Friday, 28 September 2018

Materi Lengkap Fase-fase Siklus Menstruasi dan hormone yang mempengaruhinya


Kampungilmu.web.id - Paling tidak setiap satu bulan sekali hampir sebagian besar wanita mengalami siklus menstruasi.
Menstruasi atau haid merupakan proses peluruhan dinding rahim [ endometerium ] dan sel telur yang tidak terbuahi oleh sel sperma. Proses menstruasi berkaitan erat dengan system koordinasi yang melibatkan beberapa macam hormone reproduksi.

Beberapa fase siklus menstruasi dan jenis hormone yang berperan dalam siklus menstruasi, antara lain adalah sebagai berikut :

Fase Pra ovulasi / Follikuler.
Fase ini terjadi pada hari ke 5 s/d 15. Hormon yang berperan adalah gonadotrophin releasing hormone ( GnRH ) yang disekresikan oleh hipotalamus. GnRH akan merangsang hipofisis anterior untuk mensekresikan FSH [ Follikel Stimulating Hormon ] yang akan merangsang pertumbuhan folikel pada ovarium. Pada fase ini hanya satu folikel yang tumbuh menjadi sebuah sel telur [ ovum ]. Follikel akan mensekresi hormone esterogen.

Fase Ovulasi / ovulatoir
Fase ini terjadi pada hari ke-15.
Meningkatnya kadar esterogen yang disekresi follikel pada fase pra ovulasi  mengakibatkan kadar FSH turun sehingga menyebabkan hipotalamus mensekresi GnRH yang akan merangsang hipofisis anterior mensekresi Luteinizing hormone [ LH ]  yang akan mendorong pemasakan folikel sehingga sel telur dibebaskan.

Fase pasca ovulasi
Fase ini terjadi pada hari ke -15 hingga ke-28.
Follikel yang telah melepaskan telur akan mengalami perubahan menjadi korpus luteum. Korpus luteum akan mensekresi hormone progesterone yang berfungsi memelihara endometerium.

Fase menstruasi
Terjadi pada hari ke-29.
Fase ini akan terjadi jika ovum yang dibebaskan oleh folikel tidak terbuahi oleh spermatozoid, di mana korpus luteum meluruh menjadi korpus albikans. Korpus albikans akan mensekresi esterogen. Sekresi esterogen menyebabkan progesterone menurun jumlahnya. Dengan menurunnya kadar progesterone maka dinding endometerium meluruh bersma-sama dengan ovum. Maka terjadilah menstruasi / perdarahan.
Fase menstruasi tidak akan terjadi jika ovum terbuahi oleh sperma, sebab jika terjadi pembuahan maka korpus luteum akan mensekresikan hormone Human Chorionic Gonadotropin [ HCG ]
Lama siklus mentruasi adalah berbeda-beda antara wanita satu dengan wanita lainnya. Apa yang dijelaskan di atas adalah sesuatu yang sifatnya umum. 

Baca Juga:

Pengertian Efek rumah kaca ( Green House Effect ) dan Penjelasannya



Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Jenis dan macam yang dapat menyebabkan gangguan menstruasi datang. dan Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur adalah :
  • Pri menopause
Pri menopause adalah masalah yang di alami oleh kaum wanita di mana akan mengalami yang namanya pemberhentian haid. Sebelum menopause ini datang pasti akan mengalami tanda tandanya seperti hormon yang tidak seimbang di mana progesteron berpengaruh sekali dalam jangka waktu pendek dan panjang yang tidak teratur. Dan ada beberapa masalah yang di sebabkan oleh pri menopuse. Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur yang ternyata bis di akibatkan oleh hal tersebut.
  • Obesitas
Obesitas pada anak dan orang dewasa bisa terjadi karena beberapa pemicu. Penyakit ini bisa mengakibatkan masalah lain pada datang. penyakit ini menyerang pada bagian tubuh dengan berat badan yang berlebih. dan hal ini di sebabkan oleh makanan yang sembarangan, jarang olahraga dan keturunan. perlu kalian tahu, penyakit yang salah satunya di sebabkan oleh keturunan, akan susah untuk di sembuhkan. Oleh karena, para anggota keluarga harus bisa menjaga kondisi kesehatan masing masing. Obesitas ini bisa di tangani dengan menjalankan kegiatan positif seperti melakukan aktivitas olahraga dan menghindari yang di jadikan penyebabnya. Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur juga bisa di akibatkan oleh penyakit obesitas.
  • Jamur
Jamu adalah sebuah masalah yang harus di hilangkan, karena jika tidak akan menimbulkan jamu yang lebih banyak, karena bisa berkembang dana menyebar ke bagian anggota tubuh lain. jamur jika sudah lama sulit sekali untuk membersihkannya. Dan mengapa jamu bisa tumbuh? Itu bisa karena dari ulah kalian. makannya kalian harus bisa berhati hati dan menjaga diri dari dalam dan luar dengan baik. banyak efek yang di alami oleh jamur seperti jenis Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur. Cara menghilangkan jamur ini bisa menggunakan bahan alami, yaitu laos. Mengolah bahan ini bisa kalian tumbuk dan balurkan pada kulit atau jika di minum juga bisa dengan menjadikan ramuan minuman yang caranya di rebus.
  • Penyakit
Banyak penyakit yang di alami oleh tubuh, baik kronis maupun akut. dan kondisi ini sangat berpengaruh sekali pada tubuh. penyakit rahim, kista, gula darah tinggi dan tbc merupakan macam penyakit yang memiliki resiko tinggi. Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur juga bisa di akibatkan oleh hal ini. jadi berhati hatilah terhadap penyakit ini dan untuk kalian yang belum terkenanya, perlu menjaga kesehatan lebih baik lagi. semua penyakit yang di sebutkan tadi, memiliki macam pengobatan yang paling tepat. ada yang menggunakan racikan tradisional dan ada yang meminum obat dari dokter.
  • Pil kontrasepsi
Pil kontrasepsi adalah obat yang berbentuk kecil, berwarna putih dan biasanya di minum oleh wanita yang ingin tidak mempunyai anak lagi. Dan pil di minum sesuai dengan petunjuk yang telah di tetapkan di dalam belakang pil kontrasepsi tersebut. namun ada yang mengatakan bahwa menggunakan pil kontrasepsi ini bisa berakibat pada siklus haid. Di mana Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur itu bisa di akibatkan oleh hal tersebut.
  • Hormon tidak seimbang
Ketidak seimbangan hormon ini bisa di atasi dengan menjalani pola hidup yang baik, karena hal ini di sebabkan oleh kesehatan yang mulai terganggu. ada beberapa macam masalah yang bisa di picu oleh hal ini. seperti Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur. ada beberapa lagi hal lagi yang bisa mengakibatkan haid menjadi terganggu dan itu akan di jelaskan pada penjabaran berikutnya.

Baca Juga:

Fakta-Fakta yang Mendukung Teori Evolusi Lengkap


  • Gangguan kelenjar tiroid
Kelenjar tirod merupakan penyakit yang terjadi pada bagan leher, dimana akan menimbulkan sakit akibat infeksi. Gejala yang di alaminya itu turunnya berat badan dan nafsu makan berkurang. Siapa pun bisa merasakan hal ini yang tidak ada batasan usia atau umur sekalipun. pengobatan yang paling banyak di lakukan dengan menjalani operasi tapi ada juga yang mengkonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari tanaman alami. Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur bisa juga di sebabkan oleh hal tersebut.
  • Terlalu berlebihan beraktivitas
Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur adalah terlalu banyak melakukan aktivitas atau kegiatan yang berlebihan. memang di sarankan melakukan pergerakkan, tapi juga jangan berlebihan, nantinya akan membuat tubuh melemah, yang bisa mengakibatkan juga haid tidak teratur. (BY:DA).

Related Posts

Materi Lengkap Fase-fase Siklus Menstruasi dan hormone yang mempengaruhinya
4/ 5
Oleh