SafelinkU | Shorten your link and earn money

Pola Umum Curah Hujan di Kepulauan Indonesia ( Artikel Lengkap )

Kampungilmu.web.id - Tahukah kalian Curah hujan di wilayah Indonesia bagian mana yang lebih besar? Indonesia bagian barat atau Indonesia bagian timur? Pola umum curah hujan di Indonesia antara lain dipengaruhi oleh letak geografis. Pengaruh letak geografis pada perubahan dan kondisi musim di Indonesia, yaitu sebagai berikut. Posisi Indonesia yang diapit dua samudra besar di dunia, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia mengakibatkan wilayah Kepulauan Indonesia mempunyai tingkat kelembapan (humidity) tinggi. Kondisi musim di Indonesia dipengaruhi intensitas penyinaran matahari dan penguapan. Posisi kepulauan Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa menyebabkan penyinaran matahari berlangsung sepanjang tahun. Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang beriklim tropis. Letak astronomis dan geografis memengaruhi variasi iklim di Indonesia. Indonesia mengalami dua musim selama satu tahun, yaitu hujan dan kemarau yang berganti setiap enam bulan. Pola iklim memengaruhi pula pada budaya masyarakat.
Jika kalian perhatikan peta sebaran curah hujan di indonesia maka akan ditemukan pola umum hujan di Indonesia seperti yang diuraikan sebagai berikut.
  1. Pantai sebelah barat setiap pulau mendapat jumlah hujan selalu lebih banyak daripada pantai sebelah timur
  2. Curah hujan di Indonesia bagian barat lebih besar daripada Indonesia bagian timur. Sebagai contoh, deretan pulau-pulau Jawa, Bali, NTB, dan NTT yang dihubungkan oleh selat-selat sempit, jumlah curah hujan yang terbanyak ialah Jawa Barat.
  3. Curah hujan juga bertambah sesuai dengan ketinggian tempat. Curah hujan terbanyak biasanya berada pada ketinggian antara 600 - 900 m di atas permukaan laut.
  4. Di daerah pedalaman, di semua pulau, musim hujan jatuh pada musim pancaroba. Demikian juga halnya di daerah-daerah rawa yang besar.
  5. Bulan maksimum hujan sesuai dengan letak DKAT.
  6. Saat mulai turunnya hujan bergeser dari barat ke timur, seperti berikut. 1) Pantai barat Pulau Sumatra sampai ke Bengkulu memperoleh hujan terbanyak pada November. 2) Lampung-Bangka yang letaknya ke timur memperoleh hujan terbanyak pada Desember. 3) Jawa bagian utara, Bali, NTB, dan NTT pada Januari- Februari.
  7. Di Sulawesi Selatan bagian timur, Sulawesi Tenggara, Maluku Tengah, musim hujannya berbeda, yaitu pada Mei-Juni. Pada saat itu, daerah lain sedang mengalami musimkering. Batas daerah hujan Indonesia barat dan timur terletak pada kira-kira 120°Bujur Timur.

Baca Juga:

Menghadapi Berbagai Bencana Alam ( Artikel Lengkap )




Rata-rata curah hujan di Indonesia untuk setiap tahunnya tidak sama. Namun masih tergolong cukup banyak, yaitu ratarata2.000 - 3.000 mm per tahun. Begitu pula antara tempat yang satu dan tempat yang lain rata-rata curah hujannya tidak sama. Ada beberapa daerah yang memperoleh curah hujan sangat rendah dan ada pula daerah yang memperoleh curah hujan tinggi.
  1. Daerah yang memperoleh curah hujan rata-rata per tahun kurang dari 1.000 mm, meliputi 0,6% dari luas wilayah Indonesia, di antaranya Nusa Tenggara, dan 2 daerah di Sulawesi (lembah Palu dan Luwuk).
  2. Daerah yang memperoleh curah hujan antara 1.000 - 2.000 mm per tahun di antaranya sebagian Nusa Tenggara, daerah sempit di Merauke, Kepulauan Aru, dan Tanibar.
  3. Daerah yang memperoleh curah hujan antara 2.000 - 3.000 mm per tahun, meliputi Sumatra Timur, Kalimantan Selatan,dan Timur sebagian besar Jawa Barat dan Jawa Tengah, sebagian Irian Jaya, Kepulauan Maluku dan sebagian besar Sulawesi.
  4. Daerah yang memperoleh curah hujan tertinggi lebih dari 3.000 mm per tahun meliputi dataran tinggi di Sumatra Barat,Kalimantan Tengah, dataran tinggi Irian bagian tengah, dan beberapa daerah di Jawa, Bali, Lombok, dan Sumba.

Sumber : IPS Terpadu - SMP Kelas VIII

0 Response to "Pola Umum Curah Hujan di Kepulauan Indonesia ( Artikel Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel