SafelinkU | Shorten your link and earn money

Mengenal Bagian Bagian Peta ( Artikel Lengkap )

Kampungilmu.web.id - Peta adalah gambar sebagian atau keseluruhan permukaan bumi dengan perbandingan tertentu. Di kelas tiga kamu sudah belajar tentang denah. Peta tak ubahnya seperti denah. Perbedaannya adalah peta menggambarkan tempat yang lebih luas. Sedangkan wilayah yang ditunjukkan peta sangat luas. Peta bisa menunjukkan wilayah kabupaten, provinsi, negara, dan benua. Bahkan, sebuah peta bisa menunjukkan wilayah seluruh dunia.Selain itu peta harus dibuat dengan perbandingan tertentu. Perbandingan inilah yang disebut dengan skala. Skala mempunyai arti perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Peta dibuat dengan skala tertentu supaya dapat menggambarkan keadaan di permukaan bumi dengan ukuran yang tepat.

Wilayah atau permukaan bumi yang digambar bisa meliputi sebuah wilayah yang luas, tetapi bisa juga meliputi wilayah yang sempit. Gambar permukaan bumi yang meliputi wilayah yang luas misalnya : peta Dunia, peta Indonesia, peta Pulau Sumatera, peta Pulau Jawa, dan sebagainya. Gambar permukaan bumi yang meliputi wilayah yang terbatas misalnya peta desa, peta kelurahan, peta kecamatan, peta kabupaten/kota, dan peta provinsi.

Jenis Peta
1. Peta Umum
Peta umum disebut juga dengan Peta Topografi. Peta umummerupakan peta yang menggambarkan keadaan umum dari suatu wilayah.Keadaan umum yang digambarkan meliputi objek atau kenampakan alamdan buatan. Objek alam misalnya gunung, sungai, dataran rendah, datarantinggi, dan laut. Objek buatan misalnya kota, jalan dan rel kereta api. Peta Indonesia dan Peta Duniatermasuk contoh peta umum. Peta umum biasa digunakan untuk belajar di sekolah,untuk kepentingan kantor dan wisata.

2. Peta Khusus
Peta khusus merupakan peta yang menggambarkan data-datatertentu di suatu wilayah. Peta khusus disebut juga dengan Peta Tematik.Contoh peta khusus adalah:
a. Peta Persebaran Fauna di Indonesia
b. Peta Hasil Tambang di Indonesia
c. Peta Cuaca di Indonesia.

Unsur-unsur peta
1. Judul peta
Judul petamerupakan identitas atau nama untuk menjelaskan isi ataugambar peta. Judul peta biasanya terletak di bagian atas peta. Judul petamerupakan komponen yang penting. Biasanya sebelum memperhatikanisi peta, pasti seseorang terlebih dahulu membaca judulnya. Judul peta ditulis di bagian atas dengan huruf yang menonjol. Misalnya, PETA JAWA BARAT, PETA KALIMANTAN, PETA INDONESIA, dan sebagainya.

Baca Juga:

Tokoh-tokoh Sejarah pada Masa Buddha ( Artikel Lengkap )



2. Legenda
Legenda merupakan keterangan yang berisi gambar-gambar atausimbol-simbol beserta artinya. Legenda biasanya terletak di bagian pojokkiri bawah peta

3. Skala
Skala merupakan perbandingan jarak antara dua titik pada petadengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Misalnya skala 1 : 200.000.Skala ini artinya 1 cm jarak pada peta sama dengan 200.000 cm atau 2km jarak sebenarnya. Sebuah peta selalu dibuat jauh lebih kecil dari keadaan yang sebenarnya. Akan tetapi, letak, jarak, dan arahnya seperti keadaan yang sebenarnya. Ada dua macam jenis skala, yaitu skala angka dan skala garis.

4. Simbol
Simbol merupakan lambang-lambang atau gambar yang menunjukkanobyek alam atau buatan. Simbol peta harus memenuhi tiga syaratyakni sederhana, mudah dimengerti, dan bersifat umum. Berikut ini adalahsimbol-simbol yang biasa digunakan pada peta.
simbol peta
5. Garis astronomis
Garis astronomis merupakan garis khayal di atas permukaan bumi.Garis astronomis terdiri dari dari garis lintang dan garis bujur. Garis lintangmerupakan garis dari timur ke barat sedangkan garis bujur merupakangaris dari utara ke selatan.Dalam peta itu terdapat garis-garis tegak (vertikal) dan mendatar (horizontal). Garisgaris itu disebut garis astronomis. Garis-garis yang tegak disebut garis bujur. Sementara yang garis-garis yang mendatar disebut garis lintang.Garis astronomis berguna untuk menentukan letak suatu tempat atau wilayah. Misalnya, letak Provinsi DKI Jakarta itu di antara 106°22‘ sampai 106°58‘ Bujur Timur (BT) dan 5°19‘ sampai 6°24‘" Lintang Selatan (LS).

6. Mata angin
Mata angin merupakan pedoman atau petunjuk arah mata angin.Mata angin pada peta biasanya berupa tanda panah yang menunjuk ke atas (utara). Mata angin sangat penting keberadaanya supaya tidak terjadikekeliruan arah. Mata angin juga berarti arah, jurusan, atau kiblat suatu tempat. Penunjuk arah mata angin dalam peta sangat penting. Penunjuk mata angin membantu kita bisa menjelaskan posisi suatu tempat. Misalnya, kota Purwokerto itu terletak di sebelah barat Magelang.

7. Garis tepi
Garis tepi merupakan garis yang dibuat mengelilingi gambar petauntuk menunjukkan batas peta tersebut.Garis tepi peta adalah batas-batas pinggir gambar peta. Fungsi garis tepi untuk menulis angka-angka derajat astronomis( lintang dan bujur).


8. Tahun pembuatan peta
Tahun pembuatan peta menunjukkan kapan peta tersebut dibuat. Daritahun pembuatan kita dapat mengetahui peta tersebut masih sesuai atautidak untuk digunakan saat ini.

9. Inset peta
Inset peta merupakan gambar peta yang ingin diperjelas atau karenaletaknya di luar garis batas peta. Inset peta digambar bila diperlukan. Insetpeta disebut juga peta sisipan.
10. Tata warna

Tata warna merupakan pewarnaan pada peta untuk membedakanobyek satu dengan yang lainnya. Berikut adalah arti warna-warna dalam peta :
  • Warna hijau menunjukkan dataran rendah.
  • Warna kuning menunjukkan dataran tinggi.
  • Warna cokelat menunjukkan daerah pegunungan.
  • Warna putih menunjukkan puncak pegunungan yang tertutup salju.
  • Warna biru menunjukkan daerah perairan (laut, sungai, danau).
  • Warna biru untuk laut, dibedakan ketajamannya. Gunanya untuk menunjukkan kedalaman laut. Warna biru tua untuk laut dalam dan biru muda untuk laut dangkal.

0 Response to "Mengenal Bagian Bagian Peta ( Artikel Lengkap ) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel