SafelinkU | Shorten your link and earn money

Pakaian Seragam Pramuka ( Materi Lengkap )

Pakaian Seragam Pramuka. Gerakan Pramuka melakukan perubahan pakaian seragam pramuka. Terdapat perubahan Pakaian seragam anggota Gerakan Pramuka dari seragam yang lama ke Seragam yang baru. Perubahan pakaian seragam tersebut ditungkan dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 174 Tahun 2012 Tentang Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka. Petunjuk Penyelenggaraan ini menggantikan Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka sebagaimana ditetapkan dengan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007.

Ada beberapa perubahan atau perbedaan yang mencolok antara seragam yang baru dengan seragam yang lama, antara lain :
  1. Pada pakaian seragam tingkat Pramuka Siaga putera maupun puteri, adanya penambahan berupa list berwarna coklat tua pada bagian lengan dan saku.
  2. Untuk anggota pramuka tingkat Penggalang puteri, pada baju seragam sama dengan baju seragam untuk anggota putera yang dimana memamakai dua saku tempel di dada kanan dan kiri dan tidak terdapat lipatan melintang di atas dada. Sebelumnya baju seragam puteri tidak terdapat saku di dada dan terdapat lipatan di atas dada, atau baju seragam antara putera dan puteri mengenakan model pakaian yang berbeda
  3. Untuk anggota puteri semua tingkatan menggunakan setangan leher seperti setangan leher Putera dan menggunakan ring, yang dimana sebelumnya anggota puteri mengenakan Pita Leher.
  4. Tutup kepala anggota puteri untuk tingkat Penggalang, Penegak, dan Pandega dengan tutup kepala berbahan laken/beludru. Sebelumnya menggunakan tutup kepala yang terbuat dari anyaman
  5. Untuk anggota putera untuk tingkat Penggalang, Penegak, dan Pandega, adanya Penambahan saku timbul di kanan kiri celana dan saku tempel di bagian belakang kanan dan kiri yang jumlah sakunya sebanyak enam saku. Sebelumnya anggota putera mengenakan celana dengan empat saku berupa dua saku dalam di samping kanan dan kiri serta dua saku lagi di belakang kanan kiri.

Berikut ini gambar pakaian seragam anggota Gerakan Pramuka sesuai salinan PP no. 174 Tahun 2012.

Setangan Leher
Dasar setangan leher menggunakan kain berwarna putih dengan pemberian lis berwarna merah pada masing-masing sisi kaki segitiga. Sisi panjang segitiga tidak menggunakan lis warna merah. Lebar lis warna merah tersebut adalah 5 cm. Ukuran setangan leher pramuka dibedakan berdasarkan golongan usia anggota pramuka. Yang menjadi tolok ukur pembeda adalah panjang sisi terpanjang atau sisi alas dari segitiga sama kaki. Karena itu panjang kedua sisi kaki akan menyesuaikan dengan panjang sisi alas.

Meskipun demikian, ukuran panjang sisi terpanjang tersebut tidak mutlak harus diikuti. Karena yang terpenting, setelah setangan leher tersebut dilipat dan dikenakan, ujung setangan leher bisa mencapai pinggang pemakainya. Dengan kata lain panjang setangan leher harus disesuaikan dengan tinggi badan pemakai.

Adapun ukuran sisi terpanjang setangan leher sebagai mana disebutkan dalam PP No. 174 Tahun 2012 untuk masing-masing golongan anggota pramuka adalah sebagai berikut:
  • Setangan leher untuk anggota pramuka siaga putra dan putri sisi panjang berukuran 90 cm
  • Setangan leher untuk anggota pramuka penggalang putra dan putri sisi panjang berukuran antara 100 - 120 cm.
  • Setangan leher untuk anggota pramuka penegak dan pandega putra dan putri sisi panjang berukuran antara 120 - 130 cm.


 Jenis Dan Contoh Bentuk Seragam Pramuka
Di bawah ini saya telah memaparkan tentang jenis dan contoh bentuk seragam pramuka terbaru menurt SK Kwarnas nomor 174 tahun 2012, dari golongan Pramuka siaga sampai Pramuka dewasa semuanya ada di sini, langsung saja ke topik pembahasan.
Jenis-Jenis Pakaian Seragam Pramuka:
a.       Pakaian Seragam Harian
b.      Pakaian Seragam Kegiatan
c.       Pakaian Seragam Upacara
d.      Pakaian Seragam Khusus:
1.       Pakaian Seragam Muslim
2.       Pakaian Seragam Tambahan
Penjelasan dan Contoh Bentuk Pakaian Seragam Pramuka:
a.       Pakaian Seragam Harian
Pakaian yang dikenakan anggota Gerakan Pramuka pada waktu melakukan kegiatan kepramukaan harian. Pakaian seragam harian juga digunakan pada waktu mengikuti upacara.
Contoh Bentuk Pakaian Seragam Harian:








b.      Pakaian Seragam Kegiatan
Pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka pada saat mengikuti kegiatan lapangan, agar lebih mudah melakukan aktivitas yang diperlukan.
Contoh bentuk seragam kegiatan:
NB: Untuk seragam kegiatan tidak harus sama seperti gambar di atas.
c.       Pakaian Seragam Upacara:
Pakaian yang dikenakan oleh anggota dewasa Gerakan Pramuka yang pemakaiannya secara khusus untuk upacara memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, Hari Pramuka, Pelantikan Penurus Kwartir/Mabi, Upacara pembukan dan penutupan kegiatan nasional, kegiatan-kegiatan tertentu yang ditetapkan oleh kwartir, menghadiri upacara dimana TNI menggunakan seragam PDU 4 dan acara resmi kepramukaan di luar negri.
d.      Pakaian Seragam Khusus:
Pakaian yang dikenakan secara khusus, karena adanya pertimbangan tertentu.
1.       Pakaian Seragam Muslim
Pakaian yang dikenakan oleh anggota Gerakan Pramuka yang beragama Islam.


 





2.       Pakaian Seragam Tambahan
a.       Pakaian Seragam Tambahan bersifat situasional, dan dapat dikenakan oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka 
b.      Berupa jas/blaser, rompi, jaket yang dilengkapi dengan tanda-tanda Gerakan Pramuka dan yang terpenting setangan leher harus selalu terlihat
c.       Dapat diberikan tambahan badge sesuai keperluan
d.      Untuk daerah dingin atau musim dingin bagi Pramuka Siaga/Penggalang dapat memakai celana panjang berwarna coklat tua
e.      Untuk kegiatan nasional atau daerah yang bukan upacara resmi dapat menggunakan seragam dengan ciri kedaerahan dengan tetap menggunakan setangan leher.
Perlengkapan seragam Pramuka:
1. Setangan leher
                Setangan leher berbentuk segitiga sama kaki, dikenakan dengan cincin (ring), di bawah kerah baju atau pada lingkar leher di atas kerudung lebar (muslim)
2. Tutup Kepala
                Tutup kepala, berupa topi dengan tanda topi ATAU siberi tanda yang mencirikan Gerakan Pramuka untuk topi lapangan. Pembina Pramuka, Andalan, dan Majelis Pembimbing PUTRA dapat menggunakan baret dalam upacara yang melibatkan peserta didik sesuai ketentuan penyelenggara kegiatan.



 Penelusuran yang terkait dengan Pakaian Seragam Pramuka

  • pp seragam pramuka
  • seragam pramuka pembina
  • seragam pramuka terbaru
  • seragam pramuka penegak putra
  • seragam pramuka pembina
  • atribut seragam pramuka pembina putri
  • pp seragam pramuka
  • sk kwarnas tentang atribut pramuka

0 Response to "Pakaian Seragam Pramuka ( Materi Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel