SafelinkU | Shorten your link and earn money

Fungsi Daun Pada Tumbuhan Artikel Lengkap

Kampungilmu.web.id - Fungsi daun pada tumbuhan – Pada kesempatan ini saya masih akan membahas seputar ilmu biologi. Masalah yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah seputar salah satu jenis makhluk hidup yang ada di dunia ini yaitu tumbuhan. Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang ada di dunia ini. Kita semua sebagai makhluk yang paling sempurna dengan dibekali sebuah akal pasti sudah tahu dan sudah mengenal yang namanya tumbuhan.

Dalam kehidupan sehari hari kita pasti menjumpai yang namanya tumbuhan. Tumbuhan merupakan jenis makhluk hidup yang berfungsi membantu kelangsungan hidup manusia, Sebab tumbuhan dapat berfungsi sebagai bahan makanan untuk manusia, selain sebagai salah satu sumber bahan makanan tumbuhan juga memiliki fungsi lain untuk manusia salah satunya adalah sebagai bahan untuk pembangunan.Tumbuhan itu sendiri ada banyak sekali jenis dan juga macamnya.Tumbuhan yang ada di dunia ini memiliki beberapa bagian. Salah satu bagian dari tumbuhan yang sudah sangat kita kenal yaitu daun.

Fungsi daun

Kehidupan dari tumbuhan hijau itu sebetulnya sangat bergantung pada satu bagian yang disebut daun. Mengapa demikian? Sebab daun itu merupakan sebuah organ yang terpenting untuk tumbuhan. Sebelum saya jelaskan tentang fungsi daun, saya jelaskan dulu sedikit seputar daun. Sudah tahukah anda seperti apa itu daun? Bentuk dari pada daun itu sebetulnya adanya banyak sekali macamnya atau bisa dibilang beraneka ragam. Namun, jika dilihat dari segi gambaran umum, daun itu biasanya berupa suatu helaian, helaian helaian daun itu ada yang tipis dan ada juga yang tebal.

Gambaran tentang dua dimensi daun yang dapat digunakan sebagai alat pembeda untuk bentuk bentuk daun. Bentuk dasar yang dimiliki daun itu pada dasarnya berbentuk bulat, dengan dilengkapi oleh beberapa jenis variasi cuping yang menjari ataupun menjadi elips serta ada juga yang memanjang. Bentuk yang paling ekstrim dari daun adalah bentuk yang meruncing panjang. Daun pada tumbuhan juga ada yang bermodifikasi menjadi sebuah duri contohnya saja pada tumbuhan kaktus. Daun pada tumbuhan itu memiliki fungsi yang penting seperti yang telah saya katakan di atas. Mengenai masalah fungsi daun pada tumbuhan akan saya bahas pada uraian di bawah ini.


Baca Juga:

Fungsi Sistem Peredaran Darah Artikel Lengkap



Fungsi daun pada tumbuhan

Fungsi daun pada tumbuhan adalah sebagai alat untuk pembuat bahan makanan yang paling utama. Bagian bagian dari tumbuhan yang lain seperti batang, bunga, buah, akar dan yang lainnya itu sangat bergantung pada daun. Sebab seperti yang telah kita ketahui bersama jika fungsi daun itu adalah sebagai alat untuk pembuat bahan makanan pada tumbuhan. Adapun fungsi daun pada tumbuhan yang lainnya adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai alat pernafasan
  2. Sebagai alat perkembangbiakan yang vegetative 
  3. Sebagai tempat untuk terjadinya gutasi 
  4. Sebagai tempat transpirasi

0 Response to "Fungsi Daun Pada Tumbuhan Artikel Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel