SafelinkU | Shorten your link and earn money

Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah Artikel Lengkap

kampungilmu.web.id - Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah - Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki rongga, jantung terletak didadam tubuh tepat berada dibagian dada. Jantung terdiri dari empat bagian ruang, bagian atrium merupakan ruang yang mengumpulkan darah, sedangkan vertikel merupakan ruang yang mengeluarkan darah. Ruang vertikel hanya memilki satu katup saja, hal ini agar pemompaan pada darah terjadi dalam satu arah.

Fungsi Jantung

Fungsi jantung yang utama yaitu, menyediakan dan memenuhi kebutuhan oksigen untuk tubuh serta membersihkan tubuh dari karbondoiksida. Jantung menjalankan fungsinya dengan cara mengumpulkan darah yang mengandung oksigen, dan memompanya keseluruh tubuh, apabila bagain-bagian tubuh telah mendapatkan suplai oksigen yang cukup, jantung akan menarik darah yang mengangkut karbondioksida untuk dialirkan kembali ke paru-paru dan kemudian dibuang melalui paru-paru dan akan digantikan kembali oleh oksigen yang baru saja tertampung di paru-paru. 


Baca Juga:

Mengenal Lebih Jauh Pengertian, Struktur dan Fungsi Mitokondria



Jantung akan mengalirkan darah dengan cara memberikan denyutan, saat terjadi denyutan jantung akan mengempis dan menggelembung. Saat mengempis jantung akan terisi oleh darah setelah jantung terisi dengan darah secara penuh, jantung akan mengelembung dan akan bersiap untuk memompa darah dengan sangat kuat agar seluruh bagian-bagian tubuh terpenuhi, proses ini disebut dengan diastol dan sistol. Darah yang telah mendistribusikan oksigen keseluruh bagian tubuh akan ditukarkan oleh darah yang mengendung karbondioksida. Karbondioksida ini merupakan sisa-sisa dari metabolisme yang dilakukan oleh tubuh. Darah akan mengalir ke jantung sebelah kanan dengan melewati pembuluh vena cava. Setelah itu darah yang berasal dari ventrikel kanan akan dipompa dan akan melewati katup pulmonalis sehingga akan menuju ke paru-paru. Sedangkan darah yang mengandung oksigen akan mengalir melalui pembuluh vena pulmonalis yang akan menuju kebagian atrium kiri jantung,sehingga jantung dapat memompa darah keluruh bagian tubuh.

Fungsi Pembuluh Darah

Selain jantung, alat vital lainnya yang sangat penting bagi kehidupan manusia adalah pembuluh darah. Fungsi pembuluh darah ialah mengalirkan darah ke seluruh tubuh, jadi pembuluh darah ini dijadikan sebagai saluran atau tempat jalanya darah yang akan menuju ke seluruh tubuh atau dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pembuluh darah terdiri dari pembuluh arteri,pembuluh arteriola, pembuluh kapiler, pembuluh venula dan pembuluh vena. Pembuluh Arteri merupakan pembuluh yang kuat dan lentur. Pembuluh ini tugasnya membawa darah yang berasal dari jantung menuju ke seluruh tubuh. Pembuluh ini menerima tekanan darah yang paling tinggi, hal ini dikarenakan jantung memberikan tekanan yang sangat kuat saat memompa darah sehingga embuat darah akan sampai ke seluruh bagian-bagian tubuh. Kelenturan dari pembuluh arteri membantu mempertahankan kekuatan tekanan darah yang diberika oleh denyut jantung. Pembuluh arteri akan terhubung atau meruncing pada arteriola dan terhubung dengan kapiler, kapiler ini akan terhubung dengan pembuluh venula. Pada pembuluh inilah terjadi pertukaran kandungan dalam darah. Setelah kandungan dalam darah telah bertukar, darah akan dialirkan ke pembuluh vena yang nantinya kan dikembalikan ke jantung. 

0 Response to "Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah Artikel Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel