Pengertian Makanan Bergizi dan Penjelasannya Lengkap

Kampungilmu.web.id - Makanan bergizi adalah makanan yang cukup kwalitas dan kawantitasnya serta mengandung unsur yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum memilih menu makanan ada baiknya diketahui kandungan makanan tersebut bukan hanya sekedar membuat perut kenyang, akan tetapi makanan adalah dikatakan sehat jika makanan itu mengandung protein karbohidrat, miniral, lemak, dan bervitamin.Makanan bergizi sebagai sumber energi, bahan pembangun, pelindung tubuh, dan pengatur tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi beberapa fungsi tersebut, kita harus makan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi yaitu makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Adapun zat gizi yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Berikut ini zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Karbohidrat
Fungsi karbohidrat bagi tubuh sebagai berikut.
1)Sebagai sumber tenaga (misalnya glukosa)
2) Sebagai makanan cadangan (misalnya pati pada tumbuhan)
3)Untuk mempertahankan suhu tubuh.Bahan makanan yang mengandung karbohidrat antara lain: gandum, beras, jagung, sagu, dan ketela pohon.

Lemak
Makanan sumber lemakLemak juga sebagai sumbertenaga. Lemak ini berfungsi sebagai makanan cadangan. Bahan makananyang mengandung lemak antara lain:kelapa, kacang tanah, kuning telur, keju,dan daging.

Protein
Protein berguna sebagai zat pembangun tubuh. Makanan yang berproteinberguna untuk pertumbuhan, perkembangan, dan mengganti sel-sel tubuh yangrusak. Bahan makanan yang mengandung protein antara lain susu, daging, putihtelur, dan kacang-kacangan terutama kedelai.

Baca Juga :

Belajar Biologi : Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Lengkap



Mineral
Mineral merupakan zat pengatur tubuh. Mineral diperlukan oleh tubuh dalamjumlah sedikit. Walaupun tubuh hanya membutuhkan sedikit, kita harus tetapmemenuhinya. Jika tubuh kekurangan mineral, kesehatan akan terganggu.Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti tertera dalam tabel berikut.
  • Fosfor, berguna untuk :Pertumbuhan sel-sel dalam tubuhsumber :Ikan, kacang-kacangan, susu,dan keju. Akibat kekurangan fosfor :tulang dan gigi rapuh, hilang napsu makan, rakhitis,lesu, sakit tulang;
  • Fluor, berguna untuk :Pembentukan tulang dan gigi.dan Mencegah kerusakan gigi.Sumber : Susu, kuning telur, ikan laut, danotak. Akibat kekurangan fluor menyebabkan gigi rusak;
  • Kalsium, berguna untuk :Pembentukan tulang dan gigi.sumber : Sayuran kol, wortel, kacangkacangan,bawang, susu, dankeju. Akibat kekurangan kalsium :pembekuan darah lambat, tulang dan gigi rapuh;
  • Zat besi, berguna untuk :Membantu kerja otot dan saraf, membentuk sel darah merah.,mencegah penyakit kurang darah(anemia).sumber : Sayuran hijau (bayam, kangkung). Akibat kekurangan zat besi adalah anemia;
  • Yodium, berguna untuk mencegah penyakit gondok. sumber : Ikan laut, garam beryodium, dansayuran hijau.Tanda yang paling umum dikenal akibat kekurangan iodium adalah gondok, atau pembengkakan kelenjar tiroid di leher. Kekurangan iodium terutama mempengaruhi perkembangan otak.

 Baca Juga:

Pembuatan Makanan pada Tumbuhan ( fotosintesis ) Lengkap



Vitamin
Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh. Vitamin dapatmencegah timbulnya penyakit. Sebaliknya, kekurangan vitamin (avitaminosis) dapatmengganggu kesehatan. Misalnya sariawan dan radang gusi akibat tubuh kekurangan vitamin C, kebutaan (xeropthalmia) akibat kekurangan vitamin A, sel-sel darah merah pecah, penimbunan lemak pada otot akibat kekurangan vitamin E, beri-beri akibat kekurangan vitamin B, pembekuan darah dan penyembuhan luka lambat akibat kekurangan vitamin K. Beberapa jenis vitamin dapat larut dalam air, contohnya vitamin B dan vitamin C. Sedangkan vitamin yanglarut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Berikut ini daftar beberpa vitamin, sumber dan kegunaanya.
No.VitaminSumber BahanKegunaan
1.AHati, susu, mentega, minyak ikan,kuning telur, sayuran, wortel, buah-buahan yang berwarna merah seperti pepaya dan tomat
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Menjaga kesehatan mata.
  3. Menjaga kesehatan kulit.
2.B1Daging, hati, telur, susu, beras merah, bekatul, dan kacang hijau.
  1. Membantu pencernaan makanan.
  2. Mencegah penyakit beri-beri.
  3. Meningkatkan nafsu makan.
3.CBuah-buahan dan sayuran segar seperti jeruk, nanas, cabai, tomat, dan pepaya.
  1. Mencegah sariawan.
  2. Membantu daya tahan tubuh terhadap infeksi.
  3. Menjaga agar dinding pembuluh darah kuat.
  4. Menyembuhkan luka.
  5. Menjaga tulang, gigi, dan gusi agar tetap sehat.
4.DMinyak ikan, kuning telur, susu, mentega, dan ikan.
  1. Membantu proses pertumbuhan tulang.
  2. Mencegah penyakit rakhitis dan osteoporosis.
  3. Membentuk dan memelihara tulang serta gigi
5.EBiji-bijian (terutama yang sedang berkecambah), telur, mentega, dan susu.
  1. Mencegah kemandulan.
  2. Pelindung sel-sel darah merah.
  3. Menghaluskan kulit.
  4. Menyuburkan rambut.
6.K Sayuran hijau, kacang kedelai,susu, kuning telur, bayam, kangkung, dan kubis.Membantu proses pembentukan darah.
Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, melancarkan pencernaanmakanan, dan mengatur suhu tubuh. Air dapat diperoleh dari air yang kita minum. Selain itu, air juga diperoleh dari bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Pada kondisi normal kita membutuhkan minimal 2,5 liter air setiap hari. Tubuh akan terasa lemas jika kita kekurangan air. Oleh karena itu, perbanyaklahminum, terutama air putih.

0 Response to "Pengertian Makanan Bergizi dan Penjelasannya Lengkap"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel