SafelinkU | Shorten your link and earn money

pengertian Pasar dan Bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat ( Materi Lengkap )

Pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harganya. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (kepemilikan) jasa dan barang. Pasar adalah sarana bertemunya pembeli dan penjual, baik  secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan  kegiatan transaksi jual beli.

 

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

  • Menurut William J. Stanton, makna dari pasar adalah kumpulan dari masyarakat yang bertujuan untuk mendapatkan rasa puas. Kepuasan itu berasal dari penggunaan uang untuk ditukar dengan barang yang mereka inginkan. 
  • Menurut Simamora Pengertian pasar dari Simamora adalah kelompok masyarakat dengan kebutuhan dan keinginannya untuk memiliki atau membeli barang tertentu. Bukan hanya itu, mereka juga punya kemampuan beli terhadap produk tersebut. Kesempatan tukar-menukar barang dengan alat pembayaran pun ada di dalam pasar.
  • Menurut Kotler dan Amstrong Pasar adalah pertemuan antara para pembeli yang potensial dan juga penjual yang menawarkan produk atau jasa.
  • Menurut Handri Ma’aruf Pasar merupakan ruang para penjual dan pembeli bertemu. Di sana, ada permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli dan kemudian juga terjadi transaksi jual dan beli.
  • Menurut Atep Adya Barata Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Menurut Atep, pertemuan ini tak harus terjadi secara langsung. Bisa saja melalui perantara atau bisa saja melalui media tertentu. Kemudian, usai pertemuan ini, ada pertukaran.
Ada definisi dan pendekatan yang berbeda-beda terkait pasar. Namun, semuanya merujuk kepada proses pertemuan orang yang membutuhkan atau menginginkan barang dan memiliki alat tukar dengan mereka yang memiliki barang tersebut.


Fungsi Pasar
Adapun fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi dapat  dibedakan ke dalam tiga kelompok berikut.

a. Fungsi Distribusi
Pasar sebagai alat distribusi berfungsi mendekatkan jarak  antara konsumen dengan produsen dalam melakukan transaksi.  Contohnya, jika kita ingin membeli buku, kita tidak perlu  mencarinya di pabrik buku, tetapi cukup pergi ke toko buku  terdekat untuk mendapatkannya. Begitu juga produsen, untuk  memasarkan produknya tidak harus datang ke rumah-rumah  tetapi cukup datang ke pasar karena di sana sudah  banyak calon pembeli produknya.

b. Fungsi Pembentukan Harga
Sebelum terjadi transaksi jual beli, antara  penjual dan pembeli sebenarnya telah terjadi proses  tawar-menawar. Dalam proses tersebut keinginan  kedua pihak digabungkan untuk menentukan  harga kesepakatan atau harga pasar. Setelah mereka  sepakat barulah terjadi transaksi jual beli.

c. Fungsi Promosi
Agar produk yang dihasilkan dapat laku di  pasaran, langkah yang harus dilakukan ialah dengan  mengenalkannya secara luas kepada masyarakat,  salah satunya dengan promosi.


Jenis-Jenis Pasar 
a. Berdasarkan sifat/wujud barang dan cara penyerahan nya,  pasar terbagi ke dalam dua kelompok.
  • Pasar konkret, pembeli dapat melihat dan meraba langsung  barang yang akan dibeli sehingga yakin akan kualitasnya.  Contoh: pasar tempat kita berbelanja sehari-hari.
  • Pasar abstrak, pembeli melakukan transaksi tanpa melihat  langsung barang yang di beli, cukup hanya lewat telepon  saja. Contoh: pembeli memesan seporsi ayam di KFC hanya  melalui telepon.
b. Berdasarkan luas wilayah kegiatannya, pasar terbagi ke  dalam empat macam.
  • Pasar lokal adalah pasar yang daerah pemasarannya hanya  meliputi daerah tertentu. Contoh: karena pengaruh budaya,  permintaan kain batik di Yogyakarta tinggi, sehingga pasar-pasar  di provinsi ini banyak menjual kain batik.
  • Pasar nasional adalah pasar yang daerah pemasaran nya  meliputi wilayah satu negara atau bangsa tertentu. Contoh:  pasar modal dan pasar tenaga kerja.
  • Pasar regional adalah pasar yang daerah pemasaran nya  meliputi beberapa negara pada suatu wilayah tertentu.  Pasar regional biasanya diwadahi oleh perkumpulan  atau kelompok negara-negara tertentu, seperti kerja sama  perdagangan negara-negara Asia Tenggara. Contoh: pasar  beras dan pasar pupuk.
  • Pasar internasional adalah pasar yang wilayah pemasaran nya mencakup seluruh kawasan di dunia. Komoditi yang  dijual pun merupakan produk yang di butuhkan semua  masyarakat dunia. Oleh karena itu, pasar ini disebut juga  sebagai pasar dunia. Contoh: pasar kopi di Santos Brazil,  perdagangan minyak bumi dan gas.
c. Berdasarkan organisasi pasar:
  • Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang banyak  penjual dan pembelinya, sehingga baik penjual maupun  pembeli tidak dapat menentukan harga sendiri. Ciri-ciri  pasar tersebut sebagai berikut:  a) Penjual dan pembeli banyak  b) Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen  c) Penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa  hambatan  d) Pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar sempurna
  • Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang di kuasai  oleh satu atau beberapa penjual, jumlah penjual lebih sedikit  dari jumlah pembeli. Adapun ciri-cirinya pasar tersebut  sebagai berikut.  a) Jumlah penjual sedikit  b) Barang yang diperjualbelikan bersifat tidak homogen  c) Terdapat hambatan untuk memasuki pasar  d) Pengetahuan pembeli tentang pasar terbatas
d. Berdasarkan waktu penyelenggaraannya:
  • Pasar harian adalah pasar yang penyelenggaraannya dilakukan  setiap hari. Pasar ini biasanya menjual barang-barang  kebutuhan pokok sehari-hari. Contoh: pasar induk, pasar  baru.
  • Pasar mingguan adalah pasar yang diselenggarakan  hanya satu hari dalam satu minggu. Biasanya pasar ini  diselenggarakan di daerah yang penduduknya sedikit atau di  pedesaan. Lokasinya berpindah-pindah sehingga penamaan  pasar pun disesuaikan dengan tempatnya. Contoh: Pasar  Senin, Pasar Kamis, Pasar Jumat.
  • Pasar bulanan adalah pasar yang penyelenggaraan nya  dilakukan sebulan sekali. Pasar jenis ini banyak ditemukan  di daerah yang dekat pabrik. Dibuka setiap awal bulan  menyambut para karyawan gajian. Contoh: pasar hasil  industri dan hasil seni.
  • Pasar tahunan adalah pasar yang diselenggarakan nya sekali  dalam setahun. Pasar jenis ini ada yang ber sifat nasional  ada pula yang bersifat internasional, sehingga dalam setiap  penyelenggaraannya sering kali dijadikan ajang promosi dan  pameran bagi produk-produk tertentu. Contoh: Pekan Raya  Jakarta (PRJ).
e. Berdasarkan jenis-jenis barang yang diperjualbelikan:
  • Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barangbarang  yang secara langsung dapat di konsumsi. Contoh:  pasar ikan, pasar beras, pasar sayur-mayur.
  • Pasar barang produksi adalah pasar yang menjual faktorfaktor  produksi. Contoh: pasar tenaga kerja, pasar modal,  pasar mesin-mesin produksi, dan pasar bibit tanaman.


Klasifikasi Pasar

Secara umum, ada dua jenis pasar yang ada di dunia.

1. Pasar Tradisional

Pasar tradisional merupakan jenis pasar yang menggunakan cara bertukar barang dan alat tukar secara tradisional. Barang-barang yang dijual pun biasanya barang kebutuhan yang amat mendasar (primer).
Di era modern ini, pasar tradisional masih jamak ditemui, bahkan di kota-kota besar sekalipun. Pasar tradisional dicari karena menyediakan kebutuhan primer secara lengkap, dan harganya pun lebih murah.
Selain itu, di pasar tradisional, harga yang ditetapkan masih dapat ditawar oleh para pembeli sehingga ini cukup menguntungkan dari segi ekonomi2. Pasar Modern
Pasar modern biasanya hadir dalam tempat yang lebih futuristik dan juga lebih menunjang kenyamanan pembeli. Contohnya, seperti supermarket yang lebih bersih.
Barang-barang dalam bentuk mentah, seperti daging mentah, biasanya tidak diletakkan begitu saja, tetapi dikemas khusus sehingga tidak mengotori ruangan.
Pasar modern juga menerima pembayaran elektronik, seperti dengan kartu kredit atau debit. Bahkan, pasar modern era kini bisa menerima pembayaran dalam bentuk dompet digital.
Setiap pasar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang jelas, bagi masyarakat modern, keduanya tidak bisa dilepaskan. Pasar modern bisa menjadi tempat untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang nyaman.
Sementara itu, pasar tradisional bisa dipilih untuk membeli barang dalam bentuk grosir dengan harga terjangkau.


Ciri-Ciri Pasar

Ada beberapa hal yang menjadi ciri dari pasar.
  • Terjadinya transaksi jual beli
  • Ada barang/jasa yang diperjualbelikan
  • Ada alat tukar
  • Ada interaksi antara penjual dan pembeli
  • Ada kesepakatan yang terjadi antara kedua belah pihak.
Ciri-ciri tersebut adalah ciri-ciri yang bisa melingkupi pasar yang berbentuk nyata maupun abstrak.



 Penelusuran yang terkait dengan pengertian Pasar
  • pengertian pasar menurut para ahli
  • pengertian pasar secara umum
  • pengertian pasar lokal
  • pengertian pasar tradisional
  • pengertian pasar persaingan sempurna
  • materi pasar
  • jelaskan 5 pengertian pasar menurut para ahli
  • jenis jenis pasar

0 Response to "pengertian Pasar dan Bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat ( Materi Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel