Monday, 8 October 2018

Sifat-Sifat Segitiga Sama Sisi, Segitiga Sama Kaki dan Segitiga Sembarang

Sifat-Sifat Segitiga Sama Sisi


Segitiga ini sangat gampang dan mudah untuk memahami sifat-sifatnya. Silahkan di simak selengkapnya sifat dan ciri segitiga sama sisi.
Sifat-Sifat Segitiga Sama Sisi
1. Memiliki tiga buah sisi yang panjangnya sama. ( Pada gambar yaitu panjang LK = ML = MK )
2. Memiliki tiga buah sudut yang besarnya sama. ( Pada gambar Sudut K = Sudut M = Sudut L yaitu 600 hal ini berlaku karena jumlah semua sudut dari sebuah segitiga adalah 180 derajat )
3. Memiliki tiga buah simetri putar.
4. Memilki tiga buah simetri lipat.




Sifat Sifat Segitiga Sembarang

Segitiga sembarang adalah salah satu jenis segitiga yang dilihat dari panjang sisi-sisinya sehingga boleh di bilang masih kerabat dekat dengan segitiga sama sisi dan sama kaki tetapi cirinya cukup berbeda. Oh iya jangan lupa baca juga pembahasan sebelumnya mengenai sifat segitiga sama kaki.
Sifat Sifat Segitiga Sembarang
Agar lebih jelasnya silahkan di lihat sifat-sifat segitiga dibawah ini :
1. Mempunyai tiga buah sisi yang tidak sama panjangnya. ( pada gambar diatas ketiga sisi yang di maksud adalah Panjang BA ≠ CB ≠ AC ).
2. Tidak memliki simetri lipat.
3. Mempunyai simetri putar hanya satu buah.
4. Ketiga sudutnya mempunyai besar yang berbeda. ( Pada gambar bisa di lihat sudut C ≠ sudut A ≠ sudut B )




Sifat Sifat Segitiga Sama Kaki

Sifat Sifat Segitiga Sama Kaki - Setelah sebelumnya kami membahas tentang sifat-sifat segitiga siku-siku pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi mengenai sifat-sifat segitiga sama kaki. Segitiga sama kaki merupakan salah satu jenis segitiga yang dilihat berdasarkan panjang sisi-sisinya.
Sifat Sifat Segitiga Sama Kaki
Berikut ini adalah beberapa sifat dan ciri-ciri yang dimiliki segitiga sama kaki.
1. Mempunyai dua buah sudut alas yang besarnya sama. ( Pada gambar terlihat di sudut Q dan sudut R )
2. Memiliki dua buah sisi yang sama panjangnya, sisi-sisi itu biasa di sebut dengan kaki segitiga. ( Pada gambar terlihat di sisi QP dan sisi PR )
3. Mempunyai satu buah sumbu simetri.
4. Dapat menempati bingkainya dengan dua cara.


Sifat-Sifat Segitiga Siku-Siku

Segitiga siku-siku merupakan salah satu jenis segitiga dilihat dari sudutnya. Segitiga jenis ini sangat mudah untuk di pahami ciri dan sifatnya. Berikut adalah beberapa sifat atau ciri segitiga ssiku-siku.
Sifat-Sifat Segitiga Siku-Siku
Segitiga siku-siku bisa terbentuk dari sebuah bangun persegi panjang, yaitu dengan cara menarik salah satu garis diagonal pada persegi panjang.
Ketika garis diagonal sudah terhubung maka akan terbentuklah dua buah segitiga siku siku yang sama besar dan sebangun atau kongruen.
Sebuah segitiga siku-siku memliki dua buah sisi siku-siku, yang dimana kedua sisi siku-siku tersebut mengapit sebuah sudut siku-siku dan 1 sisi miring atau hypotenusa.
Baca juga pembahasan rumus segitiga siku-siku.

Perhatikan gambar segitiga ABC di atas, dari gambar tersebut kita bisa melihat jika segitiga siku-siku mempunyai ciri-ciri:
1. Segitiga siku-siku memiliki dua buah sisi siku-siku, yang dimana kedua sisi siku-siku tersebut mengapit sebuah sudut siku-siku dan 1 sisi miring atau hypotenusa.
2. Hypotenusa atau sisi miring di setiap segitiga siku-siku selalu terletak di depan sudut siku-siku.
3. Memiliki satu buah sudut yang besarnya 90 derajat.

Related Posts

Sifat-Sifat Segitiga Sama Sisi, Segitiga Sama Kaki dan Segitiga Sembarang
4/ 5
Oleh