Pengertian Dan Tujuan Dakwah

Pengertian dan tujuan dakwah - Perkataan dakwah sering kali kita dengar dalam kehidupan sehari hari. Kata dakwah sering kali dianggap bahwa hal itu hanya layak disampaikan oleh golongan tertentu saja seperti alim ulama, ustadz, ustadzah, malah yang mempunyai sijil pengikhtirafan saja yang layak untuk berdakwah. Masyarakat masih beranggapan berdakwah ini hanya layak buat ilmuwan atau cendiakawan Islam saja. Dakwah sebagai satu program (barnamij) yang lengkap, yang kesemua peringkatnya mengandungi semua ilmu pengetahuan yang menjadi satu keperluan kepada manusia bagi menjelaskan tujuan dan matlamat hidup dan bagi menyingkap panduan jalan yang menjadi petunjuk kepada mereka.

Pengertian dakwah

Pengertian Dakwah dalam islam merupakan suatu tindakan untuk menyeru, mengajak, memanggil umat manusia untuk beriman dan taat kepada Allah SWT serta kembali kepada suatu ajaran yang benar menurut syariat islam. Dakwah juga diartikan sebagai suatu usaha untuk membawa orang lain kepada agama Islam, supaya mengikut petunjuk agama ini, melaksanakan segala ketetapannya di muka bumi ini, mengkhususkan segala bentuk penghambaan diri, permohonan dan taat kepada Allah sahaja, melepaskan diri dari segala kongkongan yang bukan daripada Allah (taghut) yang terpaksa dipatuhi, memberi hak kepada orang lain yang ditentukan hak oleh Allah, menyeru kepada kebaikan dan mencegah segala kemungkaran, dan bejihad pada jalan-Nya.

Dakwah Islamiah itu meruapakan suatu gerakan yang membawa atau mengubah masyarakat daripada keadaan kekufuran kepada keadaan keimanan, daripada keadaan kegelapan kepada keadaan cahaya dan daripada keadaan sempit kepada keadaan lapang, di dunia dan di akhirat. Jadi dapat di simpulkan bahwa dakwah itu merupakan salah satu usaha seseorang atau berkumpulan untuk menyeru manusia dengan menggunakan beberapa pendekatan tertentu untuk membawa manusia kepada keridhaan Allah SWT.


Unsur-Unsur Dakwah

Ketika akan berdakwah maka harus ada unsur-unsurnya. Karena unsur adalah hal yang terpenting dalam berdakwah, karena tanpa unsur yang lengkap roda dakwah tidak akan berjalan dengan lancar.
Unsur-unsur dakwah yaitu :

1). Da’i

Da’i adalah orang yang berdakwah atau orang yang menyeru dan mengajak pada kebaikan menuju ridho Allah.Da’i juga sering disebut sebagai mubaligh yaitu orang yang menyampaikan kebaikan, menyampaikan kebaikan agar selamat dunia-akhirat.
Perlu diketahui bahwa Da’i itu manusia yang bisa salah jadi ketika seorang da’i membuat kesalahan jangan menyalahkan dia atau men-judge dengan berkata “dai kog salah gimana sih” karena kata seperti itu bisa membuat seorang da’i menjadi down dan tak mau menyampaikan kebaikan lagi.
Bisa Menjaga sikap dan akhlak pada siapapun adalah keharusan seorang da’i. Karena menjadi Da’i harus memiliki stok sabar yang lebih.

2). Mad’u (Mitra Dakwah )

Maksudnya mitra dakwah adalah orang yang akan menjadi sasaran dakwah.Yang menjadi sasaran dakwah adalah mereka yang telah jauh dari ajaran islam atau orang yang dia itu tersentuh oleh kebudayaan asli daerah yang menyimpang dari agama islam.Karena dengan berdakwah dengan mad’u bertujuan agar mereka berubah dan kembali ke jalan Allah.

3). Maddah (Materi Dakwah)

Ketika seorang pendakwah akan berdakwah seharusnya memiliki materi yang akan dia sampaikan.Dan Maddah yang disampaikan tidak boleh menyimpang dari ajaran islam.Karena berdakwah itu tujuannya untuk menyebarkan agama islam bukan ajaran yang sesat.

4). Wasilah (Media Dakwah)

Adalah alat yang menjadi perantara dakwah.Ketika berdakwah banyak wasilah yang bisa digunakkan seperti dahulu zaman walisongo yang menggunakan wayang sebagai alat dakwahnya agar dapat mudah diterima oleh masyarakat sekitar.Menurut Hamzah Ya’qub media dakwah dibagi menjadi lima yaitu : lisan, tulisan, lukisan, audio visual, dan akhlak.
Dengan memiliki akhlak yang baik kita bisa berdakwah lebih mudah dengan cara memberi contoh akhlak yang mulia kepada masyarakat dalam diri kita.

5). Thoriqoh (Metode Dakwah) 

Yaitu tata cara kita menyampaikan dakwah agar sampai tujuan yang kita inginkan.
Contohnya dengan membentuk halaqoh atau pengajian para pemuda.

6). Atsar (Efek Dakwah)

Setiap yang kita lakukan pasti akan menghasilkan efek atau hasil begitu juga dakwah.
Ketika kita berdakwah lalu ada perubahan dalam diri seseorang setelah apa yang kita dakwahkan itu skan membawa kebahagiaan sendiri dalam diri kita.
Efek dari dakwah itu membutuhkan proses maka dari itu kita diwajibkan bersabar atas proses tersebut.


Tujuan dakwah

Tujuan dakwah adalah mengubah pandangan hidup manusia bahawa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara kerana yang berkuasa ke atas segalanya adalah Allah SWT. Berdakwah penting dalam menyebarkan agama Islam kepada bukan hanya pada umat Islam, tetapi juga kepada mereka yang masih tercari-cari makna sebenar kehidupan ini.Tanpa dakwah, Islam tidak akan berkembang dan yang tinggal hanya Islam keturunan.

Dakwah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mengembalikan manusia kepada Allah SWT yang satu, TIADA yang lain selain Allah SWT. Mengajak manusia kepada kebaikkan dan mencegah manusia daripada melakukan kemungkaran adalah satu perkara wajib kita lakukan bagi setiap umat Islam. Apabila melihat kemungkaran berlaku di depan mata tegurlah dengan cara yang berhemah dan bersesuaian.Walau ilmu yang sedikit itu disampaikan, tetapi selagi ilmu yang sedikit itu disampaikan dapat memberikan manfaat kepada yang lain, maka ilmu yang ada itu tidak akan basi.Apalah guna ilmu yang sedikit itu jika tidak disampaikan, maka sia-sia dan tidak bergunalah ilmu itu.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Dan Tujuan Dakwah

  • pengertian dakwah
  • materi tentang dakwah
  • pengertian dakwah menurut bahasa dan istilah
  • contoh dakwah bil hikmah
  • dasar hukum dakwah
  • jenis jenis dakwah
  • tujuan dan fungsi dakwah
  • dakwah islam

0 Response to "Pengertian Dan Tujuan Dakwah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel