SafelinkU | Shorten your link and earn money

Jantung Dan Ginjal Serta Bagian Bagiannya Artikel Lengkap

Kampungilmu.web.id - Jantung dan ginjal serta bagian bagiannya – Seperti yang kita ketahui bersama jika manusia itu terlahir atas beberapa organ yang ada di dalam tubuhnya. Organ organ penting itu sangat membantu manusai dalam menjaga kelangsungan hidupnya. Tahukah anda jika jantung dan juga ginjal itu merupakan bagian organ yang terpenting dalam tubuh manusia. Jika memang jantung dan juga ginjal itu juga meruapakan bagian organ yang terpenting bagi manusia, lalu apa saja bagian bagian dari jantung dan juga ginjal tersebut? Mungkin itulah yang sekarang menjadi pertanyaan di benak anda masing masing. Nah, untuk itu saya akan memberikan informasi tentang jantung dan bagian bagiannya dan juga ginjal dan bagian bagiannya. Untuk itu langsung saja yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.


Baca Juga:

Cara Kerja Dan Ciri Khas Enzim Artikel Lengkap



Jantung dan bagian bagiannya

Jantung dan bagian bagiannya. Jantung itu terdiri atas empat buah bilik rongga. Keempat buah bilik rongga itu kemudian dibagi menjadi dua bagian lagi, yaitu bagian kanan dan juga bagian kiri ke dua bagian tersebut dipisahkan oleh adanya dinding otot yang jauh lebih dikenal dengan sebutan septum.dan pada bagian yang sebelah kanan dan juga bagian yang sebelah kiri itu di bagi lagi menjadi dua buah bilik.

Rongga bilik yang sebelah atas itu disebut dengan istilah atria dan dua buah bilik yang bagian bawah itu disebut dengan istilah ventricle. Bagian bagian yang terdapat pada jantung itu \ memiliki peran dan tugas masing masing dalam memompa darah untuk menuju arteri. Jika dilihat secara etimologis, maka jantung yang terdapat pada tubuh manusia itu secara medis disebut dengan istilah cardio / kardio. 
Cardio itu sendiri asalnhya dari bahasa latin yaitu cor. Dimana cor itu sendiri mempunyai arti : sebagai sebuah rongga. Sebagaimana seperti bentuk dari jantung itu sendiri yang memiliki rongga dan berotot yang berfungsi untuk memompa darah melewati pembuluh darah dalam kontraksi yang berirama serta dilakukan secara berulang ulang dan juga secara berkonsistensi. Dalam bahasa kedokteran istilah kardiak itu sendiri memiliki arti segala sesuatu yang memiliki hubungan atau yang berhubungan dengan jantung. Adapun menurut bahasa Yunani, cardia itu sendiri dapat dipakai atau diartikan untuk istilah jantung.

Ginjal dan bagian bagiannya

Setelah pada penjelasan diatas saya bahas tentang jantung dan bagian bagiannya, maka pada penjelasan yang satu ini akan saya jelaskan tentang ginjal dan bagian bagiannya. Ginjal itu terdiri atas tiga buah bagian yang paling utama. Bagian bagian tersebut yaitu medula, korteks, dan juga pelvis. Ketiga buah bagian tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi sistem kerja ginjal. Jika ada salah satu saja dari bagian ginjal itu dibelah, maka kita akan bisa melihat jauh lebih dalam lagi tentang bagian bagian dari ginjal itu sendiri. Dibawah ini adalah penjelasan tentang bagian bagian yang ada di dalam ginjal:
  1. Ginjal ada di bagian perut.
  2. Calyces adalah sebuah penampung yang berbentuk cangkir yaitu tempat berkumpulnya urin sebelum sampai pada kandung kemih melalui ureter. 
  3. Pelvis adalah tempat untuk bermuaranya bagian tubulus yaitu sebuah penampungan urin yang bersifat sementara dan akan dialirkan untuk menuju ke kandung kemih lewat ureter 
  4. Medula terdiri dari beberapa bagian yang berbentuk kerucut. distal
  5. Korteks bagian dalamnya terdapat nefron yang berjumlah jutaan dan terdiri dari sebuah badan malphigi.
  6. Ureter adalah sebuah saluran muskuler yang berbentuk silinder dan bertugas untuk menghantarkan urin menuju kandung kemih. 
  7. Vena ginjal adalah sebuah pembuluh balik yang memiliki fungsi untuk membawakan darah keluar menuju vena dan kembali lagi ke jantung. 
  8. Arteri ginjal adalah sebuah pembuluh nadi fungsinya untuk membawakan darah ke ginjal guna disaring dalam glomerulus

0 Response to "Jantung Dan Ginjal Serta Bagian Bagiannya Artikel Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel