SafelinkU | Shorten your link and earn money

Perbedaan Kegiatan Produksi dan Distribusi ( Artikel Lengkap )

Kampungilmu.web.id - Kita telah mempelajari tentang kegiatan ekonomi, dari makalah tersebut kita dapat mempelajari pengertian produksi dan distribusi. Apa perbedaan antara kegiatan produksi dan distribusi?
Produksi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih memiliki manfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang. Produksi memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Orang atau perusahaan yang menjalankan suatu proses produksi disebut Produsen. Sedangkan distribusi adalah kegiatan ekonomi yang menjembatani kegiatan produksi dan konsumsi. Berkat distribusi barang dan jasa dapat sampai ke tangan konsumen. Dengan demikian kegunaan dari barang dan jasa akan lebih meningkat setelah dapat dikonsumsi. Dari apa yang baru saja diuraikan, tampaklah bahwa distribusi turut serta meningkatkan kegunaan menurut tempatnya (place utility) dan menurut waktunya (time utility).


Baca Juga:

Perubahan Lingkungan Fisik ( Angin , Hujan , Gelombang Laut dan Kerusakan Lingkuangan )



Adapun beberapa perbedaan kegiatan Produksi dan Distribusi adalah sebagai berikut :
  1. Pelaku kegiatan produksi disebut dengan produsen, sedangkan pelaku kegiatan distribusi disebut dengan distributor
  2. Kegiatan produksi dapat mengubah sifat dan bentuk barang, sedangkan kegiatan distribusi tidak mengubah sifat dan bentuk barang.
  3. Kegiatan produksi tidak mengubah posisi barang untuk meningkatkan kegunaan, sedangkan kegiatan distribusi mengubah posisi barang untuk meningkatkan kegunaan.
  4. Hasil kegiatan produksi tidak selalu memerlukan distributor, tapi kegiatan distribusi selalu memerlukan produsen

Apa perbedaan antara kegiatan Produksi dengan Distribusiyang lain menurut kalian? silahkan berikan pendapat kalian pada komentar di bawah ini.

0 Response to "Perbedaan Kegiatan Produksi dan Distribusi ( Artikel Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel