SafelinkU | Shorten your link and earn money

Peredaran Darah Manusia ( Artikel Lengkap )

Kampungilmu.web.id - Peredaran Darah Manusia. Alat perdaran darah manusia meliputi jantung dan pembuluh darah. Jantung terdiri atas empat ruang yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Antara bagian jantung sebelah kanan dan sebelah kiri terdapat sekat. Sekat berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang banyak mengandung oksigen dan darah yang banyak mengandung karbondioksida. Otot bilik penyusun jantung lebih tebal daripada otot serambi jantung. Hal ini karena bilik berfungsi memompa darah keluar dari jntung ke seluruh tubuh. Jantung berfungsi memompa darah dengan cara menguncup (berkontraksi) dan mengembang (berelaksasi).

Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh atau sebaliknya. Pembuluh darah ada dua jenis yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pebuluh balik (vena).
  • Pembuluh Nadi (Arteri) membawa darah kaya oksigen keluar dari jantung kecuali arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis membawa darah kaya karbondioksida dari jantung menuju paru-paru.
  • Pembuluh Balik (Vena) membawa darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh menuju jantung. Kecuali Vena Pulmonalis yang membawa darah kaya oksigen dari paru-paru menuju jantung.
Peredaran Darah Kecil
Di dalam tubuh darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung. Mengalirnya darah di dalam tubuh kita disebut dengan sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah ada dua macam yaitu sistem perdaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar. Sistem peredaran darah kecil atau (sistem peredaran paru-paru). Pada sistem  peredaran darah kecil, darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dalam paru paru terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbondioksida (CO2) dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2). Darah yang banyak mengandung O2 kembal ke jantung melalui vena pulmonalis. Secara garis besar peredaran darah kecil adalah sebagai beriut : bilik kiri >> arteri pulmonalis >> paru-paru >> vena pulmonalis >> serambi kiri.



Baca Juga:

Jenis-Jenis Tanah dan Penjelasannya ( Artikel Lengkap )




Peredaran Darah Besar
Sistem erdaran darah besar atau sistem peredaran darah sistemik. Pada sistem peredaran darah besar, darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung mengalir ke seluruh tubuh melalui arteri besar (Aorta). Selanjutnya terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung oksigen dengan darah yang banyak mengandung karbondioksida di seluruh tubuh. Darah yang banyak mengandung karbondioksida kembali ke jntung melalui vena ke  serambi kanan. Secara garis besar sistem peredaran darah besar adalah : bilik kiri >> arteri besar (Aorta) >> arteri >> seluruh tubuh >> vena >> serambi kanan.

0 Response to "Peredaran Darah Manusia ( Artikel Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel