SafelinkU | Shorten your link and earn money

Materi Lengkap Komponen Ekosistem dan Peranannya dalam Aliran Energi

Kampungilmu.web.id - Ekosistem dapat diartikan sebagai satu kesatuan antara mahkluk hidup dengan lingkungannya yang saling berinteraksi satu sama lainnya. Juga sering diartikan sebagai hubungan timbal balik atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.  Setiap komponen ekosistem memiliki peran yang berbeda satu sama lainnya.
 
Di dalam ekosistem alami, energy mengalir dari komponen satu ke komponen lainnya.
Apa peranan masing-masing komponen ekosistem dalam aliran energy ?
Berikut ini adalah rincian komponen-komponen ekosistem dan peranannya dalam aliran energy.

Tabel. 
Komponen
Jenis
Peranan
Ket.
Biotic
Tumbuhan
Produsen/ penghasil bahan makanan bagi mahkluk hidup lainnya


Hewan
Konsumen [ K1, K2, K3 dstnya ]: Herbivore, karnivora, omnivore
Kambing, rusa, belalang, harimau, singa, anjing


Detritivor/scavenger= Menghancurkan/menghaluskan sisa-sisa tumbuhan, hewan
Cacing tanah, rayap

Fungi
Decomposer= menguraikan bahan organic menjadi bahan anorganik


Protista
Produsen
Protista mirip tumbuhan/alga


Konsumen
Protista mirip hewan


Decomposer
Protista mirip jamur

bacteria
Decomposer
Bakteri saprofit
Abiotik
Tanah
Tempat hidup berbagai organism, menyediakan unsure hara


Unsure hara
Sebagai bahan utama sintesis


Air
Media hidup, transportasi,


Cahaya
Sebagai sumber energy utama untuk sintesis, pertumbuhan


Suhu dan kelembaban
Mempengaruhi pertumbuhan, perkembangbiakan, metabolism


Angin
Reproduksi
Penyerbukan, pemencaran alat reproduksi








Peran Komponen Ekosistem dalam Aliran Energi

Sepanjang sejarah kehidupan, matahari tidak pernah berhenti memasok energi bagi segala kehidupan. Energi matahari merupakan sumber dari segala sumber .energi yang tersedia di alam. Energi tersebut dapat dimanfaatkan setelah dirubah dalam bentuk makanan dan akan mengalir dalam ekosistem dalam proses makan dan dimakan. Berikut ini akan dibahas tentang aliran energi, rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi.
Aliran Energi yang mana setiap makhluk hidup memerlukan energi untuk kelangsungan hidupnya. Misalnya untuk tumbuh, bereproduksi, dan bergerak. Dalam pemenuhan kebutuhan energi tersebut terjadi hubungan saling ketergantungan energi diantara makhluk hidup yang berbeda. Dalam hal ini, ada makhluk hidup yang berperan sebagai produser, konsumer, atau dekomposer.
Produser
Produser merupakan makhluk hidup yang mampu menangkap energi cahaya matahari untuk kegiatan fotosintesis sehingga dapat menghasilkan materi organik yang berasal dari materi anorganik. Misalnya, tumbuhan hijau dan makhluk hidup fotosintetik lainnya. 
Melalui produser tersebut, energi yang berasal dari matahari mengalir ke makhluk hidup lainnya. Setiap hari, bumi mendapatkan pasokan energi dari matahari sebanyak 1022 joule (J). Sebagian dari energi radiasi cahaya matahari diabsorpsi dan sebagian lagi dipantulkan ke atmosfer oleh permukaan bumi.
Dari sekian banyak energi radiasi cahaya matahari, hanya sekitar 1% yang diperoleh produser dan diubah menjadi energi kimia melalui fotosintesis. Banyaknya energi cahaya yang dapat diubah menjadi energi kimia oleh produser disebut produktivitas primer. jumlah total dari produktivitas ini dikenal sebagai produktivitas primer kotor (PPK).
Sebagian dari produk materi organik tersebut digunakan sebagai bahan bakar bagi respirasi selulernya, sedangkan sebagian lagi disimpan di dalam tubuh tumbuhan. Bagian materi organik yang disimpan itulah yang dikenal sebagai produktivitas primer bersih (PPB). PPB merupakan keseimbangan terhadap produktivitas primer kotor dikurangi energi yang digunakan oleh produser untuk respirasi (Rs). 
Peran Komponen Ekosistem dalam Aliran Energi dan Daur Biogeokimia

Berdasarkan persamaan reaksi di atas dapat diketahui bahwa PPK menghasilkan reaksi ke kanan (reaksi fotosintetik), sedangkan PPB disimbolkan oleh reaksi ke kiri (reaksi respirasi). PPB merupakan salah satu bentuk simpanan energi kimia di dalam sebuah ekosistem yang disediakan bagi konsumer. 
Kebanyakan produser menyisakan sebanyak 50% hingga 90% PPKnya sebagai PPB. Produktivitas primer diwujudkan dalam istilah energi per satuan luas per satuan waktu (J m2 / tahun) atau sebagai biomassa yang ditambahkan ke ekosistem per satuan luas per satuan waktu (g / m2 tahun). Biomassa merupakan berat kering dari sejumlah materi organik yang berada pada satu tingkat trofik kehidupan.

Selanjutnya, PPB dimanfaatkan sebagai bahan pangan oleh konsumer atau makhluk hidup heterotrof (manusia dan hewart). Pada umumnya, konsumer dan detritus akan menyintesis kembali materi organik yang diperoleh dan menyimpannya di dalam jaringan tubuh dalam bentuk energi kimia. Produk itulah yang disebut dengan produktivitas sekunder.
Konsumer
Konsumer merupakan mahluk hidup yang memperoleh energi dalam bentuk materi organik. Misalnya, dengan cara memakan makhluk hidup lainnya. Seluruh hewan tergolong konsumer. Berdasarkan tingkatnya, konsumer dapat dibedakan atas konsumer primer, konsumer sekunder, dan konsumer tersier. Konsumer primer atau herbivor adalah konsumer yang secara langsung memakan tumbuhan.
Di daratan, kebanyakan clari herbivor adalah berupa serangga dan beberapa vertebrata (rnamalia pemakan rumput dan burung-burung pemakan biji-bijian /buah-buahan). Herbivor pada ekosistem akuatik adalah berupa zooplankton (termasuk protista heterotrofik), berbagai invertebrata kecil (khususnya udang dan beberapa bentos) serta beberapa ikan. Konsumer sekunder atau karnivor adalah konsumer yang memakan konsumer primer. 
Misalnya, laba-laba, katak, burung pemakan serangga, harimau (dalam ekosistem darat) dan ikan-ikan pemakan zooplankton (dalam ekosistem perairan). Konsumer tersiers atau karnivor puncak adalah konsumer yang memakan konsumer sekunder. Misalnya, elang. Beberapa hewan ada yang berperan sebagai karnivor pada suatu waktu dan herbivor pada saat yang lain. 
Hewan demikian disebut omnivora. Mereka dapat ditempatkan ke dalam tingkat trofik berbeda, bergantung pada materi yang dimakan pada saat itu. Produser dan berbagai karnivor di dala.rn ekosistem, dalam hal pemenuhan kebutuhan makanan dikenal dengan istilah tingkat trofik. Produser, makhluk hidup yang membuat makanannya sendiri ditempatkan pada tingkat trofik pertama.
Dekomposer
Dekomposer merupakan makhluk hidup yang memperoleh makanannya dengan cara menguraikan senyawa-senyawa organii yang berasal dari makhluk hidup yang telah mati (bangkai). Dalarr hal ini, dekomposer berperan mengembalikan materi ke lingkungan abiotik dan digunakan kembali oleh tumbuhan hijatt Contoh dekomposer adalah jamur dan bakteri.

0 Response to "Materi Lengkap Komponen Ekosistem dan Peranannya dalam Aliran Energi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel