SafelinkU | Shorten your link and earn money

Pengertian ,Ruang Lingkup , Contoh Ekonomi Manajerial ( Artikel Lengkap )

Pengertian Ekonomi Manajerial Menurut Para Ahli

  1. Wikipedia

    Pengertian ekonomi manajerial menurut Wikipedia adalah aplikasi teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien.
  2. Hirschey (2003)

    Pengertian ekonomi manajerial menurut Hirschey adalah aplikasi teori dan metode ekonomi dalam proses pengambilan keputusan manajerial dan administratif.
  3. Dominic Salavatore (1996)

    Pengertian ekonomi manajerial menurut Dominic Salvatore adalah pengetahuan yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan pengambilan keputusan yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan secara efisien.
  4. Evan J. Douglas (1995)

    Pengertian ekonomi manajerial menurut Evan J. Douglas adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses pengambilan keputusan perusahaan atau organisasi.
  5. Ket (2000)

    Pengertian ekonomi manajerial menurut Ket adalah ilmu dan seni tentang bagaiman mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  6. Mc. Connel (1993)

    Pengertian ekonomi manajerial menurut Mc. Connel adalah alat analisis yang sangat berguna bagi manajer dalam pengambilan keputusan bisnis. Sesuai namanya, ekonomi manajerial merupakan hibrid dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial adalah sebuah penerapan ilmu yang menggabungkan antara ilmu ekonomi dan pengambilan keputusan. Maka berikut ini adalah ruang lingkup ekonom manajerial:
  • Ekonomi Manajerial dan Teori Ekonomi

    Keputusan manajemen dapat mengatasi masalah suatu organisasi dengan diterapkannya teori ekonomi dan perangkat ilmu keputusan. Dalam teori ekonomi ada teori ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku ekonomis secara individual sebagai unit pengambil keputusan, seperti konsumen individu, pemilik sumber daya, dan perusahaan bisnis didalam perdagangan bisnis dan sistem perdagangan bebas.
    Sebaliknya, ekonomi makro adalah ilmu yang membahas tentang output, pendapatan, pekerjaan, konsumsi, investasi dan harga secara total atau agreagat di perekonomian yang dilihat secara semua.
  • Ekonomi Manajerial dan Pengambilan Keputusan

    Prinsip-prinsip ekonomi manajerial pengambilan keputusan oleh manajer yang berhubungan dengan mengalokasikan sumber-sumber daya yang langka secara efisien antara lain: Man, Money, Material, Methode
    Ekonomi manajerial menuju pada aplikasi teori ekonomi dan perangkat ilmu keputusan untuk menemukan penyelesaian secara optimal dalam berbagai masalah keputusan manajerial
  • Ekonomi Manajerial dan Ilmu Keputusan

    Ilmu keputusan yang terdiri dari matematika ekonomi dan ekonometri (statistika) untuk membentuk dan mengestimasi model keputusan yang bertujuan utk menentukan perilaku optimal perusahaan yaitu mencapai tujuannya dengan cara yang paling efisien.
    Matematikan ekonomi juga bisa dipakai untuk membuat formula (menggambarkan dalam bentuk persamaan) model ekonomi yang dalam teori ekonomi dan dipakai untuk peramalan (forecasting).
  • Ekonomi Manajerial dan Ilmu Administrasi Bisnis

    Dalam pengambilan keputusan, ekonomi manajerial dan area fungsional ilmu administrasi bisni adalah latar belakangnya. Yang termasuk administrasi adalah ekuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen Sumber Daya Manusia dan produksi.
    Jadi ekonomi manajerial adalah penggabungan teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan dan area fungsi ilmu administrasi bisnis. Ketiga hal tersebut berhubungan satu sama lain dalam organisasi untuk mencapai tujuan dengan cara yang lebih efisien.

     

Contoh Ekonomi Manajerial

Contoh penerapan ekonomi manajerial adalah dapat dilihat di suatu rumah sakit dalam menjalankan kegiatan mengobati pasien tentu rumah sakit harus menghitung sebarapa banyak pasien yang mampu atau bisa ditangani setiap harinya. Selain itu, rumah sakit juga harus menentukan bagaimana dokter, perawat, dan para pekerja di rumah sakit bisa bekerja secara berkesinambungan dan bergantian dalam kurung waktu tertentu. Dalam hal ini harus ada suatu keputusan yang tepat supaya tidak terjadi suatu kekurangan atau kesalahan.



Penelusuran yang terkait dengan Ekonomi Manajerial

  • tujuan ekonomi manajerial
  • materi ekonomi manajerial
  • pengertian ekonomi manajerial menurut para ahli indonesia
  • hubungan ekonomi manajerial dengan ilmu lain
  • contoh kasus ekonomi manajerial dalam perusahaan
  • ekonomi manajerial pdf
  • ekonomi manajerial ppt
  • contoh soal ekonomi manajerial

0 Response to "Pengertian ,Ruang Lingkup , Contoh Ekonomi Manajerial ( Artikel Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel