SafelinkU | Shorten your link and earn money

Daftar Nama- Nama Negara di Eropa ( Artikel Lengkap )

Kampungilmu.web.id - Daftar Nama Negara di Eropa. Eropa secara geologis dan geografis adalah sebuah semenanjung atau anak benua (jazirah). Pemisahannya sebagai benua lebih dikarenakan oleh perbedaan budaya. Batasnya di utara adalah Samudera Arktik, di barat adalah Samudera Atlantik, dan di selatan dibatasi oleh Laut Tengah. Batas timurnya masih belum jelas karena pemisahan benua ini sendiri diawali oleh faktor kebudayaan. Batas yang sering dipakai sebagai batas benua Eropa dan Asia adalah Pegunungan Ural dan Laut Kaspia.

Eropa Timur secara geografis adalah wilayah di bagian timur benua Eropa. Pada umumnya kawasan ini terletak di antara pegunungan Ural dan Kaukasus serta perbatasan Rusia barat, atau secara alternatif juga mencakup negara-negara yang berdekatan dengan perbatasan Rusia barat. Seperti halnya dengan benua, sebuah wilayah hanyalah konstruksi sosial sehingga jangan disamakan dengan aspek fisikal yang berdasarkan kriteria abstrak dan netral.

Eropa Selatan atau kadang-kadang Eropa Mediterania merupakan sebuah wilayah benua Eropa. Tidak ada penjelasan yang dapat mengartikan istilah tersebut tergantung faktor geografi, budaya, bahasa atau sejarah yang terdapat di sana. Telah disetujui bahwa Spanyol, Portugal, Italia dan Yunani, lebih umum negara-negara Mediterania di benua Eropa, adalah bagian dari Eropa Selatan. Perancis Selatan dan Turki Barat juga dimasukkan dalam wilayah ini. Secara geografi, Eropa Selatan merupakan setengah daratan Eropa. Artinya relatif, tanpa batas yang ditetapkan. Pegunungan Alpen dan Massif Tengah merupakan perbatasan fisik antara Italia dan Perancis dan seluruh Eropa.

Eropa Barat dalam pengertiannya yang paling umum adalah konsep politik yang muncul dan dipakai pada Perang Dingin. Perbatasannya terbentuk pada akhir Perang Dunia II, dan terdiri dari negara-negara yang tidak diduduki oleh tentara Uni Soviet dan tidak dikuasai oleh rezim komunis. Eropa Barat ini berbeda dengan Eropa Timur lebih karena ekonomi dan politik dibandingkan dengan geografi. Pada masa kini, istilah Eropa Barat lebih mengarah ke bidang ekonomi daripada politik dan geografi.


Sebelum abad ke-19, sebutan 'Nordik' atau 'Utara' sering digunakan untuk menyebut Eropa Utara karena meliputi negara-negara nordik, Rusia Eropa, negara Baltik (pada waktu itu Livonia dan Courland) dan Greenland. Pada zaman-zaman awal, ketika Eropa dikuasai oleh wilayah Mediterania (seperti Imperium Romawi), semua yang tidak terletak dekat laut disebut Eropa Utara, termasuk Jerman, Negara Hilir, dan Austria. Sebutan ini sering digunakan sampai hari ini untuk beberapa konteks, seperti pembicaraan mengenai Renaisans Utara. Di masa pertengahan, sebutan (Ultima) Thule digunakan untuk menyebut tempat semi-mistik di ujung utara benua itu.

Berikut ini daftar nama Negara-negara di Eropa beserta ibukotanya.
No Eropa Timur Eropa BaratEropa UtaraEropa SelatanEropa Tengah
1. Belarusia-MinskBelanda-
Amsterdam
Denmark-KopenhagenAlbania-TiranaCeko -Praha
2. Bulgaria-SofiaBelgia-BrusselFinlandia-HelsinkiAndorra -AndorraHongaria-Budapest
3. Estonia-TallinInggris-LondonIslandia-ReykjvikBosnia-SarajevoPolandia-Warsawa
4. Georgia-TblisiIrlandia-DublinNorwegia-OsloItalia-RomaSlowakia-Bratislava
5. Latvia-RigaJerman-BerlinSwedia-StocholmMacedonia-SkopjeAustria-Wina
6. Lithuania-VilniusLuksemburg-Luxsemburg
Monaco-MonakoSwiss-Bern
7. Moldova-Kishinev

Portugal -Lisbon
8. Rumania-Bukares

San Marino-San Marino
9. Rusia-Moskwa

Slovenia-Ljubljana
10. Ukraina-Kiev

Spanyol-Madrid
11.


Vatikan-Vatikan
12.


Yunani-Athena
13.


Kroasia-Zagreb

0 Response to "Daftar Nama- Nama Negara di Eropa ( Artikel Lengkap )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel