angin dan hujan), batu belerang ini dapat terjadi sebagian atau seluruhnya dengan bentuk visual kuning pucat, batuan padat, dan kasar.
Endapan belerang biasanya digunakan oleh penambang lokal dan industri terdekat yakni dengan industri karet melalui penggalian langsung.


Tujuan Sublimasi

Adapun untuk tujuan sublimasi sendiri yakni:
  • Untuk mendapatkan zat yang murni atau beberapa zat murni dari suatu campuran yang disebut sebagai pemurnian.
  • Untuk mengetahui keberadaan zat dalam suatu sampel “analisa labolatorium”.
  • Memisahkan iodium dari campuran pengotornya agar mendapatkan iodium murni.


Contoh Sublimasi

Contoh dari sublimasi adalah pada proses pembuatan kapur barus. Pada campuran kapur barus dan juga arang akan di panaskan sehingga kapur tersebut dapat menyumblin dan selanjutnya menguap. Setelah menguap maka akan di lakukan proses pendinginan yang akan membut zat gas tersebut menjadi padat kembali.


 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Sublimasi

  • pengertian sublimasi dan fungsi pemanasan
  • sublimasi pdf
  • gambar sublimasi
  • sublimasi adalah brainly
  • faktor yang mempengaruhi sublimasi
  • jurnal sublimasi kapur barus pdf
  • pertanyaan tentang sublimasi
  • tuliskan contoh pemisahan campuran secara kromatografi

0 Response to "Pengertian Sublimasi, Tujuan Beserta Contohnya ( Materi Lengkap )"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel