Pengertian Bursa Valuta Asing, Pengguna Jasa, dan Fungsi Pasarnya ( Materi Lengkap )

Kini hampir tidak mungkin suatu negara dapat memenuhi kebutuhan hidup warganya tanpa melakukan perdagangan dengan luar negeri. Sekalipun suatu negara sudah tergolong negara maju, ia tetap saja memerlukan adanya perdagangan internasional.


Jual beli yang dilakukan orang-orang dalam suatu negara tidak mengalami masalah dalam pembayarannya. Mereka menggunakan mata uang yang sama. Lain halnya dengan perdagangan internasional, pembayarannya lebih sulit sebab mata uang penjual dan pembeli belum tentu sama. Mengapa? Karena setiap negara memiliki uang yang dipergunakan sebagai alat pembayaran. Perdagangan internasional menimbulkan kebutuhan akan mata uang asing karena perdagangan ini melibatkan orang-orang yang berbeda negaranya. Oleh karena itu, muncullah kebutuhan akan mata uang asing. Mata uang asing tersebut juga disebut valuta asing (valas). Untuk kepentingan transaksi internasional, orang memerlukan valuta asing. Valuta asing tersebut bisa dibeli karena memang ada lembaga yang memperjualbelikan valuta asing.

Tempat atau lembaga yang memperdagangkan berbagai jenis mata uang asing disebut bursa valuta asing. Bursa valuta asing diselenggarakan oleh bank pemerintah, bank swasta nasional, dan bank swasta asing yang sudah menjadi bank devisa serta lembaga yang mengkhususkan kegiatannya dalam perdagangan mata uang asing. Lembaga yang mengkhususkan kegiatannya dalam perdagangan mata uang asing disebut money changer. Harga valuta asing ditentukan oleh proses permintaan dan penawaran yang terjadi melalui mekanisme pasar. Dalam ilmu ekonomi dikenal istilah kurs (nilai tukar)

Kurs adalah harga mata uang asing tertentu yang dinyatakan dalam mata uang dalam negeri. Misalnya, kurs dolar Amerika Serikat terhadap Rupiah adalah
1 US.$ = Rp8.800,00. Artinya, untuk memperoleh 1 Dolar Amerika Serikat, kita harus membayar uang sebesar Rp8.800,00. Ada beberapa peristilahan tentang kurs valuta asing yaitu sebagai berikut.
a. Kurs beli menunjukkan harga beli valuta asing pada saat bank/money changer membeli valas (valuta asing) atau pada saat seseorang menukarkan valas dengan rupiah.
b. Kurs jual menunjukkan harga jual valuta asing pada saat bank/money changer menjual valas atau pada saat seseorang menukarkan rupiah dengan valas.
c. Kurs tengah merupakan kurs antara kurs jual dan kurs beli (hasil bagi dua dari penjumlahan kurs beli dan kurs jual).

Ada beberapa peristilahan tentang kurs valuta asing yakni:
  • Kurs beli menunjukkan harga beli valuta asing pada saat bank atau money changer membeli valas atau pada saat seseorang menukarnya valuta dengan rupiah.
  • Kurs jual menunjukkan harga jual valuta asing pada saat bank atau money changer menjual valas atau pada saat seseorang menukarkan rupiah dengan valas.
  • Kurs tengah merupakan kurs antara kurs jual dan kurs beli.
 

Perbandingan Nilai Mata Uang Rupiah dengan Mata Uang Asing

Berikut ini perbandingan nilai mata uang rupiah dengan mata uang asing sebagai berikut:
Valuta Asing
Kurs Beli
Kurs Jual
Valuta Asing
Kurs Beli
Kurs Jual
Dolar USA
9.050
9.075
Yen Jepang
81,25
83,25
Euro
10.950
9.075
Ringgit
2.325
2.400
Dolar Australia
6.400
6.500
Riyal
2.325
2.400
Dolar Kanada
6.750
6.850
Dirham UEA
2.000
2.250
Pound Inggris
16.350
16.650
Dinar Kuwait
24.500
27.000
Dolar Hongkong
1.125
1.200
Dinar Bahrain
16.500
18.000
Dolar Singapura
5.200
5.300


 

Adanya kegiatan ekonomi yang bersifat internasional menyebabkan banyak pihak yang membutuhkan valuta asing. Pihak-pihak ini membutuhkan jasa bursa valuta asing. Mereka antara lain:
a. Orang yang membiayai anggota keluarganya yang hidup di luar negeri.
b. Para importir yang hendak membayar eksportir di luar negeri.
c. Para investor dalam negeri yang ingin membayar kewajiban-kewajibannya terhadap orang di luar negeri.
d. Orang-orang di dalam negeri yang akan membayar utang atau bunganya ke luar negeri.
e. Pedagang valas yang melakukan spekulasi terhadap naik turunnya nilai valuta asing.
f. Orang-orang dalam negeri yang akan berkunjung ke luar negeri.
g. Perusahaan-perusahaan asing (yang ada di Indonesia) yang akan membayar dividen kepada para pemegang sahamnya di luar negeri.
h. Pemerintah yang membutuhkan valuta asing untuk membiayai perwakilan-perwakilannya di luar negeri, menyelesaikan utang-utang luar negeri yang telah jatuh tempo, membayar bunga, dan untuk keperluan luar negeri lainnya.

Dalam rangka memperlancar pembayaran internasional, pasar valuta asing mempunyai fungsi yang amat penting. Fungsi pasar valuta asing antara lain:
a. memperlancar terjadinya kegiatan ekspor dan impor,
b. memperlancar penukaran valuta asing,
c. memperlancar pemindahan dana dari suatu negara ke negara lainnya, dan
d. memberikan tempat para pedagang valuta asing untuk melakukan spekulasi.


Pelaku Pasar Valas


Pelaku Pasar Valas (Valuta Asing) Untuk lebih jelasnya tentang hal ini, maka dipandang perlu mengenai pihak-pihak mana saja yang terlibat dalam Perdagangan Valuta Asing ( Valas ) tersebut.

Ada beberapa Pelaku Pasar Valas / Valuta Asing dibawah ini  :
1.Dealer
Dealer pada Pelaku Pasar Valuta Asing umumnya disebut juga sebagai market maker yang berfungsi sebagai pihak yang membuat pasar bergairah di pasar uang. Dealer umumnya mengkhususkan pada mata uang tertentu dan menetapkan tingkat persediaan tertentu pada mata uang tersebut. Biasanya yang bertindak sebagai dealer adalah pihak bank, meskipun ada juga beberapa yang nonbank. Mereka mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli valuta asing.

2.Perusaaan atau Perorangan
Perusahaan atau Perorangan maupun individu dapat pula melakukan transaksi perdagangan valuta asing ( valas ). Pasar valuta asing dimanfaatkan untuk memperlancar transaksi bisnis. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah eksportir, importir, investor internasional, perusahaan multinasional dan lain-lainnya.

3.Spekulan dan Arbitrator
Spekulan dan arbitrator Pada Pelaku Valuta Asing bertindak atas kehendak mereka sendiri dan mereka tidak memiliki kewajiban untuk melayani konsumen serta tidak menjamin kelangsungan pasar, berbeda dari dealer. Spekulan juga pelaku pasar yang akan meramaikan transaksi di pasar uang. Para spekulan dapat keuntungan dari perubahan atau fluktuasi harga umum ( capital gain ). Sementara itu, arbitrator memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan perbedaan harga di berbagai pasar.

4.Bank Sentral
Bank Sentral berfungsi dalam pasar valuta asing umumnya adalah sebagai stabilitator nilai tukar mata uang lokal. Bank Sentral memanfaatkan pasar valuta asing untuk mendapatkan atau membelanjakan cadangan valuta asingnya agar dapat mempengaruhi stabilitas nilai tukar mata uang sehingga berdampak positif bagi perekonomian nasional negara.

5.Pialang
Pialang dalam Pasar Valuta Asing bertindak sebagai perantara yang mempertemukan penawaran dan permintaan terhadap mata uang tertentu. Agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, perusahaan pialang memiliki akses langsung dengan dealer dan bank di seluruh dunia.




Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Bursa Valuta Asing

  • pelaku pasar valuta asing
  • pengertian valuta asing
  • mekanisme bursa valas
  • pengertian valuta asing menurut para ahli
  • jenis pasar valuta asing
  • apa saja fungsi bursa valuta asing jelaskan
  • perkembangan pasar valuta asing di indonesia saat ini
  • fungsi utama nilai tukar valuta asing

0 Response to "Pengertian Bursa Valuta Asing, Pengguna Jasa, dan Fungsi Pasarnya ( Materi Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel