SafelinkU | Shorten your link and earn money

Jenis-Jenis Relief Permukaan Bumi

Kampungilmu.web.id - Jenis-Jenis Relief Permukaan Bumi
Konten kali ini membahas tentang Jenis-Jenis Relief Permukaan Bumi. Kita awali dengan pengertian Relief. Relief adalah bentuk kekasaran permukaan bumi berupa tonjolan, daratan, atau cekungan yang terjadi karena adanya pengaruh tenaga-tenaga pembentuk muka bumi (endogen dan eksogen).
Relief permukaan bumi dibedakan menjadi 2 (dua) yakni :
a.    Relief Daratan
Relief Daratan terdiri atas benua-benua. Jumlah benua ada enam, yaitu Asia, eropa, Amerika, Afrika, Australia, dan Antartika.
Relief permukaan dikelompokkan menjadi 2 yaitu relief makro(perisai dunia, dataran stabil, dan jalur pegunungan ) dan relief mikro(dataran tinggi, dataran rendah, dataran nyaris, pegunungan, gunung, lembah, dan plato ).
b.    Relief Dasar Laut
Relief dasar laut adalah bentuk kekasaran permukaan bumi berupa tonjolan atau cekungan yang terdapat di wilayah dasar laut.
Relief Dasar Laut  antara lain terdiri atas :
1.    Dangkalan (shelf)
Wilayah laut yang dangkal di sepanjang pantai dengan kedalaman kurang dari 200 m. Contohnya dangkalan Sahul dan dangkalan Sunda.
2.    Ambang laut (drempel)
Ambang laut (drempel) adalah pegunungan di dasar laut yang terletak di antara dua laut dalam. Contohnya ambang laut Sulu dan ambang laut Sulawesi
3.    Lubuk laut (basin)
Lubuk laut (basin) adalah dasar laut yang bentuknya bulat cekung yang terjadi karena ingresi.
4.    Gunung laut (seamount)
Gunung laut adalah gunung di dasar laut dengan lereng yang curam dan berpuncak runcing dengan ketinggian lebih kurang 1 km tetapi tidak sampai ke permukaan laut.
5.    Palung laut (trench)
palung adalah lembah yang dalam dan memanjang di dasar laut yang terjadi karena ingresi. Contohnya palung Sunda, palung Mindanao, dan  palung Mariana (palung terdalam di dunia)

0 Response to "Jenis-Jenis Relief Permukaan Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel