SafelinkU | Shorten your link and earn money

Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas Berdasarkan waktu pemenuhannya dan Sifatnya( Materi Ekonomi )



Pengertian Ilmu Ekonomi

Semua manusia itu mempunyai masalah dan dari semua masalah yang terjadi pada manusia itu adalah maslah ekonomi dan maslah ekonomi ini tidak lain yaitu masalah keuangan mereka. Dan ilmu ekonomi itu ada agar bisa menyelesaikan masalah seperti itu selain itu ilmu ekonomi ini juga mengajarkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup di dunia ini, lalu apakah Anda sudah memahami betul – betul tentang inti masalah ekonomi yang tersebar di masyarakat pada umumnya??
Sebelum kita membahas tentang inti malasah ekonomi lebih baik kita mengetahui apa itu ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengajari manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Ilmu ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu Oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga dan Nomos yang berarti aturan, hukum, atau peraturan. jadi, ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu atuuran dalam rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Manusia untuk mempertahankan hidupnya membutuhkan makanan dan pakaian. Kebutuhan itu belum lengkap jika belummemiliki rumah tempat berlindung. Ketiga macam kebutuhandi atas merupakan kebutuhan pokok. Setelah manusia dapatmemenuhi kebutuhan makanan, pakaian, dan tempat berlindung,maka manusia akan berpikir cara mengisi rumah tersebut.Timbullah kebutuhan perabot rumah tangga, lemari pakaian,tempat tidur dan lain-lain. Namun, walaupun kebutuhan di atasterpenuhi, tetap saja akan muncul lagi kebutuhan yang lain.

Untuk memenuhi kebutuhannya,manusia melakukan berbagai cara dan berbagai pengorbanan.Contohnya, petani bercocok tanam di ladang, pedagang berjualandi pasar, guru mengajar di sekolah, dan ayah bekerja di kantor.Jumlah penduduk yang semakin meningkat dan pesatnyakemajuan zaman, serta perkembangan ilmu pengetahuan danteknologi, berdampak langsung kepada kebutuhan manusia.Pada zaman dahulubepergian cukup dengan berjalan kaki.Sekarang dengan ditemukannya kendaraanbermotor, untuk bepergian dekat punmenggunakan sepeda motor.

Manusia memiliki sifat tidakpernah puas, maka tidaklah mengherankanjika kebutuhan manusia tidak terbatas.Ada beberapa hal yang menyebabkankebutuhan manusia tidak terbatas, antaralain:
  • Sifat manusia yang tidak pernah puas,
  • Pertambahan penduduk,
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,
  • Perubahan taraf hidup yang semakin meningkat,
  • Kebudayaan yang semakin maju, dan
  • Semakin mudahnya transportasi.

Pengelompokan Kebutuhan Manusia
Kebutuhan manusia yang tidak tidak terbatasmenurut ilmu ekonomi dapat dikelompokkan berdasarkanbeberapa sudut pandang. Pengelompokan kebutuhan itu adayang berdasarkan tingkat kepentingan, waktu pemenuhan, sifat,dan subjeknya.Pengelompokan kebutuhan manusia berdasarkan tingkatkepentingan terdiri atas kebutuhan primer, sekunder dan tersier.
  • Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.Kebutuhan primer contohnya kebutuhan akan makan, minum,pakaian, perumahan, dan kebutuhan akan pendidikan.
  • Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan manusia yangkedua, karena muncul setelah kebutuhan primer terpenuhi.Kebutuhan ini bersifat tidak pokok, namunjika kebutuhan ini terpenuhi akan dapat meningkatkan kualitashidup seseorang atau kehidupan seseorang menjadi lebih baik.
  • Kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang-barangmewah. Kebutuhan ini disebut juga dengan kebutuhan luks.Kebutuhan tersier ini akan muncul setelah kebutuhan primerdan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier misalnya perhiasan, telepongenggam, laptop, televisi LCD, antena parabola, dan mobilmewah.



Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan terdiriatas kebutuhan masa kini dan masa akan datang.
  • Kebutuhanmasa kini adalah kebutuhan yang dirasakan mendesak, harussegera dipenuhi. Apabila kebutuhan ini tidak tercapai dalampemenuhannya, maka kehidupan seseorang akan terganggu,misalnya kebutuhan makan bagi orang yang lapar, kebutuhanminum bagi orang yang haus.
  • Kebutuhan masa akan datang adalah kebutuhanyang pemenuhannya dapat ditangguhkan sampai waktu yangtelah ditentukan. Kebutuhan ini dapat ditunda karena kebutuhantersebut belum dirasakan mendesak atau masih belum banyakpenggunaannya, misalnya kebutuhan akan payung atau jashujan untuk persediaan musim penghujan nanti.

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan jasmani dan rohani.
  • Kebutuhanjasmani adalah kebutuhanyang berhubungan dengan kesehatanfisik manusia. Misalnya,agar kesehatan seseorangterjaga, maka ia harus cukupmengonsumsi makanan yangkaya akan gizi dan berolahraga.
  • Kebutuhan rohani adalahkebutuhan yang berhubungandengan kesehatan mental ataujiwa seseorang. Kebutuhan inimeliputi beribadah kepadaTuhan YME, rekreasi, atau menuntut ilmu untuk menambahpengetahuan.

Kebutuhan berdasarkan subjeknya yangterdiri atas kebutuhan pribadi dan sosial.
  • Kebutuhan pribadiberhubungan dengan selera atau pilihan masing-masing. Misalnya model, warna, corak, dan ukuranya akanberbeda sesuai dengan selera masing-masing.
  • Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang diperlukan olehorang banyak, meliputi keluarga hingga masyarakat. Kebutuhansosial ini sifatnya dapat dinikmati oleh orang banyak. Misalnyalingkungan tempat tinggalmu mungkin seluruhwarga membutuhkan pos kamling untuk keperluan ronda malam,masjid sebagai sarana ibadah warga, atau jembatan untuk saranalalu lintas.

Kelangkaan Sumber Daya
Kebutuhan manusia yang tidak terbatas, beraneka ragam,dan berlangsung terus-menerus membutuhkan alat pemuaskebutuhan. Alat pemuas kebutuhan itu berupa barang danjasa. Untuk menghasilkan barang-barang pemuas kebutuhan,manusia memerlukan sumber daya. Sumber daya dalam ilmuekonomi terdiri atas sumber daya alam, sumber daya manusia,dan modal.

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bisa dimanfaatkanmanusia untuk memenuhi kebutuhannya yangberasal dari alam. Contohnya berbagai jenis hewan dan tumbuhan,barang tambang, air, dan tanah.Sumber daya alam dapat digolongkan menurut beberapakriteria tertentu. Penggolongan sumberdaya alam tersebut adalahseperti berikut.

a. Berdasarkan sifat
  • Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewableresource), yaitu sumber daya alam yang keberadaannyamasih dapat dipertahankan keberadaannya melaluipembaruan atau perkembangbiakan. Contohnya tanamanpertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan.Namun, untuk pembaruan dan pengembangbiakan,manusia membutuhkan pengorbanan.
  • Sumber daya alam yangtidak dapat diperbarui(unrenewable resources),yaitu sumber daya alamketika habis dipakaitidak dapat diusahakanlagi keberadaannya.Hal ini karena prosespembentukannya membutuhkanwaktu geologiyang berjuta-juta tahunlamanya. Misalnya,barang-barang tambang.Sumber daya ini bersifatterbatas.
  • Sumber daya alam lestari (lasting resources), yaitu sumberdaya alam meskipun dipakai secara terus-menerus,keberadaannya akan tetap ada atau awet, walaupunkualitas dari sumber daya alam tersebut menurun.Contohnya air, udara, panas bumi, dan sinar matahari.

b. Berdasarkan potensinya
  • Sumber daya alam materi, yaitu sumber daya alam yangdimanfaatkan dalam bentuk fisik, seperti batu, emas,kayu, besi, dan serat kapas.
  • Sumber daya alam energi, yaitu sumber dayaalam yang dimanfaatkan sebagai sumber
  • energi, misalnya angin, air, batubara, minyakbumi, dan gas alam.
  • Sumber daya alam ruang, yaitu sumber dayaalam yang berupa ruang atau tempat hidupseperti area tanah, perairan, dan udara.

Sumber daya manusia disebut juga sumbertenaga kerja. Sumber daya manusia ini tidak kalahpentingnya dengan sumber daya alam. Tanpaadanya sumber daya manusia, maka sumber dayaalam tidak akan dapat dikelola dengan baik.Di Indonesia, manusia yang digolongkansebagai tenaga kerja ialah yang berumur 15-65tahun.

Sumber daya yang ketiga ialah modal. Modal dapat berupauang dan barang. Modal yang berupa barang misalnya bangunantempat usaha, lahan pertanian, perangkat kantor, dan mesin-mesinproduksi. Modal didapatkan melalui pengorbanan. Modal disebut sebagai sumber daya yang terbatas pula. Hal itu terjadi karena alat pemuaskebutuhan jumlahnya sedikit dan sukar didapat. Alat pemuaskebutuhan yang jumlahnya sedikit dan sukar didapat disebutlangka (scarcity).


Alat pemuas kebutuhan jumlahnya sedikit dan terbatasdisebabkan oleh beberapa hal. Beberapa penyebabkelangkaan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan yangdimaksud adalah sebagai berikut.
  • Sukar memperolehnya, contohnya tenaga ahli yang sangatdibutuhkan dalam berbagai bidang jumlahnya sedikit.
  • Barang atau jasa tersebut sangat banyak yang membutuhkan,contohnya minyak bumi banyak dibutuhkan kegiatanindustri dan transportasi, tetapi jumlahnya terbatas dansemakin lama semakin habis.
  • Letak geografis atau tempat, contohnya buah kurma hanyatumbuh di Arab Saudi atau rempah-rempah banyak terdapatdi Indonesia.

 Alasan Mengapa Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas


Berikut ini faktor-faktor yang menjelaskan kenapa kebutuhan manusia tidak terbatas:
  1. Peningkatan populasi. Masing-masing individu memiliki kebutuhan yang sangat berama. Oleh karena itu, semakin banyak populasi, semakin beragam kebutuhan mereka karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Beberapa kenis kebutuhan baru muncul sedangkan beberapa yang lain menghilang atau tergantikan.
  2. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bayangkan, 10-20 tahun yang lalu kita tidak membutuhkan smartphone karena kita dapat berkomunikasi dengan orang yang kita cintai secara langsung. Tetapi, saat ini, gadget ini adalah salah satu kebutuhan penting karena dapat membantu melakukan banyak hal dan mengatasi jarak.
  3. Peningkatan standar hidup. Orang miskin tidak mengkonsumsi daging sebanyak orang kaya. Demikian juga, ketika pendapatan meningkat, kita akan membeli barang-barang mewah untuk alasan gengsi atau status sosial kita.
  4. Efek dari lingkungan sosial dan tempat tinggal. Ketika orang Afrika pindah ke Amerika Serikat, mereka harus menempuh pendidikan tinggi untuk bersaing demi pekerjaan, sesuatu yang mungkin tidak mendesak di Afrika.
  5. Perubahan budaya. Latar belakang budaya mempengaruhi bagaimana orang memenuhi kebutuhan dasar mereka. Ketika baby boomers memasuki usia tua, mereka menunjukkan tingkat kebugaran fisik, mental dan emosional yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya. Umur panjang ini menghadirkan kebutuhan penuaan yang unik dari baby boomer yang dapat secara luas dibagi menjadi lima kategori: kebutuhan fisik, emosional, finansial dan sosial.



Penelusuran yang terkait dengan Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas

  • apa yang dimaksud kebutuhan manusia itu tidak terbatas berilah contohnya
  • kebutuhan manusia yang tidak terbatas tercermin dalam sifat manusia yaitu
  • masalah kebutuhan manusia yang tidak terbatas
  • kebutuhan manusia yang tidak terbatas dipengaruhi oleh hal hal berikut kecuali
  • sebutkan dan jelaskan macam macam kebutuhan manusia yang tidak terbatas beserta contohnya
  • alat pemuas kebutuhan terbatas
  • kebutuhan manusia adalah
  • setiap manusia memiliki kebutuhan yang beragam dan tidak terbatas

0 Response to "Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas Berdasarkan waktu pemenuhannya dan Sifatnya( Materi Ekonomi )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel