SafelinkU | Shorten your link and earn money

Tahap Perkembangan Embrio Pada Manusia Artikel Lengkap

Kampungilmu.web.id - Tahap perkembangan embrio pada manusia – Setelah sebelumnya saya bahas tentang pengertian embrio. Sekarang saya bahas tentang tahap perkembangan embrio pada manusia. Masalah tentang tiga tahap perkembangan embrio pada manusia. Sebagai umat muslim yang berpegang teguh terhadap Al Qur’an harusnya kita sudah tahu, jika sebetulnya di dalam Al Qur'an itu telah dijelaskan tentang proses penciptaan manusia. proses itu diciptakan melalui tiga buah tahapan yang ada di dalam rahim ibunya.

Seperti arti kandungan dari ayat Al Quran berikut "…Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?" (terkandung dalam Al Qur'an, ayat 39: surat ke 6). Dari ayat tersebut dapat dipahami, bahwa seorang manusia itu diciptakan dari dalam tubuhseorang ibu, melalui tiga buah tahapan yang berbeda. Dan saat inipun, ilmu biologi itu sudah semakin modern. Buktinya ilmu biologi telah mengungkap tentang pembentukan embrio pada manusia itu terjadi melalui tiga fase di dalam rahim ibu. Bagaimana tahap perkembangan embrio pada manusia tersebut? Yuk kita pelajari bersama.


Baca Juga:

Proses Peredaran Darah Pada Manusia Artikel Lengkap



Tahap perkembangan embrio

Tahap perkembangan embrio itu meliputi tiga buah tahapan seperti yang telah saya jelaskan di atas. Tiga buah tahapan perkembangan embrio tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Tahap Pre embrionik. Tahap ini merupakan tahapan yang pertama, yaitu zigot setelah terjadinya pembuahan sel telur itu akan tumbuh membesar melalui cara pembelahan sel, sehingga terbentuklah segumpalan sel dan kemudian akan membenamkan diri didalam dinding rahim seorang wanita. Sel sel yang telah membenam pada dinding rahim itu kemudian akan menyusun dan mengatur diri mereka sendiri untuk membentuk tiga buah lapisan. Hal ini terjadi seiring dengan terjadinya pertumbuhan zigot tersebut yang akan semakin membesar
  2. Tahap Embrionik. Tahapan ini merupakan tahap yang kedua, disini akan berlangsung sampai dengan lima setengah minggu. Pada masa ini disebut dengan embrio. Disini, organ dan juga sistem tubuh bayi akan mulai terbentuk dari suatu lapisan lapisan sel yang ada pada tahap pertama. 
  3. Tahap fetus. Diawali dari tahap ketiga ini, bayi disebut dengan istilah fetus. Tahap ini diawali dari usia kehamilan pada bulan yang kedelapan dan akan diakhiri pada proses kelahiran. Ciri khusus dari tahap ini adalah fetus telah terlihat menyerupai manusia, memiliki wajah, kedua buah tangan dan juga ke dua buah kaki. Pada awalnya hanya memiliki panjang sekitar 3 cm, namun semua organ telah nampak jelas. Tahap ini akan berlangsung hingga 30 mingguan, dan akan terus berkembang hingga menjelang kelahiran.

Tahap perkembangan pada manusia

Tahap perkembangan pada manusia itu terjadi melalui dua buah fase, yaitu fase perkembangan embrionik yaitu fase yang terjadi di dalam kandungan atau sebelum bayi dilahirkan dan fase yang ke dua adalah fase pasca embrionik atau fase setelah bayi dilahirkan.
  1. Fase perkembangan embrio meliputi, Pre embrionik, Embrionik, dan fetus
  2. Fase pasca embrio meliputi, fase bayi, fase anak anak, fase remaja, fase dewasa, dan fase tua

0 Response to "Tahap Perkembangan Embrio Pada Manusia Artikel Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel