Sunday, 7 October 2018

Mengenal Sudut Lengkap Beserta Penjelasan

kampungilmu.web.id - Sudut dalam geometri adalah besaran rotasi suatu ruas garis dari satu titik pangkalnya ke posisi yang lain. Besar sudut pada lingkaran 360°.Besar sudut pada segitiga siku-siku 180°.Besar sudut pada persegi/segi empat 360°.Untuk mengukur sudut dapat digunakan busur derajat. Tiap sudut segitiga sama sisi masing masing 60°, karena semua sudutnya sama besar maka 180° :3 = 60°. Sedangkan tiap sudut persegi 90° karena semua sudutnya juga sama besar maka 360° :4 = 90°.

Hampir semua benda yang ada di sekitar kita memiliki sudut. Misalnya meja, kursi, pintu, dan sebagainya. Sebuah sudut terbentuk jika dua garis berpotongan. Lambang sudut adalah ∠. Perhatikan gambar di bawah. Kedua garis berpotongan di B. Terbentuk 4 sudut. BA dan BC disebut sinar AB dan sinar BC. Kedua sinar mempunyai titik pangkal sama, yaitu B. Kedua sinar membentuk sudut B atau ∠B. ∠B dapat dilambangkan dengan 3 huruf. Sehingga ∠B dapat ditulis ∠ABC atau ∠CBA. AB dan BC disebut kaki sudut.
Sudut
A. Mengukur Sudut dengan Satuan Tidak Baku
Besar sudut dapat diukur dengan menggunakan alat ukur tidak baku yaitu sudut yang ukurannya lebih kecil. Cara mengukur besar sudut menggunakan satuan tidak baku adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan sudut besar (sudut yang akan diukur besarnya) dan beberapa sudut kecil yang kongruen (ukurannya sama besar)
  2. Himpitkan titik sudut besar (sudut yang akan diukur besarnya) dengan titik sudut kecil pertama (sudut yang digunakan sebagai satuan tidak baku) dengan salah satu kaki kedua sudut itu dihimpitkan.
  3. Ulangi langkah tersebut dengan cara menghimpitkan titik sudut besar dengan titik sudut kecil kedua dengan salah satu kaki sudut kecil kedua dihimpitkan dengan kaki sudut kecil pertama.
  4. Ulangi langkah tersebut hingga sudut tertutup sepenuhnya oleh sudut kecil.
  5. Besar sudut besar ditunjukkan oleh banyaknya sudut kecil yang menutup sudut besar.

Baca Juga:

Pengukuran Panjang Lengkap Beserta Penjelasannya




Sudut Tidak Baku

B. Mengukur sudut dengan satuan baku
Pengukuran sudut dengan satuan baku merupakan pengukuran sudut yang hasilnya tetap atau sesuai dengan standar yaitu menggunakan busur derajat,.  Satuan baku dalam pengukuran sudut adalah derajat (°) sedangkan alat yang digunakan untuk mengukur besar sudut adalah busur derajat. Untuk dapat mengukur besar sebuah sudut dapat mnegikuti langkah-langkah sebagai berikut.
Busur Derajat
Langkah 1
Impitkan salah satu kaki sudut dengan pusat busur.

Langkah 2
Kita baca dari kanan ke kiri. Titik O menunjukkan 0° dan titik D menunjukkan 130°. Jadi, besar sudut COD adalah 130°.

Sudut terdiri dari beberapa jenis, antara lain sudut 0 derajat, sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul.
  1. Sudut 0 derajat, Sudut 0°,  jika kaki-kakinya berimpit dengan jarak putar 0°.
  2. Sudut lancip, Sudut lancip adalah suatu sudut yang dibangun oleh perputaran yang kurang dari seperempat lingkaran tetapi tidak sama dengan nol, sehingga besar sudut lancip berkisar 0° dan 90°.
  3. Sudut siku, Sudut siku-siku adalah suatu sudut yang dibangun oleh perputaran sebesar seperempat lingkaran, sehingga besar sudut siku-siku adalah 90°.
  4. Sudut lurus, Sudut lurus adalah suatu sudut yang dibangun oleh perputaran sebesar setengah lingkaran, sehingga sudut lurus besarnya 180°.
  5. Sudut tumpul, Sudut tumpul adalah suatu sudut yang dibangun oleh perputaran diantara seperempat lingkaran dan setengah lingkaran, sehingga sudut tumpul besarnya berkisar antara 90° dan 180°.
  6. Sudut refleks,Sudut refleks adalah suatu sudut yang dibangun oleh perputaran di antara setengah lingkaran dan satu lingkaran, sehingga sudut refleks besarnya berkisar antara 180° dan 360°.
  7. Sudut 360°, Sudut 360°, jika kaki-kakinya kembali berimpit setelah jarak putarnya satu putaran penuh.

Baca Juga:

Faktor dan Kelipatan Lengka Beserta Penjelasan



Related Posts

Mengenal Sudut Lengkap Beserta Penjelasan
4/ 5
Oleh